Peranan Sekolah Kawasan Berbasis Sistem Zonasi Dalam Pembentukan Karakter Di SMP Negeri 15 Kedung Cowek Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v7i1.1636Abstract
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana prosedur peneriman siswa
disekolah kawasan berbasis zonasi di SMP Negeri 15 Kedung Cowek Kenjeran
Surabaya, implementasi pendidikan karakter di SMP Negeri 15 Kedung Cowek
Kenjeran Surabaya, dan peranan sekolah kawasan berbasis sistem zonasi dalam
pembentukkan karakter siswa di SMP Negeri 15 Kedung Cowek Kenjeran Surabaya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Untuk mengetahui
implementasi pendidikan karakter di SMP Negeri 15 Kedung Cowek Kenjeran
Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif.
implementasi pendidikan karakter dan peranan sekolah kawasan berbasis sistem
zonasi dalam pembentukan karakter siswa SMP Negeri 15 Kedung Cowek Kenjeran
Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode, wawancara, observasi dan
dokumentasi. Dalam menganalisis data digunakan tiga alur dari Miles yaitu reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerimaan PPDB di SMPN 15 belum maksimal, implementasi di SMPN 15
memiliki 5 metode yaitu mengajarkan, keteladanan, menentukan prioritas, praktis
dan refleksi dan Peranan guru dalam mendidik peserta didik menjadi insan yang
berkarakter baik sangat dibutuhkan. Penggunaan metode yang bervariasi dalam
menciptakan suasana belajar agar tidak membosankan untuk menarik minat peserta
didik serta mendekatkan diri kepada peserta didik memudahkan diri kepada peserta
didik memudahkan para guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter baik.
Kata Kunci : Sekolah Kawasan Berbasis Sistem Zonasi
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ