Strategi Guru Dalam Mengoptimalkan Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Kreatifitas dan Critical Thinking Siswa Kelas III SD Muhammadiyah Gilipanda

Authors

  • Herman Herman Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima
  • Rahmawati Rahmawati Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima
  • Yusuf Masi Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima
  • Syarifuddin Syarifuddin Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima
  • Syahru Ramadhan Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v11i2.18319

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam mengoptimalkan pengelolaan kelas, dan bagaimana implementasinya dalam mengoptimalkan kelas untuk meningkatkan kreativitas dan berpikir kritis siswa kelas III di SD Muhammadiyah Gilipanda Kota Bima, salain itu penelitian ini untuk mengetahui kendala dan solusi yang harus dilakukan oleh guru dalam mengoptimalkan pengelolaan kelas. Penelitian  ini  merupakan  jenis penelitian  kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, sumber data primer dan sekunder sedangkan tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara  dan  dokumentasi. Adapun tehnik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara teoritis, perencanaan yang dilakukan oleh guru dalam mengoptimalkan pengelolaan kelas di Sekolah Dasar Muhammadiyah Gilipanda yaitu, dengan mempersiapkan rencana pelaksaan pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang diterapkan pada lembaga pendidikan tersebut. Sedangkan secara empiris, berdasarkan data yang diperoleh di lapangan menunjukan bahwa dalam pelaksanaan proses pengelolaan kelas yaitu; a). Menggunakan panduan dari strategi dengan kondisi lingkungan fisik yang memadai, b). Ruangan belajar disesuaikan dengan tema dan materi yang akan diajarkan kepada siswa, c). Tempat duduk diatur sedemikian rupa, jendela yang cukup besar agar cahaya dan udara masuk dengan maksimal. Dengan cara demikian anak didik dapat belajar dengan tenang, semangat, respon dan aktif dalam menyampaikan ide atau gagasan terkait materi yang disampaikan. Sedangkan kendala guru dalam mengelola kelas adalah kurangnya sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah salah satunya LCD.

References

Anwar, Moh Khoerul. “Pembelajaran Mendalam Untuk Membentuk Karakter Siswa Sebagai Pembelajarâ€.†Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, no. 2, Vol. 02 (2017): 98.

Djabidi, Faizal. Manajemen Pengelolaan Kelas. Cilegon: Madani, 2017.

Edu, Ambros Leonangung, and dkk. Etika Dan Tantangan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta, n.d.

Hermansyah, Hermansyah, and Muslim Muslim. “Urgensi Pengembangan Keterampilan Belajar Abad 21 Di Pendidikan Dasar.†EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar 3, no. 2 (2020): 184–99. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v3i2.395.

Hermansyah, and Angga Saputra. “Model Interaksi Komunikasi Pembelajaran SD/MI.†Jurnal Elementary Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar 2, no. 1 (2019): 6–10.

Hurlock, Elizabeth. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga, 2011.

Isnanto, Isnanto, Samsi Pomalingo, and Meldiana N Harun. “Strategi Pengelolaan Kelas Di Sekolah Dasar.†Jurnal Pendidikan Glasser 4, no. 1 (2020): 7. https://doi.org/10.32529/glasser.v4i1.392.

Muhamad Makinudin. “STRATEGI PENGELOLAAN GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN.†Tesis, Http://Repo.Uinsatu.Ac.Id/6567/, 2017.

Ratnawati. “Signifikansi Penguasaan Guru Terhadap Psikologi Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar, Terampil Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar,†2017.

Ratnawati, Etty, and Aas Asniawati. “Pemberian Motivasi Melalui Cerita Dan Games.†Dimasejati 2, no. 2 (2020): 204–13.

Rianto, Milan. Pengelolaan Kelas Model PAKEM. Jakarta: Dirjen PMPTK, 2007.

Sartika, Dewi. “The Effectiveness of Community of Inquiry Learning and Learning Styles Towards Students ’ Concept Mastery,†2022.

Sri Minarti. “Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri.†Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016, 179.

Sugioyono. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.

Surya, Hendra. Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar. Jakarta: Elek Media Komputindo, 2011.

Syarifuddin, Punaji Setyosari, Sulton, Dedi Kuswandi, and Dewi Sartika. “The Effect of the Community of Inquiry (COI) Learning Model and Learning Style towards Social Skills.†European Journal of Educational Research 9, no. 2 (2020): 569–78. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.569.

Published

2022-09-09

Issue

Section

Editorials