Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kemampuan Berkolaborasi dan Kreatifitas Belajar Siswa Kelas IV Di SDN Inpres Padende

Authors

  • Abdussahid Abdussahid Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima
  • Fuaddudin Fuaddudin Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima
  • Misnah Misnah Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima
  • Yuridin Yuridin Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v10i2.16828

Abstract

Pandemi Covid-19 adalah krisis kesehatan yang pertama dan terutama di dunia. Banyak hal yang belum pernah terjadi bisa terjadi pada pandemi covid-19. Misalnya penutupan bandara, penutupan sekolah, baik dari  jenjang sekolah dasar maupun perguruan tinggi penutupan tokoh, pemberlakuan WFH dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pandemi covid-19  terhadap kemampuan berkolaborasi dan kreatifitas belajatr siswa di SDN Inpres Padende dan kendala apasajakah yang di hadapin dalam pembelajaran daring selama pandemi covi-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Subjek penelitian ini di antarannya yaitu guru, siswa, dan orang tua siswa. Sumber data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP)  yang di buat oleh guru dalam proses pembelajaran  selama pandemi covid-19 di SDN Inpres Padende sudah memenuhi unsur dalam meningkatkan kemampuan kolaborasi dan kreatifitas belajar siswa, selanjutnya dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran oleh guru kelas IV SDN Inpres Padende sudah dapat meningkatkan kemampuan berkolaborasi dan kreatifitas belajar siswa selama pandemi covid-19. Kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran daring selama pandemi covid-19 di SDN Inpres Padende yaitu kurangnya minat belajar anak dan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru dalam pembelajaran  dan kurangnya strategi guru  dalam menyampaikan materi kepada orang tua siswa. Respon anak yang saya lihat saat proses pembelajaran daring berlangsung, terkadang merasa jenuh atau cepat bosan, dengan alasan malas belajar lewat HP karena tidak bisa bermain sama teman- temannya seperti di sekolah.

References

Agus Purwanto, “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasarâ€,Journal Of Education,No.1 Volume. 2 (2020).

Ahmad susanto. Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar, prenadamedia, (devisi kencana:2013).

Putri Rachmadyanti Dkk, Studi Fenomenologi Pengalaman Guru Dalam Mengembangkaketrampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19, Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, No.1 Volume. 6 Januari 2021.35

Monika Freshlini Patiyati Daur. Skripsi “Korelasi Antara Kesehatan Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Fisika Peserta Didikâ€(Yogyakarta Universitas Hanata Dharma Yogyakarta).

Idah Wahidah, Muhammad Andi Septiadi Dkk. Pandemi Covid-19: “Analisis Perencanaan Pemerintah Dan Masyarakat Dalam Berbagai Upaya Pencegahanâ€. Jurnal Manajemen Dan Organisasi Vol. 11 No. 3 Desember 2020.

Marjoan, Pengaruh Kolaborasi Orang Tua Dan Guru Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi.â€Tesis’, Universitas Islam Negeri Mataram, 2021,

Widiantiningrum Prasistayanti, IW Santyasa dan IWS Warpala “Pengaruh Desain E-Learning Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMK†Jurnal Teknologi Pendidikan ,Vol.7 No.2 2019

Momon Sudarma “Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif†(Jakarta : Rajagrafindo) 88. 88 2013

Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. 2016 Http//Kbbi.Kemdikbuk.Go.It (Di Akses Pada:22 April 2022, Pukul 11:22 Wita)

Putri Rachmadyanti Dkk, Studi Fenomenologi Pengalaman Guru Dalam Mengembangkaketrampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19, Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, No.1 Volume. 6 Januari 2021.35

Monika Freshlini Patiyati Daur. Skripsi “Korelasi Antara Kesehatan Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Fisika Peserta Didikâ€(Yogyakarta Universitas Hanata Dharma Yogyakarta).

Widiantiningrum Prasistayanti, IW Santyasa dan IWS Warpala “Pengaruh Desain E-Learning Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMK†Jurnal Teknologi Pendidikan ,Vol.7 No.2 2019

Oemar Hamalik, Kemampuan Belajar, Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2004, 21.

Semiawan, Conny,Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Anak Dini, Jakarta :

PT. Prehallindo, 2002, 25.

UNICEF, “COVID-19 Dan Anak-Anak Di Indonesia, Agenda Tindakan Untuk Mengatasi Tantangan Sosial Ekonomiâ€, (Jakarta: United Nations Children’s Fund, 2020)

Published

2021-12-15

Issue

Section

Editorials