Pengaruh Pembelajaran Agama Islam Berbasis Google Classroom Terhadap Perilaku Religius di SMP Muhammadiyah 11 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v11i1.17915Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran berbasis google classroom di SMP Muhammadiyah 11 Surabaya, dan menjelaskan pengaruh penggunaan googel classroom terhadap perilaku religius siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Muhammadiyah 11 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas VII SMP Muhammadiyah 11 Surabaya. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan Teknik Purposive sampling yaitu siswa dan siswi kelas VII SMP Muhammadiyah 11 Surabaya. Teknik pengumpulan data mengunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa: (1). Terdapat pengaruh positif singnifikan penggunaan google classroom, terhadap perilaku religius siswa pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam kelas VII di SMP Muhammadiyah 11 Surabaya dengan nila tabel (9,210 > 5,991). Artinya penggunaan google classroom dapat memiliki pengaruh terhadap perilaku religius siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VII SMP Muhammadiyah 11 Surabaya.
References
Abdul Majid, Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, (Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004), (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006), Cet. 3.
Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005)
Bambang Warsita, Tekhnologi Pembelajaran : Landasan dan Aplikasinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008)
Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga, (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka, 2007)
Koswara, Dinamika Informasi dalam Era Globalisasi, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1998).
Noordin Asnawi, Pengukuran Usability Aplikasi Google Classroom Sebagai Elearning Menggunakan USE Questionnaire, Journal of Computer, Information System & Technology Management, Vol 1, No. 2 (April 2018).
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, (Bandung: Alfabeta, 2012)
Sugiyono, Statistik Untuk Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2012)
Tim E-Media Solusindo, Membangun Komunitas Online Secara Praktis dan Gratis, (Jakarta: Elex Media Komputindo, 2008)
Umi Kulsul, Pengantar Psikologi Sosial, (Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2014)
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ