Pandangan Masyarakat Terhadap Sekolah Pemerintah dan Swasta dalam Menentukan Keberlanjutan Pendidikan Anak di Kelurahan Majapahit
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v11i2.18901Abstract
Dalam mencapai kesejahteraan hidup di dalam masyarakat dibutuhkan suatu upaya salah satunya peningkatan mutu SDM di setiap daerah. Pendidikan merupakan salah satu upaya yang dapat menjadikan seseorang memiliki nilai dan kualitas diri. Pendidikan dapat diperoleh dari tiga lembaga, yaitu formal, nonformal, dan informal. Lembaga formal yaitu lembaga yang memiliki struktur yang terorganisasi seperti sekolah. Berdasarkan penanggung jawabnya sekolah terbagi menjadi dua jenis, yaitu Sekolah Negeri yaitu sekolah di bawah naungan pemerintahan, dan Sekolah Swasta yaitu sekolah di bawah naungan yayasan atau organisasi. Kedua sekolah ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang menonjol. Masyarakat di Kota Lubuklinggau tepatnya di Kelurahan Majapahit memiliki pendapat masing-masing mengenai pemilihan sekolah bagi anak-anak mereka. Para orang tua berharap agar anak-anak mereka dapat mengenyam pendidikan terbaik di sekolah yang juga terbaik. Tentunya dengan mempertimbangkan banyak hal seperti antara lain : kualitas pengajaran, kualitas pengajar, lokasi sekolah , agama, fasilitas sekolah, citra sekolah, biaya sekolah, serta lingkungan sekolah sebelum memasukkan anak mereka ke sekolah pilihan.
References
Adawiyah, Arabiatul, Sulfasyah, dan Jamaluddin Arifin, “Implikasi Pendidikan Nonformal Pada Remajaâ€, Jurnal Equilibrium Pendidikan Sosiologi, Vol IV, No. 2 (November 2016): di akses pada 28 Desember 2022 https://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/506/465
Badan Pusat Statistik Lubuklinggau, Jumlah Kepala Keluarga di Kecamatan Lubuklinggau Timur I Tahun 2019: Laporan Statistik. Lubuklinggau: BPS Lubuklinggau, 2019
Bafadhol, Ibrahim. “Lembaga Pendidikan Islam di Indonesiaâ€, Jurnal Pendidikan Islam ,Vol 6, No 11 (2017) di akses pada 02 Januari 2023 http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/ei/article/view/95
Data Pokok Pendidikan Lubuklinggau, Data Sekolah di Kecamatan Lubuklinggau Timur I. Lubuklinggau: Dapodik, 2023
Farid, Abdi. Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Pada Sekolah Inklusi SMPN 10, SMPN 14 dan SMPN 23 Banjarmasin). Tesis. Banjarmasin: UIN Antasari Banjarmasin, 2018 di akses pada https://idr.uin-antasari.ac.id/9859/4/BAB%20I.pdf
Hakim, Lukman Nul. “Ulasan Metodologi Kualitatif: Wawancara Terhadap Elitâ€, Aspirasi, Vol. 4 No. 2, (Desember 2013) di akses pada 28 Desember 2022 https://dprexternal3.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/501
Kementrian Agama RI. Ummul Mukminin: Al Quran dan Terjemahannya untuk Wanita. Jakarta: Oasis Terrace Resident, 2010
Rijali, Ahmad. “Analisis Data Kualitatifâ€. Jurnal Alhadarah. Vol. 17 No. 33 (Januari-Juni 2018) di akses pada 04 Januari 2023 https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/alhadharah/article/view/2374
Sagala,Syaiful. Manajemen Berbasis Sekolah dan masyarakat : Strategi memenangkan persaingan mutu. Jakarta: Nimas Multima, 2008
Septhevian, Rani. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Orang tua Dalam Memilih Sekolah Dasar (SD)â€. Tesis. Yogyakarta : Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 2014: di akses pada 06 Januari 2023 https://e-journal.uajy.ac.id/6185/6/MM501751.pdf
Setyowati, Erna. “Pendidikan Budi Pekerti Menjadi Mata Pelajaran Di Sekolahâ€, Lembaran Ilmu Kependidikan Jilid 39, Vol. 38 No. 2 (2009): di akses pada 05 Januari 2023 https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK/article/view/487/0
Shaleh, Abdul Rahman. Madrasah Dan Pendidikan Anak Bangsa: Visi, Misi, Dan Aksi, Jakarta: Raja Grafindo, 2004
Suwondo, Bambang. Sejarah pengaruh Pelita terhadap masyarakat pedesaan di Nusa Tenggara Barat, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1982
Triwiyanto, Teguh. Pengantar Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2014
Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ