PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 2 DI SD MUHAMMADIYAH GKB 2 GRESIK

Penulis

  • Natasya Shofiyatun Nisa’ Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Mohammad Ahyan Yusuf Sya’bani Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v9i02.27203

Kata Kunci:

Youtube, Sumber Belajar, Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Penelitian ini mengkaji pemanfaatan YouTube sebagai sumber belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa kelas 2 SD Muhammadiyah GKB 2 Gresik. Masalah penelitian berpusat pada kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan, sehingga siswa cenderung bosan dan kurang termotivasi dalam memahami materi PAI. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara komprehensif implementasi YouTube sebagai media pembelajaran PAI dan menganalisis dampak terhadap minat serta pemahaman siswa. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan YouTube secara signifikan meningkatkan minat, motivasi, dan pemahaman siswa terhadap materi PAI. Konten visual dan interaktif pada YouTube membantu siswa memahami konsep-konsep abstrak secara lebih konkret, serta mendorong pengembangan keterampilan berpikir kritis dan literasi digital. Namun, terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan waktu dan kurangnya literasi digital di kalangan guru dan siswa. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan literasi digital bagi guru, penyediaan fasilitas pendukung, serta pengawasan dalam pemilihan konten agar pemanfaatan YouTube dapat berjalan optimal. Hasil penelitian diharapkan menjadi referensi dalam pengembangan strategi pembelajaran PAI yang inovatif dan relevan dengan perkembangan teknologi.

This study examines the use of YouTube as a learning resource in Islamic Religious Education (PAI) learning for grade 2 students of SD Muhammadiyah GKB 2 Gresik. The research problem focuses on the lack of variation in learning media used, so that students tend to get bored and are less motivated in understanding PAI material. The main objective of this study is to comprehensively describe the implementation of YouTube as a PAI learning medium and analyze the impact on students' interests and understanding. Using a descriptive qualitative approach, data were collected through interviews, observations, and document analysis. The results showed that the use of YouTube significantly increased students' interest, motivation, and understanding of PAI material. Visual and interactive content on YouTube helps students understand abstract concepts more concretely, and encourages the development of critical thinking skills and digital literacy. However, there are several obstacles such as time constraints and lack of digital literacy among teachers and students. This study recommends the need for digital literacy training for teachers, provision of supporting facilities, and supervision in content selection so that the use of YouTube can run optimally. The results of the study are expected to be a reference in developing innovative PAI learning strategies that are relevant to technological developments

Referensi

Baihaqi, Achmad, Amaliya Mufarroha, and A. Ilham Tsabit Imani. “Youtube Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif Di SMK Nurul Yaqin Sampang.” EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 07, no. 01 (2020): 74–88. http://journal.stainim.ac.id/index.php/edusiana.

Hamidah, and Marsiah. “Pembelajaran Maharah Al-Istima’ Dengan Memanfaatkan Media Youtube: Problematika Dan Solusi.” Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya 8, no. 2 (2020): 147–60. https://doi.org/10.23971/altarib.v8i2.2282.

Hani Nursa’adah, Ummu. “Penggunaan Media Youtube Dalam Pembelajaran Pai Di Sekolah.” Analysis: Journal of Education 1, no. 2 (2023): 134–39. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/analysis/article/view/322.

Latif, Abdul. “Pemanfaatan Aplikasi Youtube Sebagai Media Pembelajaran Matematika.” Seminar … 4, no. 2 (2023): 387–400. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1971.

Leuwol, Ferdinand, Muhammad Wajdi, Iwan Sonjaya, Nur Alim Amri, Agus Subandi, Sudiyarti Sudiyarti, Sitti Nurbaya, Diana Yanni Ariswati Fallo, Maklassa Maklassa, and Ricky Imanuel Ndaumanu. Memaksimalkan Potensi Youtube Sebagai Guru Virtual. Edited by Susanto Adi Nugroho Putro. Penerbit PT Kodogu Trainer Indonesia. Zada Regency III, Blok B17, Ngrancang, Plesungan, Gondangrejo, Karanganyar: PT. Kodogu Trainer Indonesia Redaksi:, 2023.

Mahmudi, Mohammad Ali, Syafruddin Syafruddin, Jumahir Jumahir, Farid Haluti, Kuni Safingah, Ilham Ilham, Taufik Abdillah Syukur, Isna Nurul Inayati, and Sudirman Sudirman. Pengantar Pendidikan Agama Islam. Edited by M.A Yuli Ananda Putra, S.Ag. Cv Hei Publishing Indonesia. Jl. Air Paku No.29 RSUD Rasidin, Kel. Sungai Sapih, Kec Kuranji Kota Padang Sumatera Barat: CV HEI PUBLISHING INDONESIA, 2016.

Muaddyl, Akhyar, Junaidi, Supriadi, Susanda Febriani, and Ramadhoni Aulia Gusli. “IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI DI ERA DIGITAL Muaddyl Akhyar Universitas Islam Negeri Sjech M . Djamil Djambek Bukittinggi Junaidi Universitas Islam Negeri Sjech M . Djamil Djambe” 18, no. 6 (2024): 4234–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i6.3855.

Neldi, Septrio Elgi, Gufra Irfalnadi, and Gusmaneli. “Penggunaan Media Youtube Dalam Pembelajaran PAI Di Sekolah” 3 (2025): 95–106. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/jmpai.v3i1.830.

Nursobah, Ahmad. “Penggunaan Media Sosial Youtube Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah.” Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam 23, no. 1 (2021): 377–86. https://doi.org/10.47467/mk.v23i1.4384.

Priyanti, Ni Made Ika, and Nurhayanti. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube.” Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR) 4, no. 1 (2023): 96–101. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/index%0APENERAPAN.

Sapura, Azie Ony. “Implementasi Penggunaan Artificial Intelligence Pada Pembelajaran Al-Islam Di Digital Technology Class Program” 7, no. 2 (2024): 179–88. https://doi.org/10.32528/tarlim.v7i2.2441.

Syamsuri, Wilson Jefriyanto, Sudirman, Rika Sukmawati, Rita Herlina, Ulfah Sari Rezeki, Marilyn Lasarus Kondolayuk, et al. MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL. Edited by Suci Haryanti. Melong Asih Regency B40 - Cijerah Kota Bandung - Jawa Barat: CV. MEDIA SAINS INDONESIA, 2023.

Tambudi, Debi. “PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 7 SELUMA,” 2023, 1–23.

Unduhan

Diterbitkan

2025-12-03