ISLAM DI MADINAH MASA RASULULLAH SAW.
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v11i1.15218Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kembali gambaran metode, pendekatan, lembaga dan strategi Rasulullah Saw dalam melahirkan pengejawantahan proses pendidikan Islam. Penelitian deskriptif kualitatif bersumberkan tinjauan literatur dengan membaca dan mempelajari bahan teoritis dari sumber yang berhubungan dengan penelitian. Dengan eksistensinya Rasulullah Saw maka terjadilah perubahan, perubahan yang terjadi bukan hanya pada perilaku manusia melainkan pada cara pandang dan sistem pendidikan yang dibawa oleh Rasulullah Saw. Pelaksanaan pendidikan pada masa Rasulullah Saw berdasarkan petunjuk dan bimbingan langsung dari Allah SWT. Pendidikan di Mekah menggarisbawahi pada pembinaan akidah, akhlak serta tauhid kepada masyarakat Arab, sedangkan pendidikan di Madinah lebih menggarisbawahi pada pembinaan sosial dan politik. Dengan impian figur  pendidikan pada masa Rasulullah Saw sebagai penanggulangan  untuk menghadapi pendidikan Islam dimasa kini.
References
Adz-Dzahabi, Tarikh al-Isla m , dalam al-Maktabah asy-Syamilah , juz I
Al-Abrasyi Athiyah Muhammad, Dasar-dasar pokok Pendidikan, alih bahasa Bustami A. Ghani dan Djohan Bahri, Jakarta: Bulan Bintang, 1970.
Al-Harbiy ‘Āyidh SÄlim , At-Tarbiyatu FÄ« ‘Ahdi Ar- Rasulul Shallallah ‘Alaihi Wa Sallam Nasy AtuhÄ Wa TuthawwuruhÄ., 120.
Arief Armai, Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam Klasik, Bandung: Penerbit Angkasa, 2010.
Haikal Husein Muhammad , Hayah Muhammad, Kairo: Dar al- Ma‘arif, 1993.
H.A.R. Gibb,. Shorter Enceyclopaedia of Islam, Leiden. 1953
Hitti K Philip. History Of Arabs, Terj Cecep Lukman Yasin dan Dedi Slamet Riyadi, Jakarta: Serambi Ilmu Semesta, 2005.
Nata Abuddin, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2011.
Nata Abuddin, Pendidikan Islam Perspektif Hadits, Ciputat, UIN Jakarta Press, 2005.
Nata Abuddin, Pendidikan Islam Perspektif Hadits, Ciputat, UIN Jakarta Press, 2004
Pulungan Suyuthi J., Prinsip-prinsip Pemerintahan Dalam Piagam Madinah Ditinjau dari Pandangan Al-Qur'an, Jakarta: PT. Grafindo Persada, 1996.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ