Implementasi Metode Qiro’ati Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di MIS Sambinae Kota Bima

Authors

  • Abdussahid Abdussahid Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima
  • dewi masitha Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima
  • Umi Yati Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima
  • Shokhibul Arifin Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v11i1.16660

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh Kurangnya minat dan motivasi siswa ini apabila ditelaah lebih lanjut melalui observasi awal ternyata disebabkan oleh beberapa faktor. Umumnya siswa mengatakan bahwa lemahnya kemampuan membaca Al-Qur’an terletak pada bahasa yang digunakan di dalam kitab suci Al-Qur’an adalah memahami makhorijul huruf  dan tajwid. Siswa menganggap materi membaca Al-Qur’an lebih sulit dibandingkan dengan materi yang lain sehingga banyak yang kurang termotivasi untuk membaca Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengunpulan data berupa metode observasi, metode interview/wawancara,  metode dokumentasi dan angket (kuesioner). Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui Implementasi dan efektifitas metode Qiro’ati dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca Al-Qur’an pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas V MIS Sambinae Kota Bima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Qiro’ati dapat meningkatkan kemampuan literasi membaca Al-Qur’an pada peserta didik. Dalam kegiatan ini tampak peserta didik sudah mampu membaca Al-Qur’an dengan baik  serta memahami kandungan dari Al-Qur’an. Pembelajaran Al-Qur’an Hadits berjalan dengan baik dan meningkatkan kemampuan literasi membaca Al-Qur’an siswa. Pelaksanaan pembelajaran dengan metode Qiro’ati ini pada siklus II lebih baik daripada siklus I. Kekurangan pada siklus I telah diperbaiki pada siklus II, yaitu alokasi siwa dapat mengikakan belajar membaca Al-Qur’an dengan baik. Motode Qiro’ati ini sangat cocok dan efktiv sekali untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca Al-Qur’an bagi siswa kelas V di MIS Sambinae kota Bima.

References

Ahmad Annuri, Panduan Hasin Tilawah Al-Qur’an Dan Ilmu Tajwid, Jakarta Timur: Pustaka Al-Kausar, 2014.

Ali Rahmadi, “Efektifitas Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Siswa SD IT Bunayya Medanâ€, Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2 (1), 2017.

Arikunto Suharsimi Dkk, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2012.

Sugiyono, Metode Penelitian Manejemen, Bandung: ALFBETA, 2014.

Rasikh Ar, “Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Di Madrasah Ibtidaiyah: Studi Multisitus Pada Min Model Sesela Dan Madrasah Ibtidaiyah At Tahzibâ€, Jurnal Penelitian Keislaman, 15 (1), 2019.

Rini Astuti, “Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’anâ€, Jurnal Pendidikan, 7 (1), 2013.

Rusman, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Bumi Aksara Grafindo Persada, 2011.

Supriandi, Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Pai Kelas X SMAN 1 Pinrangâ€, Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 19 (1), 2021.

Sutrisnoo Hadi, Metodelogi Research, Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada, 2019.

Sugono Dendy, Kamus Besar Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.

Sugiyoo, Metode Penelitian Manejemen, Bandung: ALFBETA, 2014.

Syafriyanto Eka, “Implementasi Pembelajaran Pendidikana Gama Islam Berwawasan Rekontruksi Sosialâ€, jurnal Pendidikan Islam, 6 (1), 2015.

Usman Ahmad, Mari Belajar Meneliti, Yokyakarta: Lengge Printika, 2008.

Ulfa Alimatul Ricka, “Implementasi Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Merandung Jayaâ€, Skripsi, Lampung: IAIN Metro, 2020.

Usman Nurdin, Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum,Grasindo, Jakarta: 2002.

Widayanti,Ani “Penelitian Tindakan Kelas, Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesiaâ€, VI (1), 2008.

Wijaya Kusumah, Dkk, Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT. Indeks, 2010.

Wulandari Mei Dinda, “Efektivitas Budaya Literasi Membaca Al-Qur’an Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Dan Minat Membaca Al-Qur’an Siswa Di SMP Negeri 1 Jogoroto Jombangâ€, Skripsi, Ponorogo: IAIN, 2021.

Zainal Aqib, dkk, Penelitian Tindakan Kelas Untuk SD, SLB, Dan TK, Bandung: Rama Widya, 2009.

Published

2022-04-04

Issue

Section

Editorials