PENGARUH IMPLEMENTASI METODE MORAL REASONING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA PONPES TAHFIDHUL QURAN IMAM AN-NAWAWI TIBAN BARU SEKUPANG, BATAM

Penulis

  • Zainal Arifin Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Aswad Abdullah

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v5i1.9001

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membahas: 1) Bagaimana implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa dengan menggunakan metode moral reasoning di Ponpes Tahfidzul Quran Imam An-Nawawi Tiban Baru Sekupang, Batam? 2) Apakah ada peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa Ponpes Tahfidzul Quran Imam An-Nawawi Tiban Baru Sekupang, Batam setelah diterapkannya metode moral reasoning? 3) Bagaimana pengaruh implementasis metode moral reaoning terhadap prestasi belajar siswa di Ponpes Tahfidzul Quran Imam An-Nawawi Tiban Baru Sekupang, Batam? Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (Field Research) dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan tes. Dan teknik analisis datanya menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini adalah bahwa Pengaruh Penerapan Metode Moral Reasoning terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa menunjukkan hal yang baik. Hal ini berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis prestasi belajar siswa. Dari hasil pre-test yang dicetak rata-rata 77,3, dan hasil post test didapat nilai rata-rata 84,9. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Pengaruh Metode Moral Reasoning tergolong baik. Pengaruh Penerapan Metode Moral Reasoning terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di Ponpes Tahfidhul Quran Imam An-Nawawi Tiban Baru Sekupang, Batam menunjukkan hal yang baik. Hal ini terbukti pada Hipotesis (Ha) dan ditolak (Ho) dengan nilai rxy 0,855. Sedangkan untuk Pengaruh Penerapan Metode Moral Reasoning terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Ponpes Tahfidhul Quran Imam An-Nawawi Tiban Baru Sekupang, Batam menunjukkan korelasi yang kuat atau tinggi, karena nilai rxy adalah antara 0,70 - 0,90.

Referensi

Elmubarok, Zaim, Membumikan Pendidikan Nilai (Bandung: Alfabeta, 2008).

Kohlberg, Lawrence, Tahap-tahap Pertimbangan Moral (Yogyakarta: Kanisius, 1995).

Kurtines, William M. dkk, Moralitas, Perilaku Moral dan Perkembangan Moral (Jakarta: Universitas Indonesia, 1992).

Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Rineke Cipta, 1997).

Nasih, Ahmad Munjih, Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Bandung: PT. Refika Aditama, 2009).

Purwanto, Nanang, Pengantar Pendidikan (Yogyakarta: GRAHA ILMU, 2014).

Shoimin, Aris, Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum (Yogyakarta: Ar-Ruuz Media, 2016).

Siberman, Mel, Active Learning (Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2002).

Sudjana, Nana, Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar (Bandung: Sinar Algesindo, 1989).

Zuriah, Nurul, Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan (Jakarta: PT: Bumi Aksara, 2007).

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-25

Terbitan

Bagian

Artikel