PRINSIP PENDIDIKAN INKLUSIF RASULULLAH : RELEVANSI HADIS DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN RAMAH DISABILITAS

Penulis

  • umirul musyarofah Universitas Islam Negeri Surabaya
  • Salwa Hajar Universitas Islam Negeri Surabaya
  • Naila Nafahatus Sahariyah Al-Ulya Universitas Islam Negeri Surabaya
  • Rikza Syahrial Kurniawan Universitas Islam Negeri Surabaya
  • Muhammad Suyudi Universitas Islam Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v9i02.26307

Abstrak

Pendidikan inklusif merupakan paradigma penting dalam menciptakan sistem pendidikan yang adil, adaptif, dan ramah bagi semua peserta didik, termasuk mereka yang menyandang disabilitas. Dalam konteks Islam, nilai-nilai pendidikan inklusif tidaklah asing, bahkan telah terimplementasi sejak masa kenabian Rasulullah SAW. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji prinsip-prinsip pendidikan inklusif yang tercermin dalam hadis Nabi, khususnya yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, Imam Malik dalam al-Muwaṭṭa’, dan Imam Ibnu Majah. Ketiga hadis tersebut menggambarkan interaksi langsung Rasulullah SAW dengan sahabat-sahabat penyandang disabilitas seperti Abdullah bin Ummi Maktum, serta sikap profetik beliau dalam memberikan peran, penghargaan, dan tanggung jawab keagamaan kepada mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis isi (content analysis) dan interpretasi tematik (thematic interpretation) dalam memahami makna-makna hadis secara kontekstual. Hasil kajian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip seperti pengakuan martabat manusia, keadilan fungsional, pemberdayaan sosial, serta penghapusan hambatan struktural terhadap penyandang disabilitas telah menjadi bagian dari kebijakan pendidikan Rasulullah SAW. Temuan ini dikuatkan dengan teori social model of disability, capability approach dari Amartya Sen, serta kerangka maqāṣid al-syarī‘ah yang menempatkan perlindungan jiwa, akal, dan martabat manusia sebagai tujuan utama. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi nilai-nilai profetik dalam pengembangan pendidikan inklusif sangat relevan untuk memperkuat transformasi sistem pendidikan nasional menuju sistem yang lebih humanis, inklusif, dan transformatif.

Inclusive education is a vital paradigm in establishing an equitable, adaptive, and disability-friendly educational system. Within the Islamic context, the values of inclusive education are neither foreign nor novel; they were already practiced during the prophetic era of the Prophet Muhammad SAW. This study aims to explore the principles of inclusive education reflected in the Prophetic traditions (ḥadīth), particularly those narrated by Imam Tirmidzi Imam Malik in al-Muwaṭṭa’, and Imam Ibn Majah. These narrations illustrate the Prophet’s interactions with companions with disabilities, such as ‘Abdullah ibn Umm Maktūm, and his prophetic attitude in granting them roles, dignity, and religious responsibilities. The research employs a qualitative descriptive approach through content analysis and thematic interpretation to extract contextual meanings from the hadiths. The findings reveal that principles such as recognition of human dignity, functional justice, social empowerment, and structural accommodation of persons with disabilities were foundational to the Prophet’s educational practice. These insights are reinforced by the social model of disability, Amartya Sen’s capability approach, and the Islamic legal framework of maqasid syariah, which upholds the protection of life, intellect, and human dignity as fundamental objectives. The study concludes that integrating prophetic values into the development of inclusive education is highly relevant to transforming the national education system into one that is more humanistic, inclusive, and transformative.

Referensi

Ahdar, A., And W. Wardana. “Belajar Dan Pembelajaran: Teori, Desain, Model Pembelajaran Dan Prestasi Belajar,” 2020.

Alfiani, A. “Hak-Hak Kaum Difabel Dalam Al-Qur’an: Meneladani Kisah Pada Qs.‘Abasa (80) 1-10” 7, No. 2 (2022): 167–86.

Alfikri, F., Khodijah, N., & Suryana, E. “Analisis Kebijakan Pendidikan Inklusi.” Journal Of Syntax Literate 7, No. 6 (2022).

Anshari, M. “Teori Disabilitas: Sebuah Review Literatu.” Modernity: Jurnal Pendidikan Dan Islam Kontemporer 1, No. 1 (2020): 39–45.

Ashoumi, H., & Yusuf, M. A. “Pendidikan Inklusi: Integrasi Konsep Konstruktivistik Vygotsky Dan Landasan Al-Qur’an Untuk Mendukung Sdgs 4.” Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 14, No. 3 (2024): 321–44.

Assembly, U. G. “Convention On The Rights Of Persons With Disabilities.” Ga Res 61 (2006): 106.

At-Tirmidzi, M. ʿi. Sunan At-Tirmidzi. Edited By Ed. A. M. Nasiruddin Al-Albani. Dar Al-Maʿrifah, 2007.

Chaer, M. T. “Pendidikan Inklusif Dan Multikultur Dalam Perspektif Hadis Nabi Saw.” Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan 14, No. 2 (2016): 209–30.

David Wijaya, S. E. Manajemen Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar. Prenada Media, 2019.

Dedi Arianto. “Pandangan Islam Terhadap Pendidikan Inklusif.” Lentera : Kajian Multidisiplin Ilmu, 2022.

Desriadi, D., & Sumanti, T. S. “Pendidikan Inklusif Dan Aksesibilitas Dalam Pendidikan Islam.” Tadbiruna: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2023, 335–50.

Fahmi, I. N. “ Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Islam Dalam Pembelajaran Pai Dan Implikasinya Terhadap Sikap Sosial Siswa Di Sma Ma’arif Nu 1 Kemranjen Kabupaten Banyumas.” Iain Purwokerto, 2021.

Fazira, W., Batubara, W. A., & Siregar, A. S. “Integrasi Pendidikan Multikultural Dalam Sistem Pendidikan Nasional: Strategi Membangun Masyarakat Inklusif Dan Toleran.” Pendalas: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat 4, No. 6 (2024): 186–203.

Hamzah, H., & Zaenal, S. “ Qur’anic Technobraille: Menuju Tunanetra Muslim Indonesia Bebas Buta Baca Al-Qur’an.” Jurnal Sosioteknologi, 17, No. 2 (2018): 316–25.

Hanipudin, S., & Pd, M. Pendidikan Islam Dan Isu Aktual Kontemporer. Wawasan Ilmu., N.D.

Hidayat, Rahmat. “Tanggung Jawab Pendidikan ( Islam ) Terhadap Abk Dan Implikasinya Terhadap Fakultas Tarbiyah (Keguruan.” Educational Journal Of Islamic Management (Ejim) 3, No. 1 (2023).

Ibnu Katsir. Tafsir Ibnu Katsir. Terj. M. Syihabuddin. Vol. 8. Bogor: Pustaka Imam Syafi’i, 2007.

Ibnu Majah, M. Y. “Sunan Ibnu Majah. Kitab Al-Muqaddimah, Bab Fadl Al-‘Ulama,” N.D.

Ihwan, M. B. Akhlak Tasawwuf: Meniti Jalan Kesucian Hati. Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan, 2025.

Jannah, M. “ Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini.” Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini, 2025, 14.

Magfiroh, V. S., & Hilman, C. “Implementasi Pendidikan Islam Berbasis Minat Dan Bakat Perspektif Pembelajaran Berdiferensiasi.” Riggs: Journal Of Artificial Intelligence And Digital Business 4, No. 2 (2025): 164–70.

Majid, N. Islam, Kemodernan, Dan Keindonesiaan. Mizan Pustaka, 2008.

Malik Ibn Anas. “Al-Muwaṭṭa’. Kitab Al-Salat, Bab Ma Ja’a Fi Al-Imamah.,” N.D.

Maufur, N. H., & Zuhri, S. Modul Pelatihan Fiqh Dan Ham. Lkis Pelangi Aksara., 2014.

Maulidiyah, Lll. “Pendidikan Agama Islam Berbasis Inklusi Pada Kepala Nabi Muhammad Saw (Studi Analisis Kitab Nurul Yaqin Karya Muhammad Al-Khudhari Bek).” Iain Ponorogo, 2022.

Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi., 2017.

Mukhammad Alfani. “Edukasi Online Dan Aksesibilitas Pendidikan Dalam Perspektif Hadis.” Tarbawi 13, No. 2 (2024).

Munawir, M., Et Al. “Pendidikan Inklusif Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Jurnal Pendidikan Islam 15, No. 1 (2024): 30–40.

Mutholingah, S., & Zamzami, M. R. “Relevansi Pemikiran Maqashid Al-Syariah Jasser Auda Terhadap Sistem Pendidikan Islam Multidisipliner.” Journal Ta’limuna 7, No. 2 (2018): 90–111.

Nurhikmah, C. “Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) Siswa Sekolah Dasar Menurut Howard Gardner Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 4, No. 1 (2023): 30–39.

Nursyamsi, F. “Kerangka Hukum Disabilitas Di Indonesia: Menuju Indonesia Ramah Disabilitas.” Indonesian Center For Law And Policy Studies, 2015.

Pranyoto, Y. H., & Berangka, D. “Implementation Of Inclusive Education In Elementary Schools In Merauke District: An Analysis Of Challenges And Solutions.” Jurnal Masalah Pastoral 13, No. 1 (2025): 93–114.

Romadhon, M., Et Al. “Konsep Pendidikan Inklusif Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Pendidikan Islam 15, No. 1 (2024): 20–28.

Rosmi, Y. F., & Jauhari, M. N. “ Universal Design For Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Di Sekolah Inklusi.” Stand: Journal Sports Teaching And Development 3, No. 2 (2022): 40–48.

Rosyad, A. “Membangun Ketahanan Keluarga Dalam Al-Qur’an: Analisis Pendekatan Ecological Systems Theory.” Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu Al-Quran Dan Tafsir 3, No. 2 (2023): 343.

Rustandi, A., & Aufa, M. “Analisis Peran Surah Al-Fatihah Dalam Pelaksanaan Ibadah Sehari-Hari Menurut Mufassir Klasik Dan Kontemporer.” Al-Fahmu: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 4, No. 1 (2025): 41–45.

Scoones, I. Penghidupan Berkelanjutan Dan Pembangunan Pedesaan. Insistpress., 2020.

Siti Nurnafisah. “Hadis-Hadis Berkaitan Tentang Para Difabel.” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2024.

Soleh, A. K. “Mencermati Teori Keadilan Sosial John Rawls.” Ulul Albab Jurnal Studi Islam 5, No. 1 (2004): 175–80.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta, 2010.

Sukomardojo, T. “Mewujudkan Pendidikan Untuk Semua: Studi Implementasi Pendidikan Inklusif Di Indonesia.” Jurnal Birokrasi & Pemerintahan Daerah Volume 5, No. 2 (2023): 205–14.

Sunandar, D., & Baidowi, A. “Pendidikan Islam Inklusif: Memahami Kebutuhan Siswa Disabilitas.” Al Muntada 1, No. 2 (2023): 73–84.

Suryahadi, A., Et Al. “Telaah Pemikiran Amartya Sen Dan Martha Nussbaum: Relevansi Pendekatan Kapabilitas Dalam Konteks Indonesia.” Multikultura 12, No. 1 (2023): 45–60.

Wahyudi, A., & Latif, M. “Pendidikan Inklusif Di Indonesia Perspektif Maqashid Syariah.” Journal Of Disability Studies And Research 2, No. 1 (2023): 95–105.

Wahyuni, N., & Fitriani, W. “Relevansi Teori Pembelajaran Sosial Albert Bandura Dan Metode Pendidikan Keluarga Dalam Islam.” Qalam: Jurnal Ilmu Pendidikan 11, No. 2 (2022): 60–66.

Wulandari, T. Konsep Dan Praktik Pendidikan Multikultural . Uny Press, 2020.

Zubaidi, A. Imaji Dan Refleksi Kritis Pengembangan Pendidikan Islam. Penerbit Indonesia Imaji., 2022.

Unduhan

Diterbitkan

2025-12-04