Paradigma Tradisonalism, Modernism, Postmodernism Dalam PAI
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v10i2.14411Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengkaji metodologi pendidikan agama Islam yang mengalami pergeseran yang cukup signifikan, khususnya pada sekitar paruh abad ke-20. Penyebabnya adalah bahwa Islam dikaji oleh muslim (insider) atau non-muslim (outsider) khususnya orientalis yang sedikit banyak dipengaruhi secara sosiologis oleh cara pandang dan pengalaman manusia barat serta secara saintifik oleh perkembangan metodologi penelitian dalam ilmu-ilmu sosial di barat. Metodologi orientalis tersebut perlahan mempengaruhi metodologi studi Islam. Hal ini memunculkan timbulnya kecenderungan di kalangan cendekiawan muslim untuk belajar kepada orientalis di barat, atau membanjirnya buku-buku orientalis sebagai alternatif bacaan cendekiawan muslim. Dalam situasi ini Islam dengan pendekatan tradisional sudah tercampur bahkan tersaingi oleh pendekatan orientalis. Hal tersebut membutuhkan pemetaan terhadap studi Islam yang dilakukan oleh muslim (insider) atau non-muslim (outsider). Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kepustakaan atau library research, dalam merumuskan permasalahan. Adapun karya tulis ini membahas tentang paradigma tradisionalism, modernism dan postmodernism dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) dari ulumuddin ke dirasah Islamiyah, sampai kajian multidisipliner.ÂReferences
Abdullah, M. Amin, Mempertautkan Ulum Al-Diin, Al-Fikr Al-Islamiy Dan Dirasat Islamiyyah: Sumbangan Keilmuan Islam Untuk Peradaban Global. Yogyakarta. 2008
Al-Suyuthi, Jalaludin, Al-Jami’ al-Shoghir fii ahadits al-Basyir al-Nadzir,
Surabaya: Al Hidayah, tt
An-Nahlawi, Abdurrahman, Ushûlu Tarbiyah al-Islâmiyah wa Asâlîbiha; fî alBait wa al-Madrasah wa al-Mujtam’a. Damsyiq: Darul Fikr, 1996
Arkoun Mohammad, Al. Fikr al Islam: al--Naqd wa Ijtihad, tetj. Hasyim Salih,
Beirut: Dar al--Saqi. 1992
,. Tarikhiyyah al-Fikr al-Islamiy, Beirut: Markaz al-Inma al-Qaumiy, 1986
Asrori, Rusman. Filsafat Pendidikan Islam: Sebuah Pendekatan Filsafat Islam Klasik. Malang: Pustaka Learning Center, 2020
Asrori, Education Implementation Through Tahfidzul Qur’an Teaching in SMPIT Ar Rayyan Surabaya. Studia Religia: Pemikiran dan Pendidikan Islam. 2, 2, (2018), 189-199. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Studia/article/view/2398
El-Fadl, Khaleed Abou, The Great Theft: Wrestling Islam from the Extremists, New York: Harpercollins Publishers, 2005
Hadi, Abd., et al. “Penelitan Kualitatif: Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi.†CV.Pena Persada, 2021.
Hanafi, Hassan. Islamologi: Dari Teologi Statis ke Anarkis, Yogyakarta: LkiS, 2003
Kemenag, Al-Qur’an dan Tafsirnya Hijaz The Practice, Bandung: Syaamil
Qur’an, 2013
Mahsun, Fundamentalisme Muhammadiyah, Surabaya: Perwira Media Nusantara (PMN). 2013
Mu’ammar, M. Arfan dkk, Studi Islam Kontemporer Perspektif Insider / Outsider, Yogyakarta: IRCiSoD, 2020
Moloeng, L. J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Rahman, Fazlur, Islamic Methodology in History, Karachi: Central Institute of Islamic Research, 1965
Ruslan, R. Metode Penelitian Public Relations Dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004.
Saeed, Abdullah. Islamic Thought: An Introduction, London: Routledge, 2006
Susari, Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Multikultural, Tangerang Selatan; Young Progesive Muslim, 2012
Tafsir, A. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2000
Tanzeh, A. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras, 2011.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ