Problematika Pembelajaran Daring Dan Upaya Mengatasinya Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Muhammadiyh 5 Dukun
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v11i2.19460Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini membahas tentang Problematika pembelajaran daring dan uapaya mengatasinya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 5 Dukun. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui Proses pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 5 Dukun, problematika pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 5 Dukun, dan ingin mengetahui bagaimana problematika pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 5 Dukun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi dan Wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika pembelajaran daring pada mata pelajaran pendidikan agama islam dapat dilihat dari sisi yaitu, guru dan siswa. Sedangkan upaya mengatasi problematika pembelajaran daring dengan cara pengelolaan pembelajaran daring yang kondusif dan memberikan motivasi dari lingkungan keluarga supaya siswa semangat dan terdorong belajar dengan baik.
References
Darwis Margolang, Suci Safitri, Rusmayani, Agusti Puspita Sari “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 (kajian persepsi orang tua tentang efektivitas pembelajaran berbasis online di mts Al- Fajar Sei Mencirirmâ€, dalam Jurnal Al-ulum Pendidikan Islam, vol.1.
Ely Novianti, Alda Rizka Fatkhia, Zalik Nuryana “ Analisa Kebijakan Pembelajaran PAI Di Masa Pandemi Peluang Dan Tantangan†dalam Jurnal Uhamka vol.11.
Imam Gunawan, Metode Penelitian Kualitatif, (Jakarta: Bumi Aksara, 2013) http://fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/12/3_Metpen-Kualitatif.pdf, diakses 26 November 2021.
Noda Adi Vutra, “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negri 17 Kota Bengkuluâ€. Tesis. Fakultas Tarbiyah dan Tadris. Kota Bengkulu.UI.2019.h37.
Rukin, Metodologi Penelitian Kualitatif, Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia, 2019.
Suci Febriyantika Rahman, Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smp Islam Nurussalam Al-khoir Mojolaban Sukoharjo Tahun Pelajaran 2019/2020, Tesis. Surakarta: Fakultas Agama Islam UI.2019/2020.
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ