POLA KEPEMIMPINAN DI PESANTREN
DOI:
https://doi.org/10.30651/sr.v5i1.8934Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali tentang pola kepemimpinan di pesantren. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (library research), dan teknik analisis datanya menggunakan induktif dan deduktif. Â Temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pola kepemimpinan di pesantren dapat dikelompokan ke dalam lima tipologi: (1) Kiai (ulama) encyclopedi dan multidisipliner yang mengonsentrasikan diri dalam dunia ilmu; (2) Kiai yang ahli dalam salah satu spesialisasi bidang ilmu pengetahuan Islam. (3) Kiai karismatik yang memperoleh karismanya dari ilmu pengetahuan keagamaan, khususnya dari sufismenya (4) Kiai Dai keliling, yang perhatian dan keterlibatannya lebih besar melalui ceramah dalam menyampaikan ilmunya sebagai bentuk interaksi dengan publik bersamaan dengan misi sunnisme atau aswaja dengan bahasa retorikal yang efektif. (5) Kiai pergerakan, karena peran dan skill kepemimpinannya yang luar biasa, baik dalam masyarakat maupun organisasi yang didirikannya, serta kedalaman ilmu keagamaan yang dimilikinya, sehingga menjadi pemimpin yang paling menonjol.
Referensi
Abdullah, Taufik dan Sharon Siddique (Ed.), Islam and Societi in Southeast Asia, Singapura, Institute of Southeast Asian Studies, 1987.
Agarwal, R. D. Organization and Management, New Delhi Tata McGraw-Hill Publishing Compeny Limited,1982.
Anwar, Ali Pembaharuan Pendidikan di Pesantren Lirboyo Kediri, Kediri: IAIT Press, 2008.
Arifin,Imron. Kepemimpinan Kiai, Kasus Pondok Pesantren Tebuireng, Malang: Kalimasada Press, 1992.
Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam, Jakarta: Kalimah, 2001.
Baharuddin dan Umiarso, Kepemimpinan Pendidikan Islam, Jogjakarta: Arruz Media, 2012.
Bogdan, Robert C. dan Sari Knopp Bilen, Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Method. Boston: Aliyan and Bacon, Inc, 1998.
Dakir, “Pola Baru Kepemimpinan Kiai dalam Pengembangan Pendidikan (studi Kasus Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya), Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, Volume I, Nomor 1 ,Juni, 2004.
Davis, Keth. Human Behavior at Work, New York: McGraw-Hill Book Company, 1972.
Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES,1994.
Faisal, Sanapiah. Penelitian Kualitatif: Dasar-dasar dan Aplikasinya, Malang: YA3,1990.
Fiedler, Fred E, A Theory of Leadership Effectiveness, New York: Mc Graw Hill Book Company, 1976.
Geertz, Clifford. Abangan, Santri, dan Priyayi dalam Masyarakat Jawa, Terjemahan Aswab Mahasin dari The Religion of Java, Jakarta: Pustaka Jaya, 1983.
--------------------- “The Javanese Kijaji: the Changing Role of Cultural Brokerâ€, Comparative Studies in Society and History, 2 (2), 1960.
Hadi, Amirul dan Haryono, Metodologi Peneltian Pendidikan, Bandung : Pustaka Setia, 1998.
Halim, A,dkk, Manajemen Pesantren, Yogyakarta: Pustaka Pesantre, 2005.
Horikoshi, Hiroko. Kyai dan Perubahan Sosial, Jakarta: P3M. 1987.
James L, Gibson, dkk, Organisasi Perilaku, Struktur, Proses, Jakarta: Binarupa Aksara, 1996.
Kuntowidjojo, Paradigma Islam, Bandung: Mizan, 1991.
Langgulung, Hasan. Pendidikan Islam Menghadapi Abad ke-21, Jakarta: Pustaka al-Husna, 1988.
Ma’arif, Ahamad Syafi’i Membumikan Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1995.
Ma’shum, Ajakan Suci, (Yogyakarta: LTN-NU-DIY, 1995.
Madjid, Nurcholis. Bilik-Bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan, Jakarta: Paramadina, 1987.
Manulang, Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: BPFE, 2001.
Mardiyah, “Kepemimpinan Kiai dalam Memelihara Budaya Organissi Studi Multi Kasus Pondok Modern Gontor Ponorogo, Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, dan Pesantren Tebuireng Jombangâ€, Disertasi, UIN Malang, 2012.
Mas`ud, Abdurrahman, Inteletual Pesantren: Perhelatan Agama dan Tradisi, Yogyakarta: LKiS, 2004.
Mestokok, Sumarsono dkk. Pendidikan di Indonesia dari Jaman ke Jaman, Jakarta: Balai Pustaka, 1986.
Muhajir, Nung. Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta, Raker Sarasin, 1996.
Muhtarom, H.M. Reproduksi Ulama di Era Globalisasi, Resistensi Tradisional Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Nasution, Metode Penelitian Naturalistik Kaulitatif, Bandung : Tarsito, 2003.
Patoni, Achmad, Peran Kiai Pesantren dalam Partai Politik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.
Purwanto, Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya. 2004.
Rahardjo, M Dawam, Merumuskan Kembali Tujuan Pendidikan Pesantren, Jakarta: P3M, 1985.
----------------------------. Pergulatan Dunia Pesantren, Membangun dari Bawah, Jakarta: P3M, 1985.
Rahim, Husni Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Logos, 2001.
Rivai, Veithzal. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Jakarta: Rajawali Press. 2011.
Robin, Stephen. Perilaku Organiisasi: Konsep, Kontrovesi, Aplikasi. Jakarta: PT Prenhallindo, jilid 2, 1996.
Satori, Djam`an, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: alfabeta. 2011.
Sharma, Organizational Theory and Behavior, New Delhi: McGraw-Hill Publishing Compeny Limited, 1982.
Siagian, Sondang P, Manajemen Abad 21, (Jakarta: Bumi Aksara, 1996.
Sofia, Aya. Pedoman Penyelenggaraan Pusat Informasi Pesantren, Jakarta: Depag, 1986.
Spradley, J P. Participant Onservation, United State of America, 1980.
Spradley, J P. The Ethnography Interview, New York: Holt Rinehart and Winston, 1979.
Stogdili,R.M. Handbook of Leadership, New York, The free Press, 1974.
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.2010.
Sukamto, Kepemimpinan Kia dalam Pesantren, Jakarta: Pustaka LP3ES, 1999.
Supeno, Hadi Pendidikan Dalam Belenggu Kekuasaan Magelang: Pustaka Paramedia, 1999.
Thoha, Miftah. Kepemimpinan dalam Manajemen, Jakarta: Rajagrafindo, 2010.
Thoha, Zainal Arifin. Runtuhnya Singgasana Kyai (NU, Pesantren, dan Kekuasaan: Pencarian Tak Kunjung Usai). Yogyakarta: Kutub,2003.
Turmudi, Endang Perselingkuhan Kiai dengan Kekuasaan Yogyakarta: LKiS, 2004.
Wahidin, Khoirul. Pembaruan Pesantren Masa Orde Baru: studi Komparatif Mengenai Perubahan Orientasi Pendidikan dan Implikasinya antara Pesantren Bobos dengan Pesantren Buntet di Kabupaten Cirebon, Disertasi, (Jakarta: Program Pascasarjana IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2001.
Wahjoetomo, Perguruan Tinggi Pesantren, Jakarta: Gema Insani Press, 1997.
Wahjosumidjo, Kepemmimpinan Kepala Sekolah Tinjauan teoriktik dan ermasalahanya, Jakarta: Raja Grafindo, 2011.
Weber, Max The Theory of Social and Economic Organization, New York: Reinhart, 1974.
Wiriatmaja, Rochiati. Metode PEnelitian Tindakan Kelas, Bandung: PT Rosdakarya, 2007.
Yin, Robert K.Studi Kasus Desain dan Metode, Jakarta: PT Raja Grasindo Persada,1997.
Yukl, Gary. Kepemimpinan dalam Organisasi, Terj. Yusuf Uday Jakarta: Prenhelindo, 1998.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License