TRANSFORMASI PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM MELALUI E-BOOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.30651/sr.v9i02.26404Abstrak
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberikan peluang besar dalam transformasi pembelajaran, khususnya Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Panglima Sudirman Surabaya. Penelitian ini bertujuan mengkaji pemanfaatan e-book sebagai media pembelajaran PAI dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan subjek guru, siswa, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan diskusi kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-book meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan, dengan 56% siswa menunjukkan motivasi tinggi. E-book memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif, menarik, dan fleksibel, sekaligus meningkatkan literasi digital siswa. Kendala utama adalah keterbatasan perangkat dan infrastruktur, namun dengan dukungan yang tepat, e-book berpotensi menjadi solusi efektif dalam pembelajaran PAI yang inovatif dan kontekstual. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi pengembangan pembelajaran digital di sekolah lain.
The development of information and communication technology provides great opportunities for transforming learning, especially Islamic Religious Education (PAI) at SMP Panglima Sudirman Surabaya. This study aims to examine the utilization of e-books as a learning medium for PAI and its effect on students’ learning motivation. The research method used is descriptive qualitative with subjects including teachers, students, and the principal. Data were collected through observation, interviews, questionnaires, documentation, and focus group discussions. The results show that the use of e-books significantly increases students’ learning motivation, with 56% of students demonstrating high motivation. E-books provide a more interactive, engaging, and flexible learning experience while enhancing students’ digital literacy. The main challenges are limited devices and infrastructure, but with proper support, e-books have the potential to be an effective solution for innovative and contextual PAI learning. This study is expected to serve as a reference for the development of digital learning in other schools.
Referensi
Arifah Khairrani. “E - Book Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Depan.” Jurnal Repository Universitas Negeri Jakarta (2019): 5–6. https://core.ac.uk/reader/199666880.
Arifin, Z. “Inovasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Digital.” Jurnal Pendidikan dan Teknologi 15, no. 2 (2022): 78–91.
Cynthia, Riries Ernie, and Hotmaulina Sihotang. “Melangkah Bersama Di Era Digital : Pentingnya Literasi Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7 (2023): 31712–31723.
Hidayatullah, Hidayatullah. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Era Digitalisasi Di Smp Sultan Agung Seyegan Sleman Yogyakarta.” ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 6, no. 2 (2023): 119–133.
Isti’ana, Ais. “Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam.” Indonesian Research Journal on Education 4, no. 1 (2024): 336–344.
Komparatif, Studi, Metode Pembelajaran, Daring Dan, Luring Dalam, Meningkatkan Motivasi, Belajar Siswa, Di Sekolah, Arie Setya Putra, Teuku Muhammad Faawati, and Destroprani Brajanoto. “STUDI KOMPARATIF METODE PEMBELAJARAN DARING DAN LURING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI M Budi Hartanto , 2 Arie Setya Putra , 3 Destoprani Brajanoto Program Studi Teknologi Informasi , Universitas Mitra Indonesia” 5, no. 1 (2024): 1–12.
Malang, Politeknik Negeri, Universitas Islam, and Al Ihya. “Peran Teknologi Dalam Pengembangan Sistem E-Learning Yang Interaktif Dan Efektif Bagi Pendidikan Esther Hesline Palandi 1 , Fovi Sriyuliawati 2 , Asyrofi Aziz 3” 6, no. 7 (2025): 1987–1997.
Marfu, Nurry, Sari Madani Rambe, Muslim Affandi, and Mhd Subhan. “Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam” 0738, no. 4 (n.d.): 6001–6005.
Pipit Muliyah, Dyah Aminatun, Sukma Septian Nasution, Tommy Hastomo, Setiana Sri Wahyuni Sitepu, Tryana. Pendidikan Di Era Digital Tantangan Bagi Generasi Z. Journal GEEJ. Vol. 7, 2020.
Rahmadani, S. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Digital: Tinjauan Literatur Kualitatif.” Jurnal Media Akademik (JMA) 2, no. 6 (2024): 1–16. https://jurnal.mediaakademik.com/index.php/jma/article/view/515%0Ahttps://jurnal.mediaakademik.com/index.php/jma/article/download/515/488.
Yusri, Nadia, Muhammad Afif Ananta, Widya Handayani, and Nurul Haura. “Peran Penting Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami.” Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (2023): 12.
Hamdani, A., & Priatna, N. (2022). Efektivitas Pembelajaran di Era Digital: Teori dan Praktik. Bandung: Alfabeta.
Hasanah, U., & Fuad, A. Z. (2023). Observasi Partisipatif dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Aplikasi. Jurnal Penelitian Kualitatif, 9(1), 45-58.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2022). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Moleong, L. J. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pratiwi, I., & Sulistyowati, E. (2023). Adaptasi dan Validasi Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) Versi Indonesia untuk Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Psikologi Pendidikan, 11(2), 134-149.
Rasyid, A., & Wijaya, C. (2022). Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Yin, R. K. (2023). Case Study Research and Applications: Design and Methods. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 eka putri nur habibah, Atika Agustina Tarik, Ah. Zakki Fuad

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License






