TEORI KOGNITIF DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN

Authors

  • Shokhibul Arifin

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v10i2.14826

Abstract

Belajar menurut teori kognitif pada dasarnya adalah peristiwa mental, suatu proses usaha yang melibatkan aktifitas mental sebagai akibat dari proses interaksi aktif dengan lingkungannya untuk memperoleh pengetahuan, pemahaman, tingkah laku, keterampilan nilai sikap. Berbagai teori belajar berdasarkan aliran kognitif ini diantaranya adalah teori pemrosesan informasi, teori perkembangan Piaget, teori penemuan Bruner, teori belajar bermakna ausubel. Karena teori kognitif mendukung keterlibatan aktif pelajar, penetapan tujuan, perencanaan, dan pemantauan diri adalah strategi yang harus didorong. Pendidik harus merencanakan cara bagi peserta didik untuk menerima umpan balik yang cepat atas upaya mereka sehingga peserta didik dapat lebih efektif merencanakan ke depan untuk situasi belajar di masa depan

References

Anwar, Chairul. Buku Terlengkap Teori-Teori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer. IRCiSoD, 2017.

Badyal, Dinesh K, and Tejinder Singh. “Learning Theories: The Basics to Learn in Medical Education.†International Journal of Applied and Basic Medical Research 7, no. Suppl 1 (2017): S1.

Budiningsih, C Asri. “Belajar Dan Pembelajaran,†2012.

Cherry, Kendra. “Piaget’s 4 Stages of Cognitive Development Explained,†2022. https://www.verywellmind.com/piagets-stages-of-cognitive-development-2795457#citation-3.

Donald, D, S Lazarus, and N Moolla. Educational Psychology in Social Context: Ecosystemic Applications in Southern Africa. Oxford University Press Southern Africa, 2014.

Ibda, Fatimah. “Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget.†Intelektualita 3, no. 1 (2015).

Lefa, Baken. “THE PIAGET THEORY OF COGNITIVE DEVELOPMENT :AN EDUCATIONAL IMPLICATIONS.†Educational Psychology 1 (2014): 9.

Malik, Fatima, and Raman Marwaha. “Cognitive Development.†In StatPearls [Internet]. StatPearls Publishing, 2021.

Michela, Esther. “Cognitivism,†2022. https://edtechbooks.org/studentguide/cognitivism.

Muhadjir, Noeng. “Metodologi Penelitian Kualitatif,†1996.

Muhaimin, Nur Ali, Suti’ah, and Siti Lailan Azizah. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Remaja Rosdakarya, 2001.

Nuryati, Nuryati, and Darsinah Darsinah. “Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.†Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 3, no. 2 (2021): 153–62. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1186.

Schunk, Dale H. Learning Theories an Educational Perspective Sixth Edition. Pearson, 2012.

Shuell, Thomas J. “Cognitive Conceptions of Learning.†Review of Educational Research 56, no. 4 (1986): 411–36. https://doi.org/10.3102/00346543056004411.

Sukmadinata, Nana Syaodih. “Landasan Psikologi Proses Pendidikan,†2019.

Syah, Muhibbin. “Psikologi Belajar,†2013.

Trianto. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik : Konsep, Landasan Teoritis-Praktis Dan Implementasinya. 5th ed. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2011.

Warsita, Bambang. “Teknologi Pembelajaran Landasan Dan Aplikasinya,†2008.

Winkel, W S. Psikologi Pendidikan Dan Evaluasi Belajar. Gramedia, 1983.

Winn, William. “Some Implications of Cognitive Theory for Instructional Design.†Instructional Science 19, no. 1 (1990): 53–69.

Woolfolk, Anita. Educational Psychology. Pearson, 2017.

Wortham, Stanton. “Learning in Education.†GSE Publications, 2003, 82.

Zed, Mestika. Metode Peneletian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia, 2004.

Published

2021-09-10

Issue

Section

Editorials