Penerapan Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di MTs Muhammadiyah 07 Takerharjo
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v11i2.19462Abstract
Belajar merupakan suatu hal yang tidak akan lepas dari kehidupan manusia, selama manusia hidup maka dia akan terus belajar. Dalam lembaga pendidikan, guru merupakan tenaga pendidik yang sangat menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Sehingga guru diharapkan untuk selalu bisa meningkatkan motivasi belajar siswa agar terus semangat. Hal itu bisa dilakukan dengan menghadirkan metode dan strategi yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Dalam karya ilmiah ini, penulis merumuskan tiga permasalahan utama, yaitu proses pembelajaran fiqih kelas 8 di MTs Muhammadiyah 07 Takerharjo, hasil penerapan metode resitasi terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran fiqih, serta faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode resitasi. Dalam proses penyelesaian karya ilmiah, penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan analisis data penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode resitasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas 8 di MTs Muhammadiyah 07 Takerharjo dikatakan baik, hal ini dibuktikan adanya peningkatan semangat belajar pada siswa. Seperti, memperhatikan saat pembelajaran, aktif dalam diskusi, rajin mengerjakan tugas, rasa ingin tahunya meningkat, serta adanya keinginan berhasil.References
A. Aziz, A., S. Hidayatullah, A., Budiyanti, N., & Ruswandi, Uu. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar. Jurnal Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(2).
Aggraini, I. S. (n.d.). Motivasi Belajar dan Faktor-Faktor yang Berpengaruh: Sebuah Kajian Pada Interaksi Pembelajaran Mahasiswa. Artikel Dosen Prodi PGSD IKIP PGRI Madiun.
Agustinova, D. E. (2015). Memahami Metode Penelitian Kualitatif; Teori & Praktik (Cet ke-1). Calpulis.
Asrori. (2020). Psikologi Pedidikan Pendekatan Multidisipliner (Cet ke-1). CV. Pena Persada. https://www.academia.edu/45093211/Buku_Psikologi_Pendidikan_Pendekatan_Multidisipliner
Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Deepublish.
Darusman, & Kasbih, F. (2020). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Kreatif Sebuah Upaya Pengembangan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 247.
Fathurrohman, P., & Sutikno, M. S. (2011). Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Refika Aditama.
Hadi, A., Asrori, & Rusman. (2021). Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. CV. Pena Persada. https://www.academia.edu/46905502/Buku_Penelitian_Kualitatif_Studi_Fenomenologi_Case_Study_Grounded_Theory_Etnografi_Biografi
Haq, A. (2018). Motivasi Belajar Dalam Meraih Prestasi. Jurnal Vicratina, 3(1).
Istiani, M., & Roy Purwanto, M. (2019). Fiqh Bi’ah Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Mahasiswa FIAI-UII, At-Thullab, 1(1).
Kompri. (2017). Belajar; Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Cet ke-1). Media Akademi. 978-602-6435-56-9
Kuspermadi, D., Sari, D. P., Lian, D., Intaniah, D., Nasrul, Dayana, P., & Rosina. (2019). Pelaksanaan Metode Resitasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 35 Kota Pekanbaru. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1).
Laka, B. M., Burdam, J., & Kafiar, E. (2020). Role of Parents in Improving Geography Learning Motivation in Immanuel Agung Samofa High School. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2).
Mahmud, S., & Idham, M. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Syiah Kuala University Press.
Munaji. (n.d.). Pengaruh Metode Diskusi, Metode Reistasi, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS. Program Studi Magister Pendidikan IPS STKIP PGRI Tulungagung.
Prihartanta, W. (2015). Teori-Teori Motivasi. Jurnal Adabiya, 1(83).
Rudhito, A. (2019). Dasar-Dasar Penelitian Desain Untuk Pendidikan. Deepublish.
Sudarto. (2018). Ilmu Fikih (Refleksi Tentang: Ibadah, Muamalah, Munahakat dan Mawaris) (Cet ke-1). Deepublish.
Tambak, S. (2014). Pendidikan Agama Islam; Konsep Metode Pembelajaran PAI (Cet ke-1). Graha Ilmu.
Tambak, S. (2016). Metode Resitasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 13(1), 30–51. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2016.vol13(1).1510
Wardoyo, S. M. (2013). Penelitian Tindakan Kelas; Teori, Metode, Model & Evaluasi Pembelajaran (Cet ke-1). Graha Ilmu.
Widiasworo, E. (2016). 19 Kiat Sukses Membangkitkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Ar-Ruzz Media.
Widodo, S., & Utami, D. (2018). Belajar dan Pembelajaran (Cet ke-1). Graha Ilmu.
Yulianti, H., Darul Iwan, C., & Millah, S. (2018). Penerapan Metode Giving Question and Getting Answer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Islam, 6(1).
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ