IMPLEMENTASI PENDEKATAN EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA

Penulis

  • Muhammad Zainal Abidin

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v5i1.8938

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya masalah dalam mengimplementasikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan pendekatan edutainment. Dengan adanya pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang mengedukasi dan menghibur, maka peserta didik dapat menerimanya dengan cepat dalam daya ingatnya. Peserta didik juga mampu merespon hasil materi dengan lebih aktif dan kreatif. Tujuan dari penelitian ini dapat menerapkan pendekatan edutainment dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah 10 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menghimpun data primer melaului wawancara dari pihak kepala sekolah, Guru SD Muhammadiyah 10 Surabaya, dan peserta didik di SD Muhammadiyah 10 Surabaya. Adapun data Sekunder di dapat dari lieteratur dan dokumen SD Muhammadiyah 10 Surabaya. Setelah semua data terkumpul dilanjut analisis secara kualitatif dan diuraikan dalam bentu diskriptif. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa kepala sekolah, guru dan peserta didik saling mendukung akan pendekatan edutainment diterapkan di SD Muhammadiyah 10 Surabaya. Meski dalam pelaksanaannya terdapat beberapa hambatan, seperti harus menyelaraskan media dengan materi yang akan disampaikannya dan kurangnya fasilitas yang memadai serta kurangnya respon yang lebih fokus lagi dari peserta didiknya.

Referensi

Departemen Pendidikan Nasional, Peraturan Meneteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 20025, Tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Depdiknas, 2005.

Hamruni, Edutaiment Dalam Pendidikan Islam Dan Teori-Teori Pembelajaran Quantum, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2011.

Hamruni, Konsep Edutainment Dalam Pendidikan Islam Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2008.

Hasan, M. Iqbal, Pokok-Pokok Metodologi Penelitian Dan Aplikasinya, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002.

Jeannette Vos, Gordon Dryden, The Learning Revolution; To Change The Way The Word Learns Selandia Baru: The Learning Web, 1999.

Kadarkasih, Power Full In Educating, Yogyakarta: Araska Pinang Merah, 2012.

Koentjaraningrat, Metode-metode Penelitian Masyarakat Jakarta: PT. Gramedia,1993.

Moch Ali, Wawancara, Surabaya: 05 Juni 2020.

Mulyana, Deddy, Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigm Baru Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainya, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2003.

Munhamir, Wawancara, Surabaya: 05 Juni 2020.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualittaif, Dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2013.

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008.

Tim Redaksi Sinar Grafika, Undang –Undang Sistem Pendidikan Nasional (Nomor 20 Tahun 2003), Jakarta: Sinar Grafika, 2007.

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-25

Terbitan

Bagian

Artikel