KONSEP DASAR PENDIDIKAN KARAKETR PERSPEKTIF ISLAM

Penulis

  • Muslim Edison

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v5i1.8941

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana Konsep Dasar Pendidikan karakter, (2) Bagaimana Konsep Dasar Pendidikan Karakter dalam Islam, (3) Bagaimana ImplementasiKonsep dasar Pendidikan Karakter dalam Islam?. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah Library Research methode  (methode riset kepustakaan/literasi). Metode pengumpulan data dilakukan dengan tahapan menghimpun atau mencari literatur yang berkaitan dengan obyek penelitian, mengklasifikasi buku berdasarkan content atau jenisnya, mengutip data/teori atau konsep lengkap dengan sumbernya, mengecek/melakukan konfirmasi atau cross check data/teori dari sumber dengan sumber lainnya, mengelompokkan data berdasarkan out line/sistematika penelitian. Hasil dari penelitian ini dapat penulis simpulkan: (1) Konsep dasar pendidikan karakter dalam Islamadalah upaya penanaman kecerdasan kepada anak didik dalam berpikir, bersikap, berperilaku sesuai dengan nilai-nilai luhur yang menjadi jati dirinya, diwujudkan dalam interaksi dengan tuhannya, diri sendiri, antar sesama, dan lingkungannya sebagai manifestasi hamba dan khalifah Allah dibumi; (2) Pendidikan karakter Islam merupakan misi utama Rasulullah Muhammad SAW dari awal menegaskan bahwa dirinya diutus untuk menyempurnakan kepribadian, karakter atau akhlaq manusia. Sifat Rasulullah Muhammad SAW yang harus menjadi dasar pendidikan Islam agar menjadi jati diri yang berkepribadian mulia sebagai berikut : Shiddiq, Amanah, Tabligh, Fathonah; (3) Dalam implementasi pendidikan karakter yang merupakan proses pembudayaan dan pemberdayaan nilai-nilai luhur dalam lingkungan satuan pendidikan (sekolah), lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, langkah dasar awal yang dilakukan pada peserta didik, agar peserta didik : mengetahui kebaikan (Ta’riful-khair), mencintai kebaikan (Hubbul-luthfi),melakukan kebaikan (Af’aalul-jayyidan).

Referensi

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: Diponegoro, 2010

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Kalam Mulia, 2015

Yasin, Fatah. Dimensi-dimensi Pendidikan Islam, Malang : UIN Malang Press 2008

Nizar, Samsul. Filsafat Pendidikan Islam : Pendekatan Historis dan Praktis, Jakarta : Ciputat Press, 2002

Tolchah, Moch, Dinamika Pendidikan Islam pasca Orde Baru, Yogyakarta, PT. LKiS Printing Cemerlang, 2015

UU RI NO 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung : CITRA UMBARA, 2003

Winkel, W.S. Psikologi Pengajaran, Jakarta : Grasindo 1996

Kesuma, Dharma. Et All, Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2011

Al-Abrasyi, M. Athiyah, Dasar-dasar Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1990

Majid, Abdul dan Dian Andayani Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2011

Al-Munawar, Said Aqil Husain, Al-Qur’an: Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki, Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Al-Munawar, Said Aqil Husain, Aktualisasi Nilai-nilai Qur’ani dalam Sistem Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2003

Soeroyo, Jurnal Pendidikan Islam, Yogyakarta : Fak Ty. Sunan Kalijaga, 1991

Aziz, Abdul. Kurikulum Pedoman PAI di Sekolah Umum, Jakarta : Departemen Agama RI, 2002

Al Hazandar, Muhammad, Mahmud. The Most Perfect Habbit Perilaku Mulia yang Membina Keberhasilan Anda, Jakarta : Embun Publishing, 2006

Ramayulis. Dasar-dasar Kependidikan, Padang : The Zaki Press, 2009

Umari, Barmawy. Materi Akhlaq, Sala : Ramadhani, 1984

Ali Hasan, M. Tuntunan Akhlaq, Jakarta : Bulan Bintang, 1988

Al-Abrasyi, M. Athiyah. Prinsip-prinsip Dasar Pendidikan, Bandung : Pustaka Setia, 2003

Amin, Ahmad. Etika ; Ilmu Akhlaq, Jakarta : Bulan Bintang, 1975

Suharto, Toto. Rekonstruksi dan Modernisasi Lembaga Pendidikan Islam, Yoyakarta : Global Pustaka Utama, 2005

Slamet. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta, 2003

Nasution, Noehi. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Direktorat Kelembagaan Agama Islam

Bisri, Adib & A. Fatah, Munawir.Kamus Al Bisri Indonesia – Arab Arab – Indonesia, Surabaya : Pustaka Progresif, 1999

Tim Penyusun Kamus. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka, 1993

Amiruddin, Aam, Tafsir Al-Qur’an Kontemporer Juz ‘Amma Jilid II, Bandung: Khazanah Intelektual, 2006.

Amri, Sofan, et. all., Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran: Strategi Analisis dan Pengembangan Karakter Siswa dalam Proses Pembelajaran, Jakarta: Prestasi Pustakarya, 2011.

Assegaf, Abdurrahman, Pendidikan Tanpa Kekerasan: Tipologi, Kondisi, Kasus, dan Konsep, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2004.

________, Studi Islam Kontekstual: Elaborasi Paradigma Baru Muslim Kaffah, Yogyakarta: Gama Media, 2009.

Aziz, Hamka Abdul, Pendidikan Karakter Berpusat pada Hati: Akhlak Mulia Pondasi Membangun Karakter Bangsa, Jakarta: Al-Mawardi Prima, 2011.

Azizy, A. Qodri A., Pendidikan (Agama) untuk Membangun Etika Sosial: Mendidik Anak Sukses Masa Depan: Pandai dan Bermanfaat, Semarang: Aneka Ilmu, 2003.

Azzet, Akhmad Muhaimin, Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia: Revitalisasi Pendidikan Karakter terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Bisri, Adib & Fatah, Munawir A., Kamus Bisri Indonesia-Arab, arab-Indonesia, Surabaya: Pustaka Progresi, 1999.

Darajat, Zakiyah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1996.

Departemen Agama RI., Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: Diponegoro, 2010.

DePorte, Bobbi, et. all., Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas, Bandung: Kaifa, 2003.

Djumransjah, M., Filsafat Pendidikan, Malang: Bayu Media Publishing, 2008.

Echols, John M. & Shadly, Hasan, Kamus Inggris-Indonesia, Jakarta: Gramedia, 2006.

Gunawan, Heri, Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi, Bandung: Alfabeta, 2012.

Hadi, Sutrisno, Metodologi Research II, Yogyakarta: Andi Offset, 1990.

Hasan, Aminah Ahmad, Nazhariyyah Al-Tarbiyah fi Al-Qur’an wa Tathbiqatuha fi ‘Ahdi Rasul, Bandung: Ma’arif, t.t.

Hidayatullah, M. Furqon, Guru Sejati: Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas, Surakarta: Yuma Pustaka, 2010.

________, Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa, Surakarta: Yuma Pustaka, 2010.

Jalaluddin, Imam bin Abi Bakar As-Suyuthi, Jami’ush Shaghir Fi Ahaditsil Basyirin Nadzir, Bairut: Darul Kutubil ‘Alamiyah, t.t.

Juwariyah, Hadits Tarbawi, Yogyakarta: Teras, 2010.

Kesuma, Dharma, et. all., Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Khalid, Syekh bin Abdurrahman Al-‘Akk, Cara Islam Mendidik Anak, Yogyakarta: Ad-Dawa’, 2006.

Khan, Yahya, Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri: Mendongkrak Kualitas Pendidikan, Yogyakarta: Pelangi Publishing, 2010.

Koesoema A., Doni, Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Grasindo, 2011.

Majid, Abdul & Andayani, Dian, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Mardalis, Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: Bumi Aksara, 1999.

Marimba, Ahmad D., Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Ma’arif, 1989.

Mas’ud, Abdurrahman, Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik: Humanisme Religius sebagai Paradigma Pendidikan Islam, Yogyakarta: Gama Media, 2002.

Maulana, Rizki & Amelia, Putri, Kamus Modern Bahasa Indonesia, Surabaya: Lima Bintang, t.t.

Maunah, Binti, Metodologi Pengajaran Agama Islam: Metode Penyusunan dan Desain Pembelajaran, Yogyakarta: Teras, 2009.

Megawangi, Ratna, Semua berakar pada Karakter: Isu-isu Permasalahan Bangsa, Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2007.

Moelong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

Muchsin, M. Bashori, et. all., Pendidikan Humanistik: Alternatif Pendidikan Pembebasan anak, Bandung: Refika Aditama, 2010.

Muhaimin & Mujib, Abdul, Pemikiran Pendidikan Islam: Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalnya, Bandung: Trigen Karya, 1993.

Muhaimin, Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

Muhajir, Noeng, Metode Penelitian Kualitatif, Edisi III, Yogyakarta: Rakesorosin, 1989.

Mujib, Abdul & Mudzakkir, Jusuf, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Prenda Media, 2006.

Mujib, Abdul, Fitrah dan Kepribadian: Sebuah Pendekatan Psikologis, Jakarta: Darul Falah, 1999.

________, Kepribadian dalam Psikologi Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.

Mukhtar, Bimbingan Skripsi, Tesis, dan Artikel Ilmiah: Panduan Berbasis Penelitian Kualitatif (Lapangan) dan Perpustakaan, Jakarta: Gaung Persada Press, 2009.

Munardji, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bina Ilmu, 2004.

Munir, Abdullah, Pendidikan Karakter: Membangun Karakter Anak Sejak dari Rumah, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2010.

Murtiningsih, Siti, Pendidikan Alat Perlawanan: Teori Pendidikan Radikal Paulo Freire, Yogyakarta: Resist Book, 2004.

Muslich, Masnur, Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Mustofa, 150 Hadits-Hadits Pilihan: Untuk Pembinaan Akhlak dan Iman, Surabaya: Al-Ikhlash, 1987.

Nasir, M. Ridlwan, Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal: Pondok Pesantren di Tengah Arus Perubahan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Nizar, Syamsul, Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis dan Praktis,Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Q-Anees, Bambang & Hambali, Adang, Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an, Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2008.

Qolawun, Awy’ A., Rasulullah SAW.: Guru Kreatif, Inovatif, dan Sukses Mengajar: Teladani Cara-cara Inspiratif Rasulullah dalam Kegiatan Belajar Mengajar, Yogyakarta: DIVA Press, 2012.

Said, Moh., Pendidikan Karakter di Sekolah: What, How, dan Why tentang Pendidikan Pendidikan Karakter, Surabaya: JePe Press Media Utama, 2011.

Samani, Muchlas & Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Shihab, M. Quraish, Al-Lubab: Makna, Tujuan, dan Pelajaran dari Al-fatihah dan Juz-‘Amma, Jakarta: Lentera Hati, 2008.

________, Membumikan Al-Qur’an: Fungsi dan Peranan Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, Bandung: Mizan, 2009.

_______, Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an, Jakarta: Lentera Hati, vol. 07, 2002.

________, Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an, Jakarta: Lentera Hati, vol. 11, 2002.

________, Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an, Jakarta: Lentera Hati, vol. 15, 2002.

Shofan, Moh., Pendidikan Berparadigma Profetik: Upaya Konstruktif Membongkar Dikotomi Sistem Pendidikan Islam, Yogyakarta: IRCiSoD, 2004.

Sulhan, Najib, Pendidikan Berbasis Karakter: Sinergi antara Sekolah dan Rumah dalam Membentuk Karakter Anak, Surabaya: JePe Press Media Utama, 2011.

Sumantri, Jujun S., Penelitian Ilmiah, Kefilsafatan, dan Keagamaan: Mencari Paradigma Bersama dalam Tradisi Baru Penelitian Agama Islam: Tinjauan antar Disiplin Ilmu, Bandung: Nuansa bekerjasama dengan Pusjarlit Press, 1998.

Suprayogo, Imam, Pendidikan Berparadigma Al-Qur’an, Malang: Aditya Media dan UIN Malang Press, 2004.

Supriyatno, Triyo, Humanitas Spiritual dalam Pendidikan, Malang: UIN Malang Press, 2009.

Surahmad, Winarno, Dasar dan Teknik Research, Pengantar Metodologi Ilmiah, Bandung: CV. Tarsito, 1994.

Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

________, Pendidikan Budi Pekerti, Bandung: Maestro, 2009.

Thoha, Chabib, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.

Tim Penyusun Kamus, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1993.

________, Pendidikan Islam: Paradigma Teologis, Filosofis, dan Spiritual, Malang: UMM Press, 2008.

Undang-undang Republik Indonesia no. 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara, 2003.

Winkel, W. S., Psikologi Pengajaran, Jakarta: Grasindo, 1996.

Yasin, A. Fatah, Dimensi-dimensi Pendidikan Islam, Malang: UIN Malang Press, 2008.

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-25

Terbitan

Bagian

Artikel