IBNU SINA DI MEJA KELAS DIGITAL: RELEVANSI PEMIKIRANNYA DALAM PENDIDIKAN MASA KINI

Penulis

  • Muhammad Ridwan UIN SUSKA RIAU

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v9i02.26039

Kata Kunci:

Ibnu Sina, pemikiran pendidikan, pendidikan modern

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep dan metode pendidikan Ibnu Sina serta menelaah relevansinya dengan sistem pendidikan masa kini. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan pendekatan kualitatif untuk menelusuri pemikiran pendidikan Ibnu Sina melalui sumber tertulis. Data dikumpulkan dari sumber primer, seperti karya asli Ibnu Sina, dan sumber sekunder, termasuk buku serta jurnal ilmiah. Penelitian ini menerapkan analisis isi untuk mengklasifikasi, menafsirkan, dan menyebarkan gagasan Ibnu Sina dalam konteks pendidikan modern. Temuan penelitian ini menyoroti kontribusi besar Ibnu Sina terhadap pendidikan Islam dan Barat, terutama dalam bidang kedokteran, filsafat, dan logika, sebagaimana terlihat dalam karyanya seperti Al-Syifa', Al-Najat, dan Al-Qanun fi al-Thibb. Pemikirannya berpengaruh hingga ke Eropa pada Abad Pertengahan, membentuk tradisi intelektual serta memengaruhi tokoh seperti Thomas Aquinas. Selain itu, pendekatan holistik Ibnu Sina terhadap pendidikan, yang mengintegrasikan pengembangan intelektual dan moral, tetap relevan hingga saat ini. Konsepnya tentang pendidikan berjenjang, kurikulum adaptif, dan metode pengajaran efektif seperti talqin, demonstrasi, diskusi, dan magang masih digunakan dalam praktik pendidikan modern. Studi ini menegaskan bahwa warisan keilmuan Ibnu Sina tetap menjadi dasar penting dalam pemikiran pendidikan Islam dan Barat.

The purpose of this study is to describe the concept and method of education of Ibn Sina and examine its relevance to today's education system. This study employs a library research method with a qualitative approach to explore Ibn Sina's educational thought through written sources. Data were collected from primary sources, such as Ibn Sina's original works, and secondary sources, including books and scientific journals. The research applies content analysis to classify, interpret, and disseminate Ibn Sina's ideas within the context of modern education. The findings highlight Ibn Sina’s significant contributions to Islamic and Western education, particularly in medicine, philosophy, and logic, as demonstrated in his works such as Al-Syifa', Al-Najat, and Al-Qanun fi al-Thibb. His influence extended to medieval Europe, shaping intellectual traditions and influencing scholars like Thomas Aquinas. Furthermore, Ibn Sina’s holistic approach to education, which integrates intellectual and moral development, remains relevant today. His concepts of tiered education, adaptive curriculum, and effective teaching methods including talqin, demonstration, discussion, and apprenticeship continue to shape modern educational practices. This study reaffirms Ibn Sina’s enduring legacy as a foundational figure in both Islamic and Western educational thought.

Referensi

Akmal, Miftahul Jannah, Muhammad Nurfaizi, Arya Rahardja, and Agus Fakhruddin. “Membangun Potensi Melalui Pendidikan Anak: Perspektif Ibnu Sina Dalam Islam.” Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 21, no. 2 (2024): 250–63. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2024.vol21(2).19291.

Ansari, Ansari, and Ahmad Qomarudin. “Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibnu Sina Dan Ibnu Qayyim Al Jauziyyah.” Islamika 3, no. 2 (2021): 134–48. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i2.1222.

Darwis, Maidar. “Konsep Pendidikan Islam Dalam Perspektif Ibnu Sina.” Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA 13, no. 2 (2013): 240–58. https://doi.org/10.32478/talimuna.v12i1.1362.

Fatimah, Dhian, Arba’iyah Yusuf, Eka Salma Inayah, and Imroatul Asheila Almasih. “Metode Pengajaran Menurut Ibnu Sina: Studi Analisis Literatur.” Al-Irsyad 13, no. 2 (2023): 160. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v13i2.18219.

Hanum, Azizah. “Analisis Pemikiran Ibnu Sina Dan Ibnu Khaldun Terhadap Konsep Pendidikan Islam.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 2 (2021): 1–18.

Iskandar, Azwar, and Samsuddin. “KONSEP PEMBINAAN MANUSIA: TELAAH PEMIKIRAN IBNU SINA (370- 428 H) DALAM KITAB AL-SIYĀSAH.” Jurnal CENDEKIA : Media Komunikasi Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Islam 16, no. 01 (2024): 127–48. https://doi.org/https://doi.org/10.37850/cendekia.v16i01.630.

Junaedi, Dedi. “Pendidikan Islam Dalam Perspektif Pemikiran Ibnu Sina.” Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam (JPAI) 4, no. 1 (2022): 28–42.

Khasanah, Nur, Achmad Irwan Hamzani, and Havis Aravik. “Klasifikasi Ilmu Menurut Ibn Sina.” SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I 7, no. 11 (2020): 993–1008. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i11.17739.

Kurniawanto, Eko, and Khojir. “Pemikiran Ibnu Sina TENTANG Pendidikan Dan Relevansinya Di Era Society 5.0.” Journal of Islamic Education Policy 8, no. 1 (2023): 57.

Muhamad, Sahrul, Indah Rahmayanti, and Muhammad Fadli Ramadhan. “Relevansi Pendidikan Kurikulum Merdeka Belajar Dengan Pemikiran Saintis Muslim Ibnu Sina Dan Ibnu Rusyd.” Studia Religia : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 7, no. 2 (2023): 283–95. https://doi.org/10.30651/sr.v7i2.20587.

Mukhlis. “PEMIKIRAN PENDIDIKAN IBNU SINA DAN IMPLEMENTASINYA DI ERA GLOBALISASI Mukhlis.” Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman 03, no. 20 (2015): 49–64. https://doi.org/https://doi.org/10.52185/kariman.v3i1.50.

Nasr, Seyyed Hossein. Tiga Mazhab Utama Filsafat Islam (Ibnu Sina, Suhrawardi Dan Ibnu ’Arabi). 1st ed. Yogyakarta: Bunga Ircisod, 2020.

Parlaungan, Haidar Putra Daulay, and Zaini Dahlan. “Pemikiran Ibnu Sina Dalam Bidang Filsafat.” Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam 2, no. 1 (2021): 79–93. http://jurnal.staiserdanglubukpakam.ac.id/index.php/bilqolam.

Putra, Aris Try Andreas. “Pemikiran Filosofis Pendidikan Ibnu Sina Dan Implikasinya Pada Pendidikan Islam Kontemporer.” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 6, no. 2 (2016): 191. https://doi.org/10.21927/literasi.2015.6(2).191-201.

Rizky, Muhammad Rifqal Kaylafayza, Mohammad Faizin, Sita Rahmasari, and Wahyu Adi Saputra. “Konsep Pendidikan Islam Perspektif Ibnu Sina Dan Fazlur Rahman.” TA’LIMUNA 12, no. 01 (2023): 61–69. https://doi.org/10.32806/jf.v12i01.7140.

Somad, M Abdul. “Pentingnya Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Anak.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 13, no. 2 (2021): 171–86. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.882.

Wibowo, and Risa Udayani. “Relevansi Pemikiran Ibnu Sina Terhadap Pendidikan Di Era Modern.” HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education 1, no. 2 (2021): 79–94. https://doi.org/10.14421/hjie.2021.12-07.

Yuliani, Antin Rista, Hasman Zhafiri Muhammad, Khofifah Hidayatuz Z, Adrian Adrian, and Hamdan Arief Hanif. “Religius-Rasional Ibnu Sina Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Kontemporer.” Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia 3, no. 3 (2023): 523–48. https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i3-10.

Zaini, Nur. “Kurikulum Pendidikan Menurut Ibnu Sina Dan Relevansinya Terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan.” Jurnal Cendekia: Media Komunikasi Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Islam 11, no. 2 (2019): 111–24. https://doi.org/10.37850/cendekia.v11i2.93.

Unduhan

Diterbitkan

2025-12-03