Pengaruh Pembelajaran Agama Islam Berbasis Google Classroom Terhadap Perilaku Religius di SMP Muhammadiyah 11 Surabaya

Authors

  • Zakki Tifani Ibadu Rochman Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Moch. Charis Hidayat Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ika Puspitasari Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v11i1.17915

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran berbasis google classroom di SMP Muhammadiyah 11 Surabaya, dan menjelaskan pengaruh penggunaan googel classroom terhadap perilaku religius siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Muhammadiyah 11 Surabaya.  Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas VII SMP Muhammadiyah 11 Surabaya. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan Teknik Purposive sampling yaitu siswa dan siswi kelas VII SMP Muhammadiyah 11 Surabaya. Teknik pengumpulan data mengunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa: (1). Terdapat pengaruh positif singnifikan penggunaan google classroom, terhadap perilaku religius siswa pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam kelas VII di SMP Muhammadiyah 11 Surabaya dengan nila tabel (9,210 > 5,991). Artinya penggunaan google classroom dapat memiliki pengaruh terhadap perilaku religius  siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VII SMP Muhammadiyah 11 Surabaya.

References

Abdul Majid, Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, (Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004), (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006), Cet. 3.

Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005)

Bambang Warsita, Tekhnologi Pembelajaran : Landasan dan Aplikasinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008)

Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga, (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka, 2007)

Koswara, Dinamika Informasi dalam Era Globalisasi, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1998).

Noordin Asnawi, Pengukuran Usability Aplikasi Google Classroom Sebagai Elearning Menggunakan USE Questionnaire, Journal of Computer, Information System & Technology Management, Vol 1, No. 2 (April 2018).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, (Bandung: Alfabeta, 2012)

Sugiyono, Statistik Untuk Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2012)

Tim E-Media Solusindo, Membangun Komunitas Online Secara Praktis dan Gratis, (Jakarta: Elex Media Komputindo, 2008)

Umi Kulsul, Pengantar Psikologi Sosial, (Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2014)

Published

2022-05-05

Issue

Section

Editorials