Problematika Pembelajaran Daring Dan Upaya Mengatasinya Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Muhammadiyh 5 Dukun

Authors

  • Diani Farah Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v11i2.19460

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini membahas tentang Problematika pembelajaran daring dan uapaya mengatasinya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 5 Dukun. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui Proses pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 5 Dukun, problematika  pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 5 Dukun, dan ingin mengetahui bagaimana problematika  pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 5 Dukun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi dan Wawancara.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika pembelajaran daring pada mata pelajaran pendidikan agama islam dapat dilihat dari  sisi yaitu, guru dan siswa. Sedangkan upaya mengatasi problematika pembelajaran daring dengan cara pengelolaan pembelajaran daring yang kondusif dan memberikan motivasi dari lingkungan keluarga supaya siswa semangat dan terdorong belajar dengan baik.

References

Darwis Margolang, Suci Safitri, Rusmayani, Agusti Puspita Sari “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 (kajian persepsi orang tua tentang efektivitas pembelajaran berbasis online di mts Al- Fajar Sei Mencirirmâ€, dalam Jurnal Al-ulum Pendidikan Islam, vol.1.

Ely Novianti, Alda Rizka Fatkhia, Zalik Nuryana “ Analisa Kebijakan Pembelajaran PAI Di Masa Pandemi Peluang Dan Tantangan†dalam Jurnal Uhamka vol.11.

Imam Gunawan, Metode Penelitian Kualitatif, (Jakarta: Bumi Aksara, 2013) http://fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/12/3_Metpen-Kualitatif.pdf, diakses 26 November 2021.

Noda Adi Vutra, “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negri 17 Kota Bengkuluâ€. Tesis. Fakultas Tarbiyah dan Tadris. Kota Bengkulu.UI.2019.h37.

Rukin, Metodologi Penelitian Kualitatif, Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia, 2019.

Suci Febriyantika Rahman, Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smp Islam Nurussalam Al-khoir Mojolaban Sukoharjo Tahun Pelajaran 2019/2020, Tesis. Surakarta: Fakultas Agama Islam UI.2019/2020.

Published

2022-11-28

Issue

Section

Editorials