REVITALISASI PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DISRUPSI: STUDI TERHADAP PEMIKIRAN IBNU KHALDUN

Penulis

  • Rahmi Maldini Efendi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Eva Dewi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Sutarmo Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v9i02.26631

Abstrak

Penelitian ini mengkaji urgensi dan relevansi revitalisasi pendidikan Islam di era disrupsi, melalui kajian terhadap pemikiran Ibnu Khaldun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali relevansi gagasan Ibnu Khaldun terhadap komponen-komponen pendidikan seperti pendidik, peserta didik, kurikulum dan materi pendidikan, serta metode pendidikan dalam menghadapi tantangan zaman di era disrupsi yang ditandai oleh kemajuan teknologi, globalisasi, serta pergeseran nilai-nilai. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan menganalisis berbagai sumber literatur, termasuk kitab tafsir, jurnal ilmiah, dan buku-buku referensi, untuk memperluas wawasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran Ibnu Khaldun sangat relevan untuk dijadikan rujukan dalam membangun sistem pendidikan Islam yang adaptif dan responsif. Gagasan seperti peran strategis guru, peserta didik sebagai subjek aktif, kurikulum integratif antara ilmu naqliyah dan aqliyah, serta metode pembelajaran yang aplikatif dan kontekstual, menawarkan solusi konkret terhadap tantangan pendidikan masa kini. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan pendidikan Islam yang lebih relevan dengan tantangan kontemporer, serta menegaskan pentingnya menghidupkan kembali warisan intelektual Islam untuk masa depan umat.

This research examines the urgency and relevance of revitalizing Islamic education in the era of disruption, through a study of Ibn Khaldun's thought. The purpose of this study is to explore the relevance of Ibn Khaldun's ideas on educational components such as educators, students, curriculum and educational materials, as well as educational methods in facing the challenges of the times in the era of disruption marked by technological advances, globalization, and shifting values. This research uses the literature study method by analyzing various sources of literature, including books of interpretation, scientific journals, and reference books, to broaden insights. The results show that Ibn Khaldun's thought is very relevant to be used as a reference in building an adaptive and responsive Islamic education system. Ideas such as the strategic role of teachers, students as active subjects, integrative curriculum between naqliyah and aqliyah sciences, as well as applicable and contextual learning methods, offer concrete solutions to today's educational challenges. This research contributes to the development of Islamic education that is more relevant to contemporary challenges, and emphasizes the importance of reviving Islamic intellectual heritage for the future of the ummah.

Referensi

Al-ahwani, Ahmad Fuad. Al-Tarbiyah fi Al-Islam. Mesir: Dar al-Maarif, tt.

Almanaf. “Pemikiran Ibnu Khaldun tentang Pendidikan dan Relevansinya dengan Pendidikan Dunia Modern.” Jurnal Tarbawi 17, no. 1 (2020): 39.

Athiyah, Ummu & Alwizar. “Tujuan dan Materi Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur‘an.” Hamalatul Qur‘an: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Qur‘an 5, no. 2 (2024): 36.

Azizah, Rahmadika Nur. “Relevansi Metode Pembelajaran Ibnu Khaldun dan Pendidikan Agama Islam.” Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam 8, no. 1 (2022): 59.

Bisri, M. dkk. “Kedudukan Komponen-Komponen Pendidikan Islam dalam Keberhasilan Pendidikan Islam.” Azkia: Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam 19, no. 2 (2023): 39.

Damayanti, Wiwik dkk. “Konsep Pendidikan Islam Religius Pragmatis Ibnu Khaldun dan Relevansinya pada Pendidikan Islam di Era Modern.” Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research 2, no. 3 (2024): 32.

Dewita, Imel Putri & Ahmad. “Konsep Pendidik dalam Perspektif Al-Qur‘an.” Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan 8, no. 1 (2024): 125-127.

Enan, Mohammad Abdullah. Ibnu Khaldun: Riwayat Hidup dan Karyanya. Selangor: Mihas Grafik, 2012.

Fakhrurrazi. “Peserta Didik dalam Wawasan Al-Qur‘an.” At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam 12, no. 1 (2020): 42-43.

Haris, Abdul & Mokh. Fakhruddin Siswopranoto. “Hakikat Pendidik dalam Pendidikan Islam.” Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam 4, no. 1 (2022): 96.

Hidayanti dkk. “Pendidikan dalam Perspektif Ibnu Khaldun.” Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam 23, no. 2 (2022): 207.

Kementerian Agama Republik Indonesia. Al-Qur’an dan Terjemah. Depok: Penerbit Sabiq, 2017.

Khaldun, Ibnu. Muqaddimah, terj. Ahmadi Thoha, Jakarta: Pustaka Firdaus, 1986.

Komarudin. “Pendidikan Perspektif Ibnu Khaldun.” PANDAWA: Jurnal Pendidikan dan Dakwah 4, no. 1 (2022): 24.

Muhaimin & Mujib Abdul. Pemikiran Pendidikan Islam: Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasional. Bandung: Trigenda Karya, 1993.

Mursalin, Hisan. “Analisis Konsep Pendidikan Islam Perspektif Ibnu Khaldun.” Reslaj: Religion Education Scial Laa Roiba Journal 4, no. 5 (2024): 3109-3111.

Nahrowi, Moh. “Konsep Pendidikan Islam dalam Perspektif Ibnu Khaldun.” FALASIFA 9, no. 2 (2018): 78-84.

Nasrowi, Bagas Mukti. “Relevansi Teori Kontruktivisme Pendidikan Islam Klasik dalam Membangun Kemandirian Mahasiswa di Era Merdeka Belajar Abad 21.” Al-Fatih: Jurnal Studi Isam 9, no. 1 (2021): 59-70.

Ramayulis. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2009.

Rifani, Risqa Adila & Abd Rahman. “Peserta Didik dalam Paandangan Al-Qur‘an.” Journal of Education Research 4, no. 3 (2023): 1435.

Tarik, Atika Agustina & Mohammad Kurjum. “Telaah Hadits Keutamaan dan Urgensi Menuntut Ilmu di Era Digital: Relevansi dengan Tantangan Pendidikan Modern dan Kriteria Pendidik Ideal.” Studia Religia: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam 8, no. 2 (2024): 197.

Saefuddin, Muhammad Fitriadi dkk. “Pendidikan Islam dalam Perspektif Ibnu Khaldun dan Relevansinya dengan Kurikulum Merdeka.” Jurnal Al-Mau’izhoh 6, no. 2 (2024): 960.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2018.

Suswanto & Abu Anwar. “Lingkungan Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur‘an.” Jurnal Pendidikan dan Pemikiran 20, no. 1 (2025): 1741.

Syafana, Putri Tsilvya dkk. “Kurikulum Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur‘an.” Jurnal Kajian Islam Modern 10, no. 2 (2024): 2-4.

Uluwiyah, Tarbyatul. “Sejarah Pendidikan Islam: Perspektif Pemikiran Ibnu Khaldu dan Relevansinya dengan Pendidikan di Indonesia.” Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 13, no. 2 (2023): 70.

Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wijaya, Subur & Rahmatussaidah. “Metode Pendidikan dalam Al-Qur‘an dan Hadits.” Jurnal Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam 9, no. 2 (2021): 192.

Zed, Mustofa. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2014.

Unduhan

Diterbitkan

2025-12-03