Kerja Sama Orang Tua dan Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan dan Kematangan Karir Bermutu

Authors

  • Muntolib Muntolib Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Endin Mujahidin Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Nesia Andriana Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Akmad Alim Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Hasbi Indra Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v11i2.17649

Abstract

Penelitian ini bermaksud guna mengenali peran kerja sama antara orang tua murid serta guru di sekolah dalam mewujudkan pendidikan bermutu serta kematangan karir. Pendidikan merupakan penentu kemajuan sebuah bangsa. Bangsa Indonesia dihadapakan dengan berbagai masalah pendidikan di antaranya masih rendahnya mutu pendidikan. Berbagai usaha telah dilakukan dalam rangka untuk memperbaiki mutu pendidikan namun belum menunjukan perbaikan yang signifikan. Beberapa indikator menunjukan mutu pendidikan yang masih rendah termasuk dalam hal ini adalah permasalahan kematangan karir. Tidak sedikit dari orang tua yang menganggap kewajiban mendidik anak merupakan kewajiban guru di sekolah sehingga orang tua melepas tanggung jawab mendidik begitu saja serta menyerahkan sepenuhnya kepada guru di sekolah. Padahal untuk mencapai tujuan pendidikan dan kematangan karir dibutuhkan kerja sama dari semua pihak. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan studi kualitatif dengan pendekatan penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kerja sama antara orang tua murid  dengan guru sekolah memiliki efektifitas dalam peningkatan mutu pendidikan serta kematangan karir. Kewajiban mendidik hakikatnya ada di pundak orang tua. Bekerja sama dalam hal kebaikan merupakan hal yang sangat dianjurkan oleh islam terlebih dalam mewujudkan pendiidkan dan kematangan karir yang bermutu. Kerja sama tersebut dapat di aplikasikan melalui: parenting, komunikasi, volunteering, belajar di rumah, pengambilan keputusan bersama.

References

Al Hakim. Al Mustadrok ‘Ala As Shohihaiyni. Baiyrut: Daarul Kutubil ’ilmiyah, 1990.

Al Jauziyah, Ibnu Al Qayyim. Tuhfah al-Maudud bi Ahkam al-Maulud. Damaskus: Maktabatu Daaril Bayaan, 1971.

Al-Jawi, M. Shiddiq. “Pendidikan di Indonesia: Masalah dan Solusinya.†Dalam Makalah dalam Seminar Nasional Potret Pendidikan Indonesia: Antara Konsep Realiti dan Solusi, diselenggarakan oleh Forum Ukhwah dan Studi Islam (FUSI) Universitas Negeri Malang, Vol. 7, 2006.

Al-Qurthubi, Abu ’Abdullah Muhammad bin Ahmad bin Abu Bakr Al-Anshari. Al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an. Qohiroh: Daarul Kutubil Misriyah, 1964.

As-Sa’di, Abdurrahman bin Nashir. Taisirul Karimirrahman fi Tafsiri Kalamil Mannan. Maktabah Syamilah: Muasasatur Risalah, 2000.

Bukori, Imam, dan Kotimatul Munawaroh. “Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan.†Dalam ICOLEESS: International Conference on Language, Education, Economic and Social Science, 1:221–37, 2019.

Diadha, Rahminur. “Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak.†Edusentris 2, no. 1 (2015): 61. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i1.161.

Hidayat, H. Syarif. “Pengaruh Kerjasama Orang Tua dan Guru Terhadap Disiplin Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Kecamatan Jagakarsa - Jakarta Selatan†1 (2013): 9.

Hidayat, Indra. “Kerjasama guru dan orangtua dalam membina perilaku keagamaan siswa (penelitian di mts. Tanjungsiang subang).†Jurnal Al-Amar (Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan) 1, no. 2 (2020): 50–56.

Lasmini, Bunga Septiani, Siti Aisyah, Eriska Selvia, dan Yecha Febrienitha Putri. “Konsep Dan Tahapan Pembentukan Program Parenting: Konsep Dan Tahapan Pembentukan Program Parenting.†Jurnal Multidisipliner Kapalamada 1, no. 02 Juni (14 Juni 2022): 275–80.

Mulyasana, Dedy. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.

Mumu, Mumu, A. Majid, dan Aang Rohyana. “Hubungan Kualitas Kerja Sama Sekolah dan Orang Tua dengan Intensitas Usaha Belajar Siswa di SMP Negeri Kota Tasikmalaya.†Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan 1, no. 1 (2019).

Natsir, Nanat Fatah, Ade Aisyah, Hasbiyallah Hasbiyallah, dan Mahlil Nurul Ihsan. “Mutu Pendidikan: Kerjasama Guru dan Orang Tua.†Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 8, no. 2 (2018): 311–27.

Nurdin, Zurifah. “Waralaba dalam Perspektif Ekonomi Islam.†Jurnal Ilmiah Syi’ar 9, no. 2 (22 Januari 2020): 121–29. https://doi.org/10.29300/syr.v9i2.2783.

Prabhawani, Saesti Winahyu. “Pelibatan Orang Tua Dalam Program Sekolah Di TK Khalifah Wirobrajan Yogyakarta.†Pendidikan Guru PAUD S-1 5, no. 2 (2016): 205–18.

Pujiastuti, Triyani. “Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Identitas Gender Anak.†Jurnal Ilmiah Syi’ar 14, no. 1 (16 Februari 2014): 53–62. https://doi.org/10.29300/syr.v14i1.1425.

“Rendahnya Pendidikan di Indonesia.†Diakses 18 November 2022. https://www.kabarpendidikan.id/2021/04/rendahnya-pendidikan-di-indonesia.html.

Risdoyok, Risdoyok, dan Wedra Aprison. “Kerjasama Guru PAI dan Orang Tua Dalam Menghadapi Pembelajaran Selama Covid-19.†Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 5 (2021): 2319–35.

Saleh, Adnan Achiruddin. “Bimbingan Karir Islami Berbasis Kecerdasan Majemuk (sebuah Perspektif dan Aplikatif).†KOMUNIDA: Media Komunikasi dan Dakwah 7, no. 1 (2017): 49–59.

Sugiyono. Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2010.

Sugono, Dendy. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2014.

Suhadi, Edi, Endin Mujahidin, Ending Bahruddin, dan Ahmad Tafsir. “Pengembangan Motivasi dan Kompetensi Guru dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Madrasah.†Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (2014): 42–60.

Supriatna, Mamat. “Layanan bimbingan karir di sekolah menengah.†Bandung: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Pendidikan Indonesia, 2009.

Thadi, Robeet, Adisel Adisel, dan Depi Putri. “Peran Dan Fungsi Komunikasi Keluarga Dalam Adaptasi Pranata Keluarga Islami Di Tengah Pandemi Covid-19.†Jurnal Ilmiah Syi’ar 21, no. 1 (2021): 33–44. https://doi.org/10.29300/syr.v21i1.4237.

Published

2022-08-09

Issue

Section

Editorials