Implementasi Metode Qiro’ati Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di MIS Sambinae Kota Bima
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v11i1.16660Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh Kurangnya minat dan motivasi siswa ini apabila ditelaah lebih lanjut melalui observasi awal ternyata disebabkan oleh beberapa faktor. Umumnya siswa mengatakan bahwa lemahnya kemampuan membaca Al-Qur’an terletak pada bahasa yang digunakan di dalam kitab suci Al-Qur’an adalah memahami makhorijul huruf dan tajwid. Siswa menganggap materi membaca Al-Qur’an lebih sulit dibandingkan dengan materi yang lain sehingga banyak yang kurang termotivasi untuk membaca Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengunpulan data berupa metode observasi, metode interview/wawancara, metode dokumentasi dan angket (kuesioner). Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui Implementasi dan efektifitas metode Qiro’ati dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca Al-Qur’an pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas V MIS Sambinae Kota Bima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Qiro’ati dapat meningkatkan kemampuan literasi membaca Al-Qur’an pada peserta didik. Dalam kegiatan ini tampak peserta didik sudah mampu membaca Al-Qur’an dengan baik serta memahami kandungan dari Al-Qur’an. Pembelajaran Al-Qur’an Hadits berjalan dengan baik dan meningkatkan kemampuan literasi membaca Al-Qur’an siswa. Pelaksanaan pembelajaran dengan metode Qiro’ati ini pada siklus II lebih baik daripada siklus I. Kekurangan pada siklus I telah diperbaiki pada siklus II, yaitu alokasi siwa dapat mengikakan belajar membaca Al-Qur’an dengan baik. Motode Qiro’ati ini sangat cocok dan efktiv sekali untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca Al-Qur’an bagi siswa kelas V di MIS Sambinae kota Bima.References
Ahmad Annuri, Panduan Hasin Tilawah Al-Qur’an Dan Ilmu Tajwid, Jakarta Timur: Pustaka Al-Kausar, 2014.
Ali Rahmadi, “Efektifitas Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Siswa SD IT Bunayya Medanâ€, Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2 (1), 2017.
Arikunto Suharsimi Dkk, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2012.
Sugiyono, Metode Penelitian Manejemen, Bandung: ALFBETA, 2014.
Rasikh Ar, “Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Di Madrasah Ibtidaiyah: Studi Multisitus Pada Min Model Sesela Dan Madrasah Ibtidaiyah At Tahzibâ€, Jurnal Penelitian Keislaman, 15 (1), 2019.
Rini Astuti, “Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’anâ€, Jurnal Pendidikan, 7 (1), 2013.
Rusman, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Bumi Aksara Grafindo Persada, 2011.
Supriandi, Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Pai Kelas X SMAN 1 Pinrangâ€, Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 19 (1), 2021.
Sutrisnoo Hadi, Metodelogi Research, Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada, 2019.
Sugono Dendy, Kamus Besar Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.
Sugiyoo, Metode Penelitian Manejemen, Bandung: ALFBETA, 2014.
Syafriyanto Eka, “Implementasi Pembelajaran Pendidikana Gama Islam Berwawasan Rekontruksi Sosialâ€, jurnal Pendidikan Islam, 6 (1), 2015.
Usman Ahmad, Mari Belajar Meneliti, Yokyakarta: Lengge Printika, 2008.
Ulfa Alimatul Ricka, “Implementasi Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Merandung Jayaâ€, Skripsi, Lampung: IAIN Metro, 2020.
Usman Nurdin, Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum,Grasindo, Jakarta: 2002.
Widayanti,Ani “Penelitian Tindakan Kelas, Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesiaâ€, VI (1), 2008.
Wijaya Kusumah, Dkk, Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT. Indeks, 2010.
Wulandari Mei Dinda, “Efektivitas Budaya Literasi Membaca Al-Qur’an Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Dan Minat Membaca Al-Qur’an Siswa Di SMP Negeri 1 Jogoroto Jombangâ€, Skripsi, Ponorogo: IAIN, 2021.
Zainal Aqib, dkk, Penelitian Tindakan Kelas Untuk SD, SLB, Dan TK, Bandung: Rama Widya, 2009.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ