ISLAM DI MADINAH MASA RASULULLAH SAW.

Authors

  • Evi Nur Hidayah Pascasarjana UIN Suska Riau

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v11i1.15218

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kembali gambaran metode, pendekatan, lembaga dan strategi Rasulullah Saw dalam melahirkan pengejawantahan proses pendidikan Islam. Penelitian deskriptif kualitatif bersumberkan tinjauan literatur dengan membaca dan mempelajari bahan teoritis dari sumber yang berhubungan dengan penelitian. Dengan eksistensinya Rasulullah Saw maka terjadilah perubahan, perubahan yang terjadi bukan hanya pada perilaku manusia melainkan pada cara pandang dan sistem pendidikan yang dibawa oleh Rasulullah Saw. Pelaksanaan pendidikan pada masa Rasulullah Saw berdasarkan petunjuk dan bimbingan langsung dari Allah SWT. Pendidikan di Mekah menggarisbawahi pada pembinaan akidah, akhlak serta tauhid kepada masyarakat Arab, sedangkan pendidikan di Madinah lebih menggarisbawahi pada pembinaan sosial dan politik. Dengan impian figur  pendidikan pada masa Rasulullah Saw sebagai penanggulangan  untuk menghadapi pendidikan Islam dimasa kini.

References

Adz-Dzahabi, Tarikh al-Isla m , dalam al-Maktabah asy-Syamilah , juz I

Al-Abrasyi Athiyah Muhammad, Dasar-dasar pokok Pendidikan, alih bahasa Bustami A. Ghani dan Djohan Bahri, Jakarta: Bulan Bintang, 1970.

Al-Harbiy ‘Āyidh SÄlim , At-Tarbiyatu FÄ« ‘Ahdi Ar- Rasulul Shallallah ‘Alaihi Wa Sallam Nasy AtuhÄ Wa TuthawwuruhÄ., 120.

Arief Armai, Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam Klasik, Bandung: Penerbit Angkasa, 2010.

Haikal Husein Muhammad , Hayah Muhammad, Kairo: Dar al- Ma‘arif, 1993.

H.A.R. Gibb,. Shorter Enceyclopaedia of Islam, Leiden. 1953

Hitti K Philip. History Of Arabs, Terj Cecep Lukman Yasin dan Dedi Slamet Riyadi, Jakarta: Serambi Ilmu Semesta, 2005.

Nata Abuddin, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2011.

Nata Abuddin, Pendidikan Islam Perspektif Hadits, Ciputat, UIN Jakarta Press, 2005.

Nata Abuddin, Pendidikan Islam Perspektif Hadits, Ciputat, UIN Jakarta Press, 2004

Pulungan Suyuthi J., Prinsip-prinsip Pemerintahan Dalam Piagam Madinah Ditinjau dari Pandangan Al-Qur'an, Jakarta: PT. Grafindo Persada, 1996.

Published

2022-03-14

Issue

Section

Editorials