INTEGRASI FASE TAKLIF DALAM PENGEMBANGAN PROGRAM ENTREPRENEURSHIP UNTUK SANTRI SMP DHUAFA
Abstract
Penelitian ini mengkaji integrasi fase taklif dalam pengembangan program entrepreneurship untuk santri dhuafa. Fokus utama penelitian ini adalah mengidentifikasi dampak integrasi nilai-nilai pada fase taklif, yang mencakup tanggung jawab moral dan etika Islam, dalam membentuk keterampilan kewirausahaan santri dhuafa. Metode penelitian melibatkan analisis literatur, observasi, dan untuk memahami bagaimana fase taklif dapat diimplementasikan secara efektif dalam program entrepreneurship. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi fase taklif tidak hanya memberikan landasan moral yang kuat bagi santri dhuafa, tetapi juga menjadi faktor motivasi yang signifikan dalam mengembangkan sikap tanggung jawab dan dedikasi terhadap usaha. Program ini dirancang untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang memadukan prinsip-prinsip agama dengan keterampilan bisnis praktis, dengan harapan menghasilkan generasi santri dhuafa yang tidak hanya sukses secara ekonomi, tetapi juga berintegritas dan berkontribusi positif pada masyarakat. Implikasi praktis penelitian ini adalah mendukung pengembangan program-program serupa yang memanfaatkan fase taklif sebagai pilar utama dalam membentuk wirausaha dari kalangan santri dhuafa.
References
Al-Ghazali, A. H. (2002). Ihya Ulumuddin. Semarang: Maktabah wa Matba’ah,.
Ariyanto, A. (2021). Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship. Sumatra Barat: Insan Cendekia Mandiri.
Bahri. (2019). Pengantar Kewirausahaan. Yogyakarta: Pustaka Baru press.
Hafiz, A. N. (2016). Pendidikan Anak dalam Perspektif. Muallimuna, 42-112.
Jumala, N. (2021). Bimbingan Konseling Islami Memahami Drama Kehidupan Remaja. Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Khusni, M. F. (2018). Fase perkembangan anak dan pola pembinaannya dalam perspektif Islam. Martabat jurnal perempuan dan anak, 362-382.
Marlo, A. (2013). Entrepreneurship Hukum Langit. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Muzdalifah. (2008). Psikologi Pendidikan. STAIN Kudus: Baros.
Nashori, F. (2005). Potensi-potensi Manusia (Seri Psikologi Islami). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurwadjah, .. S. (2020). PEMBERDAYAAN SANTRI MELALUI PENDIDIKAN ENTREPRENEURSHIP . Ri'ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan, 52-64.
Sriyanto, A. (2022). PERKEMBANGAN DAN CIRI-CIRI PERKEMBANGAN PADA ANAK USIA DINi. JOURNAL FASCHO JURNAL PENELITIAN DAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 26-33.
Sugiyono, M. P. (2010). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Yasmadi. (2005). Modernisasi Pesantren. Jakarta: Ciputat Pres.
Zulkifli. (2002). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arie Afriansyah Sofyan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ

