UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK SPIRITUAL QUOTIENT SISWA MELALUI MATA PELAJARAN PAI DI SMAN 4 BANGKALAN
DOI:
https://doi.org/10.30651/sr.v5i1.8939Abstrak
Penelitian ini dilakukan kerena dilatar belakangi bahwa kenakalan remaja dan krisis moral yang terjadi dikalangan siswa dan generasi muda sudah sangatlah menghawatirkan, mereka gampang terkontaminasi dengan lingkungan atau pengaruh-pengaruh yang kurang baik dari lingkungan sekitarnya. Sehingga hal ini bertujuan untuk memberikan sebuah proteksi bagi mereka dengan membentuk kepribadian mereka dengan baik, membentuk karakter mereka yang lebih bermutu sehingga mereka dapat menjadi para generasi 4.0 yang berkarakter yang siap membawa perubahan dimasa mendatang yang hal ini tidak lepas dari pada peran pendidikan. Rumusan masalah dari tesis ini adalah Pertama, Bagaimana spiritual quotient siswa di SMAN 4 Bangkalan, Kedua, Bagaimana upaya guru dalam membentuk spiritual quotient siswa melalui pelajaran PAI di SMAN 4 Bangkalan, Ketiga, Apa factor pendukung dan penghambat dalam proses pembentukan spiritual quotient siswa di SMAN 4 Bangkalan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menghimpun data primer melaului wawancara dari pihak kepala sekolah, Guru SMAN 4 Bangkalan dan murid SMAN 4 Bangkalan, adapun data Skunder di dapat dari literature dan SMAN 4 Bangkalan, setelah semua data terkumpul di lanjutan alisis secara kulitatif dan diuraikan dalam bentuk deskriptif. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa PAI menjadi salah satu peran penting dari penanaman moral yang baik melalui kegiatan edukasi di sekolah, dukungan dari pihak sekolah, tenaga pendidik, sertas arana dan prasarana yang ada. Faktor yang menjadi penghambat disini adalah faktor lingkungan diluar sekolah itu sendiri.
Referensi
Muhammad Takdir Ilahi, Revitalisasi Pendidikan Berbasis Moral Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012
Danah Zohar, Lan Marshall, Kecerdasan Spiritual Bandung: PT Mizan Pustaka, 2007
Zainuddin Ali, Pendidikan Agama Islam Jakarta: PT Bumi Aksara,2007
Akh Muhaimin Azzet, Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Bagi Anak Yogjakarta: Katahati, 2010
Agus Abdul Rahman, PSIKOLOGI SOSIAL: Integrasi Pengetahuan Wahyu dan Pengetahuan Empirk Jakarta: Rajawali Pers, 2013
Abuddin Nata, Akhlak Tasawuf Dan Karakter Mulia Jakarta: Rajawali pers, 2013
Danah Zohar, Lan Marshall, SQ: Kecerdasan Spiritual, trj. Rahmani Astuti, Ahmad Nadjib Burhani, Ahmad baiquni Bandung: Pt. Mizan Pustaka, 2007
Ary Ginanjar Agustian, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual: ESQ Berdasarkan 6 Rukun Iman dan Rukun Islam Jakarta: Arga, 2001
Toto Tasmara, Kecerdasan Ruhaniah Jakarta: Gema Insani Press, 2001
Yayasan Penyelenggara Penerjemah Al-Qur’an, Al-Qur’an Dan Terjemahnya Surabaya: Mahkota, 1989
Masnur Muslich, Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional Jakarta: Bumi Aksara, 2011
Akhmad Muhaimain, Mengembangkan kecerdasan spiritual bagi anak Jogjakarta: Katahati, 2010
Syaiful Bhari Djamaroh, dan Aswan Zain, Strategi belajar mengajar Jakarta: Rineka Cipta, 2010
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License