KONSEP AL-QUR’AN TENTANG KOMPETENSI GURU (Studi Analisis Tematik Surat Al-Qalam Ayat 1-4)

Penulis

  • Din Muhammad Zakariya

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v5i1.9000

Abstrak

: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kompetensi guru, dan apa konsep al-Qur’an tentang kompetensi guru dalam Surat al – Qalam Ayat 1 – 4. Penelitian ini merupakan kajian pustaka (library reasech) yang bersifat kualitatif deskriptif, yang menggunakan teknik dokumentasi dalam pengumpulan data. Sedangkan metode analisis data yang dipakai adalah metode tafsir maudlu’iy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Sifat-sifat yang harus memiliki oleh seorang pendidik adalah (a) zuhud tidak mengutamakan materi dan mengajar karena mencari keridlaan Allah semata; (b) bersih tubuhnya, jauh dari dosa dan kesalahan, terhindar dari dosa besar, sifat ria’ (mencari nama), dengki, permusuhan, perselisihan dan sifat tercela lainnya; (c) Ikhlas dalam pekerjaan; (d) pemaaf; (e) mencintai murid-muridnya seperti halnya dia mencintai anaknya sendiri; (f) mengetahui tabiat murid; (g) menguasai mata pelajaran; (h) memiliki kompetensi dalam cara-cara mengajar. Kedua, kompetensi yang harus dimiliki guru menurut al-Qur’an surat al-Qalam ayat 1-4 adalah memiliki kepribadian seperti yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW., menguasai dan memanfaatkan teknologi informasi dan komuniikasi guna pengembangan diri dan ilmu pengetahuan dan memilki kemampuan karya tulis guna pengembangan ilmu pengetahuan dan media komunikasi dengan orang lain.  

Referensi

Abdullah, Abdurrahman Saleh, Teori-teori Pendidikan berdasarkan al-Qur’an (terj.), (Jakarta : Rineka Cipta, 2003)

Abrasy (al), Muhammad Athiyah, Prinsip-prinsip Dasar Pendidikan Islam, (Bandung : CV. Pustaka Setia, 2003)

Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta : Bumi Aksara, 1996)

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik, (Jakarta : Rineka Cipta, 2006)

Djamarah, Syaiful Bahri, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, (Surabaya : Usaha Nasional, 1994)

Idris, Marno, Strategi dan Metode Pengajaran, Yogyakarta: Arus Media, 2008.

Ismail, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, (Semarang Rosail Media Group. 2008).

Langgulung, Hasan, Asas-asas Pendidikan Islam, (Jakarta : Pustaka al-Husna, 1992)

Maraghi (al), Ahmad Musthofa, Tafsir al-Maraghi Juz 29, ( Semarang : Toha Putra, 2003)

Masy’ari, Anwar, Akhlak al-Qur’an, (Surabaya : Bina Ilmu, 2007 )

Moesa, Ali Maschan, NU, Agama dan Demokrasi, (Surabaya : Pustaka Da’i Muda, 2002)

Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2007)

Nata, Abuddin, Tafsir Ayat-ayat Pendidikan, (Jakarta : Rajagrafndo Persada, 2002)

Nizar, Samsul, Pengantar Dasar-dasar Pemikiran Pendidikan Islam, (Jakarta : Gaya Media Pratama, 2001)

Ramayulis, Metodologi Pengajaran Agama Islam, (Jakarta : Kalam Mulia, 2001)

Rohimin, Metodologi Ilmu Tafsir, (Yogyakarta : Pustaka Belajar, 2007)

Shihab, M. Quraish, Tafsir al – Mishbah Vol. 5, (Jakarta : Lentera Hati, 2007)

Sriyono,dkk, Teknik Belajar Mengajar Dalam CBSA, (Jakarta Rineka Cipta. 1992).

Sudjana, Nana, Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung: Remaja Rosdakarya. 1995.

Suparlan, Guru Sebagai Profesi, (Yogyakarta : HIKAYAT Publishing, 2006)

Suyatno. Menjelajahi Pembelajaran Inovatif, Sidoarjo: Mass Media Buana Pustaka, 2009.

Tim Redaksi FOKUSMEDIA, Undang-undang Guru dan Dosen, (Bandung : FOKUSMEDIA, 2008)

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-25

Terbitan

Bagian

Artikel