Studi Kebijakan Pendidikan Agama Islam Pada Lembaga Pendidikan di Indonesia

Authors

  • Nurul Humaidi Universitas Muhammadiyah Malng
  • Agus Tinus Universitas Muhammadiyah Malang
  • Asrori Asrori Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v10i2.12194

Keywords:

Studi, Kebijakan, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah tentang studi kebijakan pendidikan agama Islam pada lembaga pendidikan di Indonesia dengan lingkup Pertama studi kebijakan pendidikan Agama Islam Masa orde lama, kedua studi kebijakan pendidikan agama Islam pada masa orde baru, ketiga studi kebijakan pendidikan agama Islam pada masa reformasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Kebijakan-kebijakan pendidikan selalu berbanding lurus dengan kebutuhan Negara, atau paling tidak kebutuhan Penguasa. Zaman Kolonial Belanda dan Jepang, pendidikan diarahkan pada pemenuhan kebutuhan mereka. Pada masa kemerdekaan, Orde Lama, Orde Baru, Era Reformasi menyesuaikan kebutuhan Penguasa yang melandaskan pada penafsiran terhadap pengamalan Pancasila. Sekalipun demikian, keberpihakan kebijakan pembelajaran pendidikan agama Islam semakin mendekati kesempurnaan. Hak-hak belajar dan mendalami ilmu agama difasilitasi oleh Negara   

References

Abdullah Idi. Pengembangan Kurikulum: Teori & Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016.

Abdur Rahman Mas’ud & A.Salim Ruhana. Kompilasi Kebijakan Dan Peraturan Perundang-Undangan Kerukunan Umat Beragama. 11th ed. Jakarta: Puslitbang Kehidupan Keagamaan, 2009.

Asrori & Rusman. Filsafat Pendidikan Islam: Pedekatan Filsafat Islam Klasik. Malang: Pustaka Learning Center, 2020.

Dewan Perwakilan Rakyat. Undang–Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003, Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Permata Press, 2013.

Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama. “Sejarah Pendidikan Islam Dan Organisasi Ditjen Pendidikan Islam, Dalam Pendis.†Accessed April 20, 1BC. pendis.kemenag.go.id/index.php?sejarah pendidikan Islam dan organisasi ditjen pendidikan Islam.

Feisal, Yusuf Amir. Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Gema Insani Press, 1995.

FIP-UPI, Tim Pengembang Ilmu Pendidikan. Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan: Bagian 2 Ilmu Pendidikan Praktis. Bandung: Imperial Bhakti Utama, 2007.

H.A.R. Tilaar. Manifesto Pendidikan Nasional, Tinjauan Dari Perspektif Postmodernisme Dan Studi Kultural. Jakarta: Kompas, 2005.

Huberman, Miles dan. Analisis Data Kualitatif. Edited by Tjetjep Rohedi Rosidi. Jakarta: Universitas Indonesia, 1994.

Ma’afi, Rif’at Husnul. “Islam Di Indonesia Pasca Kemerdekaan Hingga Demokrasi Terpimpin.†Al-Daulah 3 (2013).

Mahsun Fuad. Hukum Islam Indonesia: Dari Nalar Partisipatoris Hingga Emansipatoris. Yogyakarta: LKiS, 2005.

Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara. “Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara Republik Indonesia Nomor XXVII/MPRS/1966 Tentang Agama, Pendidikan, Dan Kebudayaan.†Accessed March 27, 2020. www.tatanusa.go.id/tapmpr/66TAPMPRS.

Menteri Agama dan Menteri P dan K. “Keputusan Bersama Menteri Agama Dan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Tentang Translitasi Arab-Latin,†n.d. repository.uii.ac.id/.../SK/uii-Transliterasi Arab-Latin.

Menteri Pendidikan Pengajaran & Kebudayaan. Penjelasan Umum Atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1954 Tentang Pernyataan Berlakunya Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1950 Dari Republik Indonesia Dahulu Tentang Dasar-Dasar Pendidikan Republik Indonesia Dahulu Tentang Dasar-Dasar Pendidikan. Yogyakarta: Menteri PP & K, 1950.

Nasional, Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan. Sejarah Pusat Kurikulum. Jakarta: Balitbang Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Negara, Menteri Sekretariat. Penetapan Presiden Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 1965 Tentang Pokok-Pokok Sistem Pendidikan Nasional Pancasila: Lembaran Negara Republik Indonesia. Jakarta: Menteri Sekretaris Negara, 1965.

Rakyat, Majelis Permusyawaratan. Panduan Pemasyarakatan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Jakarta: Sekretariat Jenderal MPR RI, 2006.

Roberts, Keith A. Religion in Sociological Perspective. 5th ed. USA: SAGE Publications, Inc, 2012.

Saleh, Abdul Rahman. Madrasah Dan Pendidikan Anak Bangsa, Visi, Misi Dan Aksi. Jakarta: Grafindo Persada, 2004.

Sekretaris Negara Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional & Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan . Jakarta: Visimedia, 2007.

Shaleh, Abdul Rachman. Pendidikan Agama Dan Keagamaan. Jakarta: Gema Windu Panca Perkasa, 2000.

Singgih, Emmanuel Gerrit. Iman Dan Politik Dalam Era Reformasi Di Indonesia. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2000.

Sutedjo, Muwardi. Kapita Selekta Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Dirjen Binbaga Islam dan Univesitas Terbuka, 1992.

Syamsuddin Lubis (ed). Desentralisasi Dan Otonomi Daerah: Desentralisasi, Demokratisasi, Dan Akuntabilitas Pemerintah Daerah. Jakarta: LIPI Press, 2007.

Tilaar, H.A.R. Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Published

2021-11-25

Issue

Section

Editorials