Strategi Guru Dalam Manajemen Waktu Pembelajaran Al-Islam di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v11i2.19461Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah 1. Bagaimana strategi guru dalam waktu pembelajaran Al-Islam kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surabaya 2. Kompetensi siswa dalam pembelajaran Al-Islam kelas X di SMA Muhammadiyah Surabaya 3. Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen waktu pembelajaran Al-Islam kelas X di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang 1. Strategi guru dalam manajemen waktu pembelajaran Al-Islam kelas X di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya 2. Kompetensi siswa dalam pembelajaran Al-Islam kelas X di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya 3.Faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen waktu pembelajaran Al-Islam kelas X di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian kualitatif yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis deskriptif kualitatif yang digunakan adalah dengan mengumpulkan data, mereduksi data, mendisplay data dan penarikan kesimpulan
Hasil dari penelitian menunjukkan strategi yang digunakan guru untuk mengelola waktu pembelajaran Al-Islam kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surabaya dengan metode diskusi dan inquiry serta media pembelajaran audio visual berupa video pembelajaran. Kompetensi siswa dalam pembelajaran Al-Islam kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surabaya siswa mampu memahami dan mengaplikasikan materi terlihat pada kegiatan penilaian portofolio maupun unjuk kerja dan serangkaian pre-tes, post-tes dan tes tulis. Faktor yang mendukung dan menghambat dalam manajemen waktu pembelajaran Al-Islam kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surabaya faktor sarana dan prasarana, pembinaan kompetensi guru, serta faktor kurang kondusifnya kelas dan tingkat kesulitan materi. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam mengelola waktu pembelajaran Al-Islam kelas X perlu adanya kerjasama antara guru dan kepala sekolah.
References
Agung, Iskandar. Menjadi Guru Kompeten dan Profesional (Jakarta: Bee Media Indonesia, 2012)
Ahmadi , Rulam. Metodologi Penelitian Kualitatif (Yogyakarta : AR-RUZZ MEDIA, 2014)
Alawiyah,Nidaul. Strategi Guru Agama Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh Di Mts Sunan Kalijaga Binangun Blitar(skripsi- IAIN Tulungagung, 2015)
Anggito, Albi & Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif (Sukabumi: CV Jejak, 2018)
Anwar Hafid, dkk. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan (Alfabeta,CV: Bandung,2014)
Chomaidi & Salamah. Pendidikan dan Pengajaran: Strategi Pembelajaran Sekolah (Jakarta: PT Grasindo,2018)
Davidson, Jeff. Manajemen Waktu Menguasai Keahlian dalam 10 Menit (Yogyakarta: ANDI, 2005)
Departemen Agama Republik Indonesia. Al-Qur’an Terjemahan (Bekasi: Cipta Bagus Segara, 2013 )
Departemen Agama Republik Indonesia. Syamil Al-Qur'an Terjemah (Bandung: PT Sygma Examedia Arkanleema, 2007)
Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: Rineka Cipta, 2014)
Ernawati.Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Manajemen Waktu Siswa Di MAN LAB UIN Yogyakrta (skripsi-UIN Sunan Kalijaga, 2015)
E. Haynes, Marion. Manajemen Waktu (Jakarta: Indeks, 2010)
Hamdani. Strategi Belajar Mengajar (Bandung: Pustaka Setia, 2011)
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar (Jakarta: Bumi Aksara,2011)
Hasibuan, Malayu. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah (Jakarta: Bumi Aksara, 2015)
Jalinus, Nizwardi & Ambiyar. Media dan Sumber Pembelajaran (Jakata: Kencana, 2016)
J.B. Situmorang & Winarno. Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Pendidik (Klaten: Saka Mitra Kompetensi, 2019)
Karwono & Heni Mularsih. Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar ( Depok: PT Raja Grafindo Persada, 2017)
Komara, Endang. Belajar dan Pembelajaran Interaktif (Bandung: PT Refika Aditama, 2014)
Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran (Bandung: PT Rosdakarya, 2016)
Marlina, Lia & Suhertuti.Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018)
Maolani, Rukaesih A. dan Ucu Cahyana. Metodologi Peneltian Pendidikan (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015)
Minarti, Sri. Ilmu pendidikan Islam Fakta Teortis-Filosofis & Aplikakatif-Normatif (Jakarta: Amzah, 2013)
Moleong, Lexy J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012)
Mulyasa, Enco. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru ( Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007)
Mulyana A. Z. Rahasia Menjadi Guru Hebat (Jakarta: PT Grasindo, 2010)
Muliawan, Jasa Ungguh. Metodologi Penelitian Pendidikan (Yogyakarta: Gava Media, 2014)
Nursalam. Strategi Belajar Mengajar IPS (Situbondo: CV Garuda Mas Sejahtera, 2016)
Peraturan Menteri dan Kebudayaan Nomor 66 tahun 2013. Standar Penilaian Pendidikan(Jakarta, 2013)
Prastowo,Andi.Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian (Yogyakarta: AR-Ruzz Media, 2014)
Rofa’ah. Pentingnya Kompetensi Guru dalam Kegiatan Pembelajaran dalam Perspektif Islam (Yogyakarta: Deepublish, 2016)
Roqib, Mohammad. Ilmu Pendidikan Islam (Yogyakarta: LKIS , 2009)
Rosidin, Undang. Penilaian Autentik (Yogyakarta: Media Akademi, 2016)
Salim, Moh. Haitami & Syamsul Kurniawan. Studi Pendidikan Islam (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012)
Sanusi,Uci & Rudi Ahmad Suryadi. Ilmu Pendidikan Islam (Yogyakarta: Deepublish, 2018)
Sarimaya, Farida. Sertifikasi Guru (Bandung: Yrama Widya, 2008)
Setyabudi, Ismanto dan Daryanto.Panduan Praktis Penelitian Ilmiah (Yogyakarta: Gava Media, 2015)
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: CV Alfabeta, 2008)
Sunarti & Selly Rahmawati. Penilaian dalam Kurkulum 2013 (Yogyakrta: CV Andi Offest, 2014)
Supardi. Penilaian Autentik Pembelajaran Kognitif, Affektif, Psikomotorik (konsep dan aplikasi) (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2016)
Suprapto, Haddy. Metodologi Penelitian Untuk Karya Ilmiah (Yogyakarta: Gosyen Publishing, 2017)
Suwendra, I Wayan. Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Ilmu Sosial, Penddikan, Kebudayaan dan Keagamaan (Bali: CV Nilacakra, 2018)
Suprihatiningrum, Jamil. Guru Professional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi dan Kompetensi Guru (Yogyakarta: AR-Ruzz Media, 2014)
Suyanto & Asep Jihad. Menjadi Guru Profesional (Jakarta: Esensi, 2013)
Syarbini, AmiruSuyanto & Asep Jihad. Menjadi Guru Profesional ( Jakarta: Esensi, 2013) llah. Rahasia Menjadi Guru Hebat Dengan Keahlian Publc Speaking (Yogyakarta: AR-Ruzz Media, 2015)
Tanjung Hendri & Nur Rohim Yunus. Manajemen Waktu 7 Langkah Membuat Hidup Penuh Arti (Jakarta: Amzah, 2015)
Ulfa, Fitria. Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Di MAN 3 Kota Kediri (skripsi- UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2014)
Ulum, M. Miftahul & Basuki. Pengantar Ilmu Pendidikan Islam (Ponorogo: STAIN Ponorogo Press, 2007)
Usman, Mochammad Uzer. Menjadi Guru Profesional (Bandung: PT Rosdakarya, 2011)
Wahab, Rohmalina. Psikologi belajar (Jakart: PT Raja Grafndo, Persada, 2016)
Yusuf, A. Muri. Asesmen dan Evalausi Pendidikan (Jakarta: Kencana, 2015)
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ