PENERAPAN EKSTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN DI MADRASAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEPEMIMPINAN SISWA

Authors

  • Katni Katni Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Heru Purnomo Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Nurul Abidin Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Abstract

Tujuan penelitian ini  adalah mengungkap pembentukan karakter kepemimpinan anak pada di madrasah melalui aktivitas ekstra kurikuler Hizbul Wathan. Pertama, mendiskripsikan penerapan kepanduan Hizbul Wathan dalam membentuk karakter kepemimpinan anak tingkat pendidikan dasar. Kedua, hasil  penerapan tersebut dalam membentuk karakter kepemimpinan anak tingkat pendidikan dasar. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat penerapan kepanduan Hizbul Wathan dalam pembentukan karakter kepemimpinan anak tingkat pendidikan dasar. Jenis penelitian ini merupakan field research dengan pendekatan diskriptif kualitatif. Hasil penelitian pertama, penerapan kepanduan Hizbul Wathan  menggunakan pendekatan joyfull learning dan outdor learning.  Pembentukan karakter kepemimpinan anak menggunakan tiga tahap yaitu leadership knowing, leadership feeling, dan leadership action.. Hasil pembentukan karakter kepemimpinan  anak tersebut sangat efektif dapat mengembangkan karakter kepemimpinan demokratis, amanah, colaboratif, pelopor, creatif, komunikatif, peduli sosial. Faktor pendukung  yaitu: 1) onsistensi penanaman karakter kepemimpinan di kelas dan diluar kelas; 2) kebijakan kepala sekolah yang mendukung penuh program ekstrakurikuler HW; 3) guru yang secara konsisten mendampingi, mengajar dan melibatkan secara aktif siswa 4) Dukungan orang tua terhadap kegiatan ekstra HW . Sedangkan faktor faktor penghambatnya yaitu a) tempat latihan yang masih perlu ditingkatkan kenyamanannya ; b) SDM guru pembina HW yang belum di upgrading kapabilitasnya secara berkelanjutan ; c) siswa yang masih belum mandiri, sehingga membutuhkan pendampingan lebih ekstra.

Author Biography

Katni Katni, Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo

References

Amini, N., & Naimah, N. (2020). Faktor Hereditas Dalam Mempengaruhi Perkembangan Intelligensi Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 7(2), 108-124.

Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295-5301.

Efendi, M. (2017). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Program Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Pada Sekolah Dasar Muhammadiyah VI Palembang. Conciencia, 17(1), 27-39.

Efendi, M. (2017). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Program Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Pada Sekolah Dasar Muhammadiyah VI Palembang. Conciencia, 17(1), 27-39.

Hizbul Wathan, Studi Kasus pada Sekolah Dasar Muhammadiyah 5 Kebayoran Baru). Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 103-110.

Hambal, M. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Tauhid (Analisis Terhadap Al-Qur’an Surat Luqman Ayat 12-19 dalam Tafsir Ibnu Katsir). TADARUS, 10(1).

Larasati, E. D. (2017). Pendidikan Karakter Mandiri Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah Dasar. Basic Education, 6(5), 381-388.

Lestari, D. L. (2022). Strategi Guru PAI Dalam Mengarahkan Karakter Kebiasaan Shalat Dengan Benar Pada Siswa Di SMP Muhammadiyah 20 Tebluru Lamongan. TADARUS, 11(1).

Listiowaty, E., & Mitrohardjono, M. (2019). Strategi Pengembangan Karakter dalam Kegiatan Kepanduan

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset, 6.

Mattayang, B. (2019). Tipe dan gaya kepemimpinan: suatu tinjauan teoritis. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 2(2), 45-52.

Nuryanto, S. (2017). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler di SD Al Irsyad 01 Purwokerto. Jurnal kependidikan, 5(1), 115-129.

Purwani, Y., Syahril, S., & Yanti, D. (2023). Kepemimpinan Kepala Sekolah Berdasarkan Kecerdasan Emosional (EQ) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SD Negeri I Karta Kecamatan Kota Agung Timur Kabupaten Tanggamus Tahun Akademik 2022/2023. Unisan Jurnal, 2(4), 298-313.

Putra, I. G. D., & Sujana, I. W. (2020). Hasil belajar ips menggunakan kolaborasi model discovery learning berbasis media animasi. Journal of Education Technology, 4(2), 103-109.

Patholah, A. G., & Jannah, F. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Thomas Licona dalam Meningkatkan Kompetensi Spiritual Siswa. Ambarsa: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 76-93.

Rojabiaturrohmah, E. (2020). Pengaruh Penguatan Pendidikan Karakter (Ppk) Terhadap Peningkatan Moral Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Pacet. Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan, 9(2).

Suastra, I. W. (2018). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Siswa Untuk Menjaga Keutuhan dan Kemajuan Bangsa Indonesia. Maha Widya Bhuwana: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 1(1).

Suharsimi Arikunto. 2019. Dasar-dasar Research. Bandung Tarsito

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sahadi, S., Taufiq, O. H., & Wardani, A. K. (2020). Karakter kepemimpinan ideal dalam organisasi. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(3), 513-524.

Sahadi, S., Taufiq, O. H., & Wardani, A. K. (2020). Karakter kepemimpinan ideal dalam organisasi. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(3), 513-524.

Published

2025-02-21

Issue

Section

Articles