Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Ibadah Shalat Fardhu Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Surabaya

Authors

  • Amirul Mahmudy Faculty Of Islamic Studies, Muhammadiyah Surabaya University
  • M. Bakhruddin

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v7i1.1631

Abstract

Abstrak
Keluarga adalah lingkungan pertama bagi anak untuk menerima
pendidikan dari orang tua. Dalam hal ini peran orang tua sangat penting untuk
perkembangan pedndidikan keagamaan bagi anak. Termasuk dalam pola asuh
yang diterapkan orang tua. Karena dalam pola asuh akan membentk karakter dan
watak anak yang berbeda-beda.
Ibadah shalat fardhu merupakan sarana yang sangat penting untuk
mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan melaksanakan ibadah shalat fardhu
maka hati akan menjadi tenang dan bahagia sehingga manusia akan terhindar dari
perbuatan tercela. Oleh karena itu dalam membimbing dan mendidik anak orang
tua wajib memberikan bimbingan menanamkan ibadah kepada anak sejak kecil
hingga tercipta kemandirian anak dalam beribadah sejak kecil pula.
Dengan adanya hal tersebut, maka penulis mengadakan penelitian untuk
mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian ibadah shalat
fardhu siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 6 Surabaya. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, interview, kuisioner dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah bahwa
Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian ibadah shalat fardhu siswa
kelas VII di SMP Muhammadiyah 6 Surabaya sangat kuat dengan taraf signifikasi
5 % adalah 0,344 atau 1 % adalah 0,442 , karena pola asuh adalah bagian dari
pembentukan karakter dan kemandirian anak yang diterapkan oleh orang tua
terhadap anak sejak kecil.

Kata Kunci : Pola Asuh dan Kemandirian Ibadah

Published

2018-06-04

Issue

Section

Editorials