RELEVANSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM MUHAMMAD IQBAL TERHADAP TANTANGAN PENDIDIKAN MODERN
Biography of Muhammad Iqbal, Works of Muhammad Iqbal, Relevance of Muhammad Iqbal's Islamic Educational Thoughts to the Challenges of Modern Education
DOI:
https://doi.org/10.30651/sr.v9i02.26653Kata Kunci:
Kata Kunci:Pemikiran Muhammad Iqbal, Pendidikan Islam, Tantangan Pendidikan Modern.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi pemikiran pendidikan Islam Muhammad Iqbal dalam menghadapi tantangan pendidikan di era modern. Pemikiran Iqbal yang mengintegrasikan konsep khudi (diri), kebebasan berpikir, dan aktualisasi potensi manusia, memberikan kontribusi penting terhadap pembentukan individu yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki karakter, kreativitas, dan kesadaran sosial yang tinggi. Di tengah perkembangan globalisasi dan kemajuan teknologi, pendidikan Islam menghadapi berbagai tantangan, termasuk penjajahan mental, dogmatisme, dan keterbatasan pemikiran. Dalam konteks ini, pemikiran Iqbal tentang kebebasan dan kreativitas dalam pendidikan menjadi relevan sebagai solusi untuk membebaskan umat Islam dari belenggu pemikiran terbatas dan mendorong mereka untuk mengembangkan potensi diri secara maksimal. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka dengan mengumpulkan berbagai literatur yang berkaitan dengan pemikiran Iqbal dan penerapannya dalam pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep-konsep Iqbal dapat memberikan arah baru dalam mengembangkan pendidikan Islam yang lebih inklusif, inovatif, dan responsif terhadap tantangan zaman. Oleh karena itu, pemikiran pendidikan Iqbal sangat relevan untuk diimplementasikan dalam sistem pendidikan Islam di era globalisasi saat ini.
This study aims to analyze the relevance of Muhammad Iqbal's Islamic educational thoughts in facing the challenges of education in the modern era. Iqbal's thoughts that integrate the concepts of khudi (self), freedom of thought, and actualization of human potential, make an important contribution to the formation of individuals who are not only intellectually intelligent, but also have high character, creativity, and social awareness. In the midst of the development of globalization and technological advances, Islamic education faces various challenges, including mental colonization, dogmatism, and limitations of thought. In this context, Iqbal's thoughts on freedom and creativity in education become relevant as a solution to free Muslims from the shackles of limited thinking and encourage them to develop their potential to the maximum. This study uses a literature review method by collecting various literature related to Iqbal's thoughts and their application in Islamic education. The results of the study show that Iqbal's concepts can provide a new direction in developing Islamic education that is more inclusive, innovative, and responsive to the challenges of the times. Therefore, Iqbal's educational thoughts are very relevant to be implemented in the Islamic education system in the current era of globalization.
Referensi
Ahmad, M. (1995). Metafisika Persia dan Iqbal, terj. Joebar Ajoeb, Bandung: Mizan.
Ali, Y. (1991). Perkembangan pemikiran falsafi dalam Islam. Bumi Aksara.
Aristyasari, Y. F. (2019). Pendidikan Islam Progresif Muhammad Iqbal. Al Ghazali, 2(2), 32-50.
dalam Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1991.
Bakry, M. M., & Gorontalo, I. S. A. (2015). Pemaduan Teori Rasional, Empiris dan Intuisi
Perspektif Muhammad Iqbal. Farabi, 12(1), 164-75.
Chumaini, A. (2025). Pemikiran Pendidikan Islam Muhammad Iqbal. Jurnal Riset Multidisiplin
Edukasi, 2(1), 286-301.
Febrianda, F., & Burhanuddin, N. (2025). Relevansi Pemikiran Filsafat Islam Perspektif
Muhammad Iqbal Terhadap Pendidikan Islam Di Era Modern. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan
Kearifan Lokal, 5(1), 111-118.
Hasaruddin, H., & Malik, A. (2024, November). Transformasi Pemikiran Muhammad Iqbal dan
Kontribusinya terhadap Pembentukan Pakistan. In Journal Peqguruang: Conference Series
(Vol. 6, No. 2, pp. 613-619).
Kholidah, Z. (2018). Relevansi pemikiran Muhammad Iqbal dalam pembentukan karakter siswa
di era millenium. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 288-308.
Masluhah, M., Afifah, K. R., & Salik, M. (2021). Pemikiran Muhammad Iqbal Tentang
Pendidikan Karakter Dan Relevansinya Dengan Era Disrupsi. Ta'allum: Jurnal Pendidikan
Islam, 9(2), 317-338.
Nurmaliyah, Y. (2017). Meretas Jalan Pembebasan (Telaah atas Konsep Khudi menurut Sir
Muhammad Iqbal). Majalah Ilmu Pengetahuan Dan Pemikiran Keagamaan Tajdid, 20(2),
101-113.
Rahayuni, P. A., & Ali, M. (2019). Pendidikan Progresif Dalam Islam:(Studi Komparatif Tujuan
Pendidikan KH. Ahmad Dahlan Dan Muhammad Iqbal) (Doctoral dissertation, Universitas
Muhammadiyah Surakarta).
Riyanto, R. (2022). Pembaharuan Pendidikan Islam Menurut Muhammad Iqbal. Ta'dibuna:
Jurnal Pendidikan Islam, 11(4), 557-573.
Sari, H. P. (2020). Rekonstruksionisme Pendidikan Islam Menurut Muhammad Iqbal. Al-Fikra:
Jurnal Ilmiah Keislaman, 19(1).
Suriadi, A. (2016). Muhammad Iqbal, Filsafat Dan Pendidikan Islam. Tsarwah, 1(02), 45-60.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 risma sulistia aini

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License






