EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN PAI DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 4 KOTA BIMA
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v11i1.16847Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pelaksanaan pembelajaran PAI dalam Kurikulum Merdeka Belajar Kelas X di SMA Negeri 4 Kota Bima (2) Evaluasi Pembelajaran PAI dalam Kurikulum Merdeka Belajar Kelas X di SMA Negeri 4 Kota Bima (3) kelebihan dan kekurangan Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran PAI dalam Kurikulum Merdeka Belajar Kelas X di SMA Negeri 4 Kota Bima. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk mengungkapkan gejala holistic kontekstual memulai pengumpulan data dan menyelidiki tentang masalah yang terjadi di lokasi penelitian. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yakni penelitian yang berlangsung di lapangan yang dalam hal ini dilakukan di SMA Negeri 4 Kota Bima.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam hal pengolahan dan analisis data ini peneliti menggunakan analisis deskripsi kualitatif dengan model analisis non statistic. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran PAI lebih menekankan pada siswa agar lebih aktif didalam proses pembelajaran dan guru hanya menjadi fasilitator, Guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran dikelas menekankan pentingnya akan tujuan materi, kemandirian, dan aplikasi pada kehidupan sehari-hari. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran PAI dalam Kurikulum Merdeka Belajar Kelas X di SMA Negeri 4 Kota Bima sebagian besarnya masih menggunakan evaluasi pada kurikulum sebelumnyaReferences
Ahmad Syaifullah dan Imam Syafi'i. 2017. "Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama†Jurnal edacan. Vol. 01, No. 01.
Anis Marfuah, Febriza. 2019. Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sekolah Dan Perguruan Tinggi. : Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 3, No 2.
Direktoral Jendral Pendidikan Tinggi Kemendbud RI. 2020. Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Jakarta, Direktoral Jendral Pendidikan Tinggi RI.
Farhan Sifa Nugraha, Dahwadin. 2009. “Implementasi Kompetensi Sikap Spiritual Kurikulum 2013 Pada Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Jenjang Sekolah Menengah Aatas (SMA)â€. Jurnal Ta’dib: Pendidikan Agama Islam, Vol. 8 No 1.
Fitria Sofianti, M. Afrilianto. 2021. Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar Pada Siswa Smk Kelas X. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Vol. 4, No. 3.
Heri Setiawan, dkk. 2017. Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Keterampilan Di Sekolah Dasar dalam Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar, Malang, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Pendidikan Dasar dan Menengah.
Mimi Musmiroh Idris, Abas Asyafah. 2020. Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal kajian peradaban islam. Vol. 3, No. 1.
Moh. Miftahusroyudin. 2017. Implementasi Penilaian Sikap Pada Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Jurnal Diklat Keagamaan, Vol. 11, no. 1.
Najelaa Shihab. 2022. BukaTalks Ekosistem Pendidikan Merdeka dalam belajar, https://www.youtobe.com/watch?v=jTdiaGYwGnA.
Najela Shihab dan Komunitas Guru Belajar. 2020. Merdeka Belajar di Ruang Kelas, Tanggerang Selatan, Penerbit Literati.
Nugraheni Rachmawati, Arita Marini. 2022. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol. 6, No. 3.
Nurul Hidayati. 2017. Implementasi Evaluasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Smp. Tarbawi Vol. 2 No. 2.
Nyayu Khadijah. 2011. Reflektive Learning sebagai Pendekatan Alternatif dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam. 2011. ISLAMICA Vol. 6 No. 1.
Syamsul Arifin. 2021. Kebijakan Merdeka Belajar dan Implikasi Terhadap Pengembangan Desain Evaluasi Pembelajaran PAI Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, Vol. 7, No. 1.
Tatang Hidayat dan Abas Asyafah, 2019. "Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran pendidikan Agama Islam disekolah "Tadzkiyyah; Jumal pendidikan Islam Vol. 10. No. 1.
Ulva Nur Intan. 2021. Model Pembelajaran Cooperative Jigsaw- Lesson TravellerUntuk Meningkatkan Semangat Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa PAI. Vol. 1, No. 3.
Wini Mustikari. 2018. Kelemahan dan Keunggulan Implementasi Authentik Assesmen Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Geografi, Vol 18, No 2.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ