METODOLOGI STUDI HADIS DALAM ERA DIGITAL: TANTANGAN DAN SOLUSI

Penulis

  • naal hira UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Nurul Islamiyah UINSA Surabaya
  • Mohammad Salik UINSA Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v9i02.26530

Abstrak

Studi hadis, sebagai disiplin fundamental dalam memahami ajaran Islam, menghadapi transformasi signifikan di era digital. Era ini menawarkan kemudahan akses data tak terbatas dan pergeseran paradigma pencarian hadis yang otomatis, didukung oleh berbagai perangkat lunak dan basis data digital. Namun, kemajuan ini juga menimbulkan tantangan krusial, seperti penyebaran hadis palsu, kerentanan data, dan kebutuhan literasi digital peneliti, yang menuntut adaptasi metodologi studi hadis. Penelitian ini bertujuan mengkaji adaptasi tersebut, menganalisis tantangan, dan menawarkan solusi inovatif guna memastikan validitas dan otentisitas studi hadis di tengah arus informasi digital. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini memperoleh data primer melalui wawancara pakar dan observasi platform digital (Maktabah Syamilah, Al-Maktaba Al-Waqfiyyah), serta data sekunder dari literatur. Analisis tematik dilakukan melalui transkripsi, pengkodean, dan interpretasi makna. Hasilnya menunjukkan, era digital telah meningkatkan aksesibilitas dan mengubah paradigma pencarian hadis. Namun, tantangan muncul dalam validasi sumber digital, ketergantungan teknologi yang mendangkalkan analisis, isu etika/hak cipta, dan variasi literasi digital. Pembahasan menegaskan bahwa solusi melibatkan pengembangan aplikasi terintegrasi, peningkatan literasi digital, kolaborasi antar institusi, dan penguatan metodologi kritik hadis tradisional. Teknologi harus berfungsi sebagai pendukung untuk memperkuat fondasi keilmuan hadis, menjadikan studi hadis lebih efisien dan akurat.

Hadith studies, as a fundamental discipline in understanding Islamic teachings, are facing significant transformations in the digital era. This era offers easy access to unlimited data and a paradigm shift in automated hadith searches, supported by various software and digital databases. However, this progress also poses crucial challenges, such as the spread of fake hadiths, data vulnerability, and the need for researchers' digital literacy, which demands adaptation of hadith study methodologies. This study aims to examine these adaptations, analyze the challenges, and offer innovative solutions to ensure the validity and authenticity of hadith studies amidst the flow of digital information. Using a descriptive qualitative method, this study obtained primary data through expert interviews and observations of digital platforms (Maktabah Syamilah, Al-Maktaba Al-Waqfiyyah), as well as secondary data from the literature. Thematic analysis was conducted through transcription, coding, and interpretation of meaning. The results show that the digital era has increased accessibility and changed the paradigm of hadith searches. However, challenges arise in the validation of digital sources, technological dependence that shallows analysis, ethical/copyright issues, and variations in digital literacy. The discussion emphasizes that solutions involve the development of integrated applications, increasing digital literacy, collaboration between institutions, and strengthening traditional hadith criticism methodologies. Technology should function as a support to strengthen the foundation of hadith science, making hadith studies more efficient and accurate.

Referensi

Ahmad, La Ode Ismail, St. Magfirah Nasir, and Abustani Ilyas. “Kritik Atas Kritik Kamaruddin Amin: (Menguji Kembali Keakuratan) Metode Kritik Hadis.” Ihyaussunnah : Journal of Ulumul Hadith and Living Sunnah 1, no. 2 (2022): 104–15. https://doi.org/10.24252/ihyaussunnah.v1i2.29453.

Ali Sati. “HADIS PALSU DAN HUKUM MERIWAYATKANNYA.” Jurnal El-Qanuny 09 (2018): Jakarta-138-146.

Amin, Muhammadiyah, and Muhammad Yahya. “Media Hukum Indonesia ( MHI ) Published by Yayasan Daarul Huda Krueng Mane Metodologi Living Hadis , Pengertian , Tujuan Dan Implementasinya Media Hukum Indonesia ( MHI ) Published by Yayasan Daarul Huda Krueng Mane.” Media Hukum Indonesia 2, no. 5 (2025): 68–77.

Azizah, Ira Nur. “Digitalisasi Hadis: Membangun Jembatan Antara Tradisi Dan Teknolog.” AL–ISNAD: Journal of Indonesian Hadist Studies 4, no. 1 (2023): 50–60. https://doi.org/10.51875/alisnad.v2i1.109.

Fachrurrosi, Harie, and Tajul Arifin. “Penggunaan Teknologi Modern Dalam Penelitian Hadits.” Journal of Religious Studies and Global Society 1 (2024): 159–65.

Faisal, Ahmad, Abdul Aziz Sebayang, Isryad Saifulla, and Bintang Tarigan. “IMPLEMENTASI TEKNOLOGI LITERASI DIGITAL AL QURAN HADIS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI STIT AR-RAUDLATUL HASANAH MEDAN.” Jurnal Ilmu Pendidikan 11, no. 2 (2024): 1–9.

Firman. “Sejarah Peradaban Islam Pandangan Tokoh Pembaharu Islam Terhadap Hadis.” Jurnal Ilmiah Keislaman 2, no. 2 (2024): 81–93.

Ghifari, Muhammad. “Strategi Efektif Dalam Mencegah Penyebaran Hadis Palsu Di Media Sosial.” The International Journal of Pegon : Islam Nusantara Civilization 9, no. 01 (2023): 103–22. https://doi.org/10.51925/inc.v9i01.83.

Hadis, Integrasi, D A N Teknologi, Informasi Di, and Sunnah Sumatera Utara. “PENELITIAN OLEH : FAKULTAS USHULUDDIN PROGRAM STUDI HADITS UNIVERSITAS NEGERI ISLAM,” 2022, 0–27.

Hamid, Abdul. “Peran Website Dalam Penyebaran Hadis Di Era Digital Abstract : Keywords : Abstrak :” Jurnal Studi Hadis 2, no. 2 (2024): 155–84.

Huda, M Khoirul. “Paradigma Metode Pemahaman Hadis Klasik Dan Modern: Perspektif Analisis Wacana.” Refleksi 15, no. 1 (2018): 29–62. https://doi.org/10.15408/ref.v15i1.9704.

Imtyas, Rizkiyatul. “Metode Kritik Sanad Dan Matan.” Ushuluna: Jurnal Ilmu Ushuluddin 1, no. 1 (2020): 18–32. https://doi.org/10.15408/ushuluna.v1i1.15286.

Izmil Nauval Abd. Khabiir. “TRANSFORMASI HADIS KE MEDIA DIGITAL.” Jurnal Syaikh Mudo Madlawan (JSMM): Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 2, no. 1 (2025): 1–23.

Jamil, Khadijah Binti Abdul, Alia Najihah Binti Abd Aziz, and Syed Najihuddin Bin Syed Hassan. “PENYEBARAN HADIS PALSU MELALUI MEDIA SOSIAL: PUNCA DAN AKIBAT.” E-Prosiding Seminar Kearifan Nusantara 5 (2024): 20–23.

Mh, Syahidil Mubarik, and Ekatul Hilwatis Sakinah. “Aplikasi Hadisku Sebagai Media Penyebaran Hadis Era Revolusi 5.0.” Al-Mu’Tabar Jurnal Ilmu Hadis 3, no. 2 (2023): 48–67.

Muhammad Taqiyuddin, Muhammad Faqih Nidzom, Ahmad Rijal Khoirudin. “IQRA’: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi Volume 16 Nomor 1 Mei 2022.” Jurnal Perpustakaan Dan Informasi Volume 16 (2022): 57–68.

Nikmah Shofiatun. “Perkembangan Hadis Di Era Digital.” Maqamat: Jurnal Ushuluddin Dan Tasawuf 1, no. 1 (2023).

Nisfatulsanah, Adha, Universitas Sebelas Maret, Bowo Sugiharto, and Universitas Sebelas Maret. “COMPARING CLASSICAL TEST THEORY AND ITEM RESPONSE.” JURNAL PENDIDIKAN 13, no. 3 (2024): 70–86.

Ramadhan, Abdul Rahman. “URGENSI PROGRAM STUDI ILMU HADIS PADA PERGURUAN TINGGI ISLAM TERHADAP PENYEBARAN HADIS PALSU PADA ERA DIGITAL DALAM TINJAUAN MAQASHID SYARIAH.” AL-ATSAR : Jurnal Ilmu Hadits 1, no. 1 (2023): 1–25.

Rosyad, Sabilar, and Muhammad Alif. “Hadis Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang Penggunaan Teknologi Dalam Studi Hadis.” Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, Dan Fenomena Agama 24, no. 2 (2023): 185–97. https://doi.org/10.19109/jia.v24i2.18979.

Sobandi, Ade. “Pengolahan Data Dalam Sistem Informasi.” Manajerial : Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi 1, no. 1 (2002): 89–95. https://ejournal.upi.edu/index.php/manajerial/article/view/16450.

Ummah, Siti Syamsiyatul. “Digitalisasi Hadis (Studi Hadis Di Era Digital).” Diroyah: Jurnal Ilmu Hadis 04, no. 01 (2019): 1–10.

Utari, Anggie Sri, Misra Nova Dayantri, and Fatma Yulia. “Konsep Metodologi Pendidikan Islam Klasik Dan Relevansinya Dengan Masa Modern.” Reflektika 19, no. 1 (2024): 141. https://doi.org/10.28944/reflektika.v19i1.1719.

Unduhan

Diterbitkan

2025-12-03