Pendidikan Karakter Muhammadiyah Studi MI Muhammadiyah 25 Pekuwon, Bojonegoro

Authors

  • Imtihanantul Ma’isyatuts Tsalitsah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Romelah Romelah

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v10i2.12892

Abstract

Abstrak

Peneltian ini memberikan gambaran tentang pendidikan karakter dalam konsep pendidikan muhammadiyah yang dilakukan di MI Muhammadiyah 25 Pekuwon Bojonegoro. KH. Ahmad Dahlan sebagai pelopor dan konsep pendidikan Muhammadiyah dengan menerapkan konsep pendidikan holistik yakni memadukan pendidikan umum dan agama dalam satu kurikulum. Konsep pendidikan ini diharapkan mampu mengembangkan kemampuna peserta didik baik kognitif dan spiritual. Pendidikan Karakter yang dilakukan juga dalam rangka membentuk umat Islam yang berakhlak mulia, memiliki wawasan yang luas dan memahami masalah duniawi serta mampu menjawab tantangan zaman yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Konsep pendidikan muhammadiyah direalisasikan dengan mengacu pada empat hal yang harus saling berkaitan, yaitu sekolah, keluarga, masyarakat dan masjid.

Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan sumber informasi, observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif. Hasil analisis yang dilakukan mengungkapbahwa pendidikan muhammadiyah belumm terintegrasi dengan keluarga, perlu peningkatan perpaduan lingkungan sekolah denga keluarga, antara pendidik dan wali siswa masih merepresentasikan sekolah sebagai pusat pendidikan dan belum ada kesinambungan antara sekolah dengan keluarga. Sehingga perlu adanya pemahaman yang sama terkait pendidikan baik di sekolah dan rumah sama-sama sebagai pusat pendidikan yang tidak bisa terpisahkan.

Kata kunci : Pendidikan, Muhammadiyah, Holistik

References

Asrori. Inovasi Belajar & Pembelajaran PAI (Inovatif dan Aplikatif). Surabaya: UMSurabaya, 2019 http://repository.um-surabaya.ac.id/4629/1/inovasi_pak_asror.pdf

Asrori & Rusman. Filsafat Pendidikan Islam: Pedekatan Filsafat Islam Klasik. Malang: Pustaka Learning Center, 2020.

Hadi, A., Asrori, A., & Rusman, R. Penelitian Kualitatif: Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. Banyumas: Cv. Pena Persada, 2021.

Hendriana, Evinna Cinda, And Arnold Jacobus. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan.†Jpdi (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) 1, No. 2 (October 31, 2017): 25.

Indrawan, Irjus. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam.†Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban 2, No. 1 (December 27, 2016).

Kurniawan, Machful Indra. “Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar.†Pedagogia : Jurnal Pendidikan 4, No. 1 (February 28, 2015): 41–49.

Mawardi, Imam. “Pendidikan Agama Islam (Pai) Dan Karakteristiknya.†Jurnal Ilmu Tarbiyah 2, No. 2 (2013).

Ngamilah, Ngamilah. “Model Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Implementasi Kurikulum 2013 Pada Lembaga Pendidikan Yang Dikelola Oleh Yayasan Islam Kota Salatiga.†Inferensi: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 12, No. 2 (January 31, 2019): 481–505.

Nuryana, Zalik, Indah Nurcahyati, Arif Rahman, Farid Setiawan, And Dani Fadillah. “The Challenges And Solutions Of Teachers’ Problems To Achieve Education Golden Era.†Universal Journal Of Educational Research 8, No. 2 (2020).

Salim, Arhanuddin. “Paradigma Kritis-Konstruktif:Ijtihad Pengembangan Paradigma Pendidikan Islam Muhammadiyah Dan Nahdatul Ulama.†Journal Of Islamic Education Policy 2, No. 2 (December 30, 2017).

Tantowi, Tito Restu, And Hendro Widodo. “Implementasi Pendidikan Karakter Pada Kurikulum Ismuba Sd Muhammadiyah Kalisoka Sentolo Kulonprogo Diy.†Muaddib : Studi Kependidikan Dan Keislaman 1, No. 1 (April 24, 2019): 54.

Wuryandani, Wuri, Fathurrohman Fathurrohman, And Unik Ambarwati. “Implementasi Pendidikan Karakter Kemandirian Di Muhammadiyah Boarding School.†Jurnal Cakrawala Pendidikan 15, No. 2 (June 29, 2016)

Published

2021-11-09

Issue

Section

Editorials