Penerapan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Kreativitas dan Berfikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Kelas IV di MIS Sambinae Kota Bima

Authors

  • Nurwahidah Nurwahidah Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima
  • Ruslan Ruslan Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima
  • Dewi Masitha Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima
  • Nurhidayanti Nurhidayanti Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v11i2.17950

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan strategi pembelajaran crossword puzzle untuk meningkatkan kreativitas dan berfikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas IV MIS Sambinae Kota Bima. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus memuat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tehnik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, pre test dan post test, angket dan dokumentasi. Hasil observasi menunjukkan permasalahan rendahnya kreativitas dan berfikir kritis peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle dapat meningkatkan kreativitas dan berfikir kritis siswa. Pada Prasiklus kemampuan kreativitas memperoleh presentase sebanyak 66,93% berada pada kategori sedang, sedangkan pada siklus I kreativitas memperoleh presentase sebanyak 79,73%  berada pada kategori sedang dan pada siklus II memperoleh presentase sebanyak 86,33% berada pada kategori tinggi. Kemampuan berfikir kritis siswa juga mengalami peningkatan secara signifikan dari beberapa siklus seperti pada prasiklus presentase yang diperoleh yaitu sebanyak 60,08 berada pada kategori rendah, sedangkan pada siklus I berfikir kritis memperoleh presentase sebanyak 77,75% berada pada kategori sedang dan  pada siklus II kemampuan berfikir kritis memperoleh presentase sebanyak 85,66% berada pada kategori tinggi. Hal ini menujukan bahwa penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle selain dapat meningkatkan kreativitas dan berfikir kritis siswa, juga dapat meningkatkan hasil belajar/kemampuan kognitif siswa.

References

Amtiningsih, Septi, Sri Dwiastuti, and Dewi Puspita Sari. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Penerapan Guided Inquiry Dipadu Brainstorming Pada Materi Pencemaran Air.†Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning 13, no. 2 (2006).

Anggraeni, Novita Eka. “Strategi Pembelajaran Dengan Model Pendekatan Pada Peserta Didik Agar Tercapainya Tujuan Pendidikan Di Era Globalisasi.â€.†ScienceEdu: Jurnal Pendidikan IPA 2, no. 1 (2009).

Arikunto, Suharsimi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Fitrah, M, Fathurrahman, and Sukrin. Teori & Teknis: Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari, 2018.

Hermansyah, Muslim, and Ihlas. “Urgensi Pengembangan Keterampilan Belajar Abad 21 Di Pendidikan Dasar.†MODELING: Jurnal Program Studi PGMI Volume 8, no. 2 (2021): 215–26.

Khardi, Syarifuddin. Pengelolaan Pembelajaran Menghafal Ayat Al-Qur’an Secara Cepat Dengan Strategi Permainan Crossword Puzzleâ€. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 2017.

Miswandi. “Peningkatan Hasil Belajar PKN SD Melalui Stategi Crossword Puzzleâ€,†2018.

Rachmawati, Yeni, and Eus Kurniati. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Perdana Media Grup, 2011.

Ramadah, Egi, and dkk. “Peta Konsep Dipadu Dengan Crossword Puzzle: Pengaruhnya Terhadap Retensi Peserta Didik Pada Konsep Sistem Gerakâ€.†BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi 10, no. 2 (2019).

Said, Alamsyah, and Andi Budimanjaya. “No Title.†Jakarta: Kencana, 2015.

Salsabila, Z P, N Aliya, F M Susanti, N R Putri, P Indriyanti, A S A Al Wafa, and U Chasanah. Penerapan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Integratif Peserta Didik Kelas 2 Minu Ngingas. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2022.

Sartika, Dewi. “The Effectiveness of Community of Inquiry Learning and Learning Styles Towards Students ’ Concept Mastery,†2022.

Sugiyono. Metodelogi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2007.

Surya, Mohammad. Strategi Kognitif Dalam Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2016.

Syarifuddin, Punaji Setyosari, Sulton, Dedi Kuswandi, and Dewi Sartika. “The Effect of the Community of Inquiry (COI) Learning Model and Learning Style towards Social Skills.†European Journal of Educational Research 9, no. 2 (2020): 569–78. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.569.

Published

2022-10-28

Issue

Section

Editorials