Strategi Guru PAI Dalam Mengarahkan Karakter Kebiasaan Shalat Dengan Benar Pada Siswa Di SMP Muhammadiyah 20 Tebluru Lamongan
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v11i1.17949Abstract
Strategi guru PAI dalam membentuk karakter siswa adalah sangat penting. Stategi guru diperlukan ketika menyampaikan pembelajaran kepada siswa agar mudah menerimanya, khususnya nilai karakter agar sesuai dengan Al-Quran dan Hadits. Melalui nilai karakter tersebut diharapkan siswa menjadi generasi penerus bangsa yang hebat. Meilhat banyaknya siswa yang masih berperilaku tidak bagus maka pembentukan nilai-nilai karakter harus ditanamkan agar masalah-masalah dapat diselesaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui strategi guru PAI dalam mengarahkan kebiasaan shalat dengan benar pada siswa, 2) Mengetahui karakter siswa di SMP Muhammadiyah 20 Tebluru 3. Mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan strategi guru PAI dalam mengarahkan karakter kebiasaan shalat dengan benar pada siswa. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif, karena penelitian ini berangkat dari teori, gagasan para ahli maupun pemahaman peneliti berdasarkan pengalamannya. Selain itu untuk mendukung uraian si penulis menyertakan dokumentasi sebagai pelengkap dan penguat penelitian. Kemudian metode pengumpulan data penulis menggunakan wawancara dan dokumentasi. Data analisis dengan cara mengumpulkan data, mendeskripsikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan bahwa strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun karakter kebiasaan shalat dengan benar pada siswa SMP Muhammadiyah 20 Tebluru adalah menggunakan strategi pembiasaan serta menggunakan strategi belajar mengajar, adapun karakter siswa di SMP Muhammadiyah 20 Tebluru dibangun melalaui kegiatan ekstrakulikuler. Faktor pendukung karakter siswa diantaranya melakukan shalat berjamaah, berdoa bersama, mengikuti ekstrakulikuler, membiasakan budaya salim. Faktor penghambat dikarenakan fasilitas yang masih kurang dan kurangnya semangat dari orang tua.Â
References
Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011)
Novan Ardy Wiyani. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Yogyakarta: PT Pustaka Insan
Madani
Marzuki, Pendidikan Karakter Islam, (Jakarta: Amzah, 2017)
Muhammad Athok An-Najahi, siswa kelas VIII, Wawancara, di SMP Muhammadiyah 20 Tebluru, Tanggal 22 Mei 2022
Sisdiknas, Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional), (Bandung: Fokus Media, 2010)
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D (Bandung: Alfabeta, 2008)
Sumadi Suryabrata, Metodologi Penelitian, (Jakarta: Rajawali Pers, 2013)
Tasmunip, Guru Pendidikan Agama Islam, Wawancara si SMP Muhammadiyah 20 Tebluru, Tanggal 22 Mei 2022
Syamsu S, Strategi Pembelajaran (Cet.I Makassar: Nas Media Pustaka, 2017)
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ