Pengembangan Organisasi Keagamaan Islam

Authors

  • Nisa Nurrohmah Sunan Kalijaga University
  • Tasman Hamami Sunan Kalijaga university

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v11i1.11452

Keywords:

Model Organisasi, Desain, Kurikulum, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Selama ini terdapat permasalahan dengan kurikulum pendidikan Agama Islam Islam di sekolah, karena hingga kini kurikulum tersebut belum berfungsi efektif. Di antara problem kurikulum tersebut adalah adanya kesenjangan antara pemahaman kognitif anak didik tentang pendidikan agama Islam dengan tingkah laku dan sikap mereka dalam kehidupan dan kegiatan sehari-hari. Masalah ini tidak terlepas dari model organisasi pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan menelaah model pengembangan organisasi kurikulum pendidikan agama Islam. Penelitian ini memanfaatkan metode kualitatif dengan analisis reflektif. Penelitian ini mengidentifikasi model-model pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam dan mengungkapkan bahwa pengembangan kurikulum terintegrasi (Integrated Curriculum) dan model kurikulum aktifitas (Activity Curriculum) merupakan alternatif model pengembangan kurikulum yang dapat menghasilkan lulusan kemampuan peserta didik secara utuh.

 

References

Abdullah Idi. 1999, Pengembangan Kurikulum. Jakarta: GMP

Achadah Alif, 2020, Model Inovasi Pengembangan Kurikulum PAI untuk Revolusi Industri 4.0, KEMUDI; Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, Vol, 2 No 1,

Agus Munir Muhammad, 2018, Desain Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMA (Pembentukan Kurikulum Wacana Berbasis Tauhid Sosial), jurnal; el-HiKMAH, Vol. 12. tidak. 1

Aprilia Wahyu, 2020, Organisasi dan Desain Pengembangan Kurikulum, Jurnal Ilmu Islam dan Pendidikan, Volume 2, Nomor 2,

Arief Amirullah Yoespie dan Tasman Hamami, 2020, Organisasi dan Desain Pengembangan Pendidikan Agama Islam di Indonesia, Majalah At-Ta'dib. penuh. 15. no. 1,

Arifin Zainal, 2011, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Arikunto Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Rineka Cipta,

Daradjat, Zakiyah dkk, 2011, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara,)

Fuad Zakki, 2020, Ilmu Pendidikan Islam, ( Surabaya : FTK UINSA,)

Hamalik Oemar, 2015, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara

Hatim Muhammad, 2018, Kurikulum Pendidikan Agama islam di Sekolah Umum, Jurnal el-HIKAM, Vol. 12, No. 02,

IKAPI DKI Jaya, 2004, Metode Penelitian Kepustakaan (Mestika Zed), Jakarta: Yayasan Obor Indonesia,

Irham Fahmi, 2014, Perilaku Organisasi Teori, Aplikasi dan Kasus, Penerbit ALFABETA Bandung

Irsad Muhammad, 2016, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah (Studi atas pemikiran Muhaimin), jurnal; Iqra’, Vol 2, No 1,

Listiana Heni, 2016, Pengembangan Kurikulum, Surabaya: Penerbit IMTIYAZ september

Muhaimin, 1991, Konsep Pendidikan Islam. Solo: Ramadhani

Mulyasa, 2013, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

M. Thalib Razali & Siswanto Irman, 2015, Inovasi Kurikulum dalam Pendidikan (Suatu Analisis Implementatif), jurnal Edukasi, Vol 1, No 2,

Nasution, 1995, Asas-Asas Kurikulum Jakarta: Bumi Aksara

Noviatul Zahra Dwi, 2019, Development of Islamic Education Curriculum Model Curriculum 2013 (K13), Al-Hayat journal Of Islamic education (AJIE), Volome 3, issue 1,

Nurmadiah, 2014, Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Purwakarta. Al-Afkar, Journal of Islamic Studies, Vol. III, No. 2.,

Nurlaeli Acep, 2020, Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Madrasah Dalam Menghadapi Era Melinial, jurnal Wahana Karya Ilmiah_Pascasarjana Unsika, Vol 4,

Nurcholiq Muhammad, 2019, Desain Pengembangan Kurikulum Madrasah Aliyah Unggulan di Era Revolusi Industri 4.0, jurnal PIWULANG Vol 1, No 2,

Permendiknas No. 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan.

Riszi Pradika Ayu Ratih, 2020, Kebijakan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia, Jurnal; Pendidikan Agama Islam, Vol. 07, No. 01

Shaleh Rachman, Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar, Jakarta: Bulan Bintang

Sholikah, 2020, Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. KUTTAB, 1(2)

Sugiana Aset, 2018, Proses Pengembangan Organisasi Kurikulum di Indonesia, jurnal el-HIKMAH, Vol, 12, No 1,

Sugiana Aset, 2018, Proses Pengembangan Organisasi Kurikulum Dalam Meningkatkan Pendidikan di Indonesia, jurnal; Pendagodik, Vol, 5, No, 2,

Sukiman, 2013, Pengembangan Kurikulum: Teori Dan Praktik Pada Perpendidikan Tinggi (Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kependidikan UIN Sunan Kalijaga,)

Usman dan Jamaludin, 2014, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Published

2022-11-26

Issue

Section

Editorials