Pengaruh Metode Multisensory Terhadap Kemampuan Membaca Peserta Didik Pada Pelajaran Tematik Kelas 1 SDN Turi
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v11i1.17078Abstract
Penelitian berjudul Pengaruh Metode Multisensory Terhadap Kemampuan Membaca Peserta Didik Pada Pelajaran Tematik Kelas 1 SDN Turi. Latar belakang rendahnya kemampuan membaca dikarenakan kurangnya minat membaca sehingga tidak memahami materi yang tertulis dalam buku ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Multisensori terhadap kemampuan membaca pada pelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan one group Pretest Postest design. Setelah itu, uji t (Paired Sample t test) digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil Pretest (48,2) > Postest (80,4). Sedangkan uji t diperoleh nilai signifikan 0,000. Hal ini menunjukkan pengaruh metode Multisensori terhadap keterampilan membaca siswa pada pelajaran tematik.References
Amanta, Ralwi “Penerapan Membaca Pemahaman Menggunakan Metode Speed Reading Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasarâ€, Jurnal Inofasi Pembelajaran SD, No 6, ( 2020)
Bunt, Mark R. Van Den Dkk, “Sensorimotor Control Of Speech And Children’s Reading Abilityâ€, Scientific Studies Of Reading, No. 6, (2018)
Dewi, Sri Utami Soraya, “Pengaruh Metode Multisensori Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Peserta didik Kelas Awal Sekolah Dasarâ€, No. 1 (Maret 2015)
Githa Mediana Br. Simanjuntak Dkk, “Pembelajaran Metode Multisensori Untuk Meningkatkan Kemampuan Pra-Membaca Pada Peserta didik Usia Pra-Sekolah†Jurnal Pendidikan Peserta Didik Usia Dini, No 1,(2020)
Hasil Wawancara Guru SDN Turi Oktober 2021
Lailia Sya’bani, “Studi Eksplorasi Kemampuan Membaca Peserta didik Kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Granting†(UnIVersitas Negeri Yogyakarta, 2017)
Lestari, Siti “Meningkatkan Minat Membaca Permulaan Peserta didik Usia 5-6 Tahun Melalui Pohon Literasi Di Tk Islam Terpadu Bina Amal Semarangâ€,(Skripsi- Univerersitas Negeri Semarang,2020)
Munawaroh, Isniatun M.Pd, “Modul Belajar Mandiri Calon Guru†Pppk (Jakarta 2021)
Nasir, Pengaruh Metode Sensori Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar Volume 1, Nomor 1, (Juni 2014)
Rahmawati, Nurushshiyam “Penerapan Metode Multisensori Untuk Kemampuan Membaca Permulaan Pada Peserta didik Kelas I Di SD X Bangkalanâ€, No. 2, (Oktober 2020)
Safetyani, Kiki Dkk, “Penerapan Metode Multisensori Untuk Meningkatkan Kemmapuan Membaca Dan Menulis Permulaan Peserta didik Kelas I Sekolah Dasarâ€, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, No. I( April 2019)
Saputro, Onny Eko, “Penerapan Metode Multisensori Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Peserta didik Kelas I SD Negeri Pokak I Ceper Klatenâ€(Skripsi , Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011)
Sugrah, Nurfatimah, “Implementasi Teori Belajar KonstruktIVIsme Dalam Pembelajaran Sains, Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum†No 2, (2019)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ