Pengembangan Organisasi Keagamaan Islam
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v11i1.11452Keywords:
Model Organisasi, Desain, Kurikulum, Pendidikan Agama IslamAbstract
Selama ini terdapat permasalahan dengan kurikulum pendidikan Agama Islam Islam di sekolah, karena hingga kini kurikulum tersebut belum berfungsi efektif. Di antara problem kurikulum tersebut adalah adanya kesenjangan antara pemahaman kognitif anak didik tentang pendidikan agama Islam dengan tingkah laku dan sikap mereka dalam kehidupan dan kegiatan sehari-hari. Masalah ini tidak terlepas dari model organisasi pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan menelaah model pengembangan organisasi kurikulum pendidikan agama Islam. Penelitian ini memanfaatkan metode kualitatif dengan analisis reflektif. Penelitian ini mengidentifikasi model-model pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam dan mengungkapkan bahwa pengembangan kurikulum terintegrasi (Integrated Curriculum) dan model kurikulum aktifitas (Activity Curriculum) merupakan alternatif model pengembangan kurikulum yang dapat menghasilkan lulusan kemampuan peserta didik secara utuh.
ÂReferences
Abdullah Idi. 1999, Pengembangan Kurikulum. Jakarta: GMP
Achadah Alif, 2020, Model Inovasi Pengembangan Kurikulum PAI untuk Revolusi Industri 4.0, KEMUDI; Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, Vol, 2 No 1,
Agus Munir Muhammad, 2018, Desain Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMA (Pembentukan Kurikulum Wacana Berbasis Tauhid Sosial), jurnal; el-HiKMAH, Vol. 12. tidak. 1
Aprilia Wahyu, 2020, Organisasi dan Desain Pengembangan Kurikulum, Jurnal Ilmu Islam dan Pendidikan, Volume 2, Nomor 2,
Arief Amirullah Yoespie dan Tasman Hamami, 2020, Organisasi dan Desain Pengembangan Pendidikan Agama Islam di Indonesia, Majalah At-Ta'dib. penuh. 15. no. 1,
Arifin Zainal, 2011, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Arikunto Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Rineka Cipta,
Daradjat, Zakiyah dkk, 2011, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara,)
Fuad Zakki, 2020, Ilmu Pendidikan Islam, ( Surabaya : FTK UINSA,)
Hamalik Oemar, 2015, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara
Hatim Muhammad, 2018, Kurikulum Pendidikan Agama islam di Sekolah Umum, Jurnal el-HIKAM, Vol. 12, No. 02,
IKAPI DKI Jaya, 2004, Metode Penelitian Kepustakaan (Mestika Zed), Jakarta: Yayasan Obor Indonesia,
Irham Fahmi, 2014, Perilaku Organisasi Teori, Aplikasi dan Kasus, Penerbit ALFABETA Bandung
Irsad Muhammad, 2016, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah (Studi atas pemikiran Muhaimin), jurnal; Iqra’, Vol 2, No 1,
Listiana Heni, 2016, Pengembangan Kurikulum, Surabaya: Penerbit IMTIYAZ september
Muhaimin, 1991, Konsep Pendidikan Islam. Solo: Ramadhani
Mulyasa, 2013, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
M. Thalib Razali & Siswanto Irman, 2015, Inovasi Kurikulum dalam Pendidikan (Suatu Analisis Implementatif), jurnal Edukasi, Vol 1, No 2,
Nasution, 1995, Asas-Asas Kurikulum Jakarta: Bumi Aksara
Noviatul Zahra Dwi, 2019, Development of Islamic Education Curriculum Model Curriculum 2013 (K13), Al-Hayat journal Of Islamic education (AJIE), Volome 3, issue 1,
Nurmadiah, 2014, Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Purwakarta. Al-Afkar, Journal of Islamic Studies, Vol. III, No. 2.,
Nurlaeli Acep, 2020, Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Madrasah Dalam Menghadapi Era Melinial, jurnal Wahana Karya Ilmiah_Pascasarjana Unsika, Vol 4,
Nurcholiq Muhammad, 2019, Desain Pengembangan Kurikulum Madrasah Aliyah Unggulan di Era Revolusi Industri 4.0, jurnal PIWULANG Vol 1, No 2,
Permendiknas No. 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan.
Riszi Pradika Ayu Ratih, 2020, Kebijakan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia, Jurnal; Pendidikan Agama Islam, Vol. 07, No. 01
Shaleh Rachman, Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar, Jakarta: Bulan Bintang
Sholikah, 2020, Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. KUTTAB, 1(2)
Sugiana Aset, 2018, Proses Pengembangan Organisasi Kurikulum di Indonesia, jurnal el-HIKMAH, Vol, 12, No 1,
Sugiana Aset, 2018, Proses Pengembangan Organisasi Kurikulum Dalam Meningkatkan Pendidikan di Indonesia, jurnal; Pendagodik, Vol, 5, No, 2,
Sukiman, 2013, Pengembangan Kurikulum: Teori Dan Praktik Pada Perpendidikan Tinggi (Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kependidikan UIN Sunan Kalijaga,)
Usman dan Jamaludin, 2014, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ