PROFESIONALISME GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI
DOI:
https://doi.org/10.30651/sr.v9i02.25765Kata Kunci:
Profesionalisme Guru, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam, Tantangan, Strategi PeningkatanAbstrak
Penelitian ini membahas profesionalisme guru dalam penerapan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Kurikulum Merdeka dirancang untuk memberikan fleksibilitas kepada pendidik dalam menyusun pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, sehingga menuntut guru untuk lebih adaptif, inovatif, dan memiliki kompetensi yang tinggi. Namun, dalam implementasinya, guru menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan sumber daya, kurangnya kesiapan guru dalam menyesuaikan metode pembelajaran, serta perubahan paradigma dalam evaluasi pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang tepat guna meningkatkan profesionalisme guru agar mampu mengoptimalkan perannya dalam sistem pendidikan berbasis Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan menganalisis berbagai sumber referensi yang relevan untuk mengidentifikasi tantangan dan solusi dalam peningkatan profesionalisme guru PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan pelatihan berkelanjutan, peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional, serta dukungan kebijakan pendidikan yang komprehensif merupakan faktor utama dalam menunjang efektivitas implementasi Kurikulum Merdeka. Dengan adanya strategi yang tepat, diharapkan guru PAI dapat lebih siap dalam mengembangkan pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
This study discusses teacher professionalism in implementing the Merdeka Curriculum in Islamic Religious Education (PAI) subjects. The Merdeka Curriculum is designed to provide flexibility to educators in developing learner-centered learning, thus requiring teachers to be more adaptive, innovative, and highly competent. However, in its implementation, teachers face various challenges, such as limited resources, lack of teacher readiness in adjusting learning methods, and paradigm shifts in learning evaluation. Therefore, an appropriate strategy is needed to improve teacher professionalism in order to optimize their role in the Merdeka Curriculum-based education system. This research uses the literature study method by analyzing various relevant reference sources to identify challenges and solutions in improving the professionalism of PAI teachers. The results show that strengthening continuous training, improving pedagogical and professional competencies, and supporting comprehensive education policies are the main factors in supporting the effective implementation of the Merdeka Curriculum. With the right strategy, PAI teachers are expected to be better prepared to develop innovative learning that meets the needs of students.
Referensi
Buto, Zulfikar Ali. “PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU PAI DI ACEH,” no. 2 (2016).
Darise, Gina Nurvina. “Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan [FTIK] IAIN Manado Volume 02 Nomor 02 2021 Journal of Islamic Education: The Teacher of Civilization,” n.d.
Dyaning Wijayanti, Inggit, and Anita Ekantini. “Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,” n.d.
Kunandar. “Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).” Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2009, 48. https://books.google.com/books/about/Guru_profesional.html?hl=id&id=M2qpHwAACAAJ.
Mudhofir, Ali. “PENDIDIK PROFESIONAL : KONSEP, STRATEGI, DAN APLIKASINYA DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI INDONESIA,” 2012.
“PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DALAM PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMK NEGERI 3 BALIKPAPAN.” Accessed February 21, 2025. https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/867/575.
“Profesionalisme Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Agama Islam Di UPT SMP Negeri 5 Medan.” Accessed February 19, 2025. https://www.jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/edusociety/article/view/329/258.
Selly, Aprilina, and Crussita Bella. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah.” EDUCATE : Journal of Education and Culture, n.d.
“Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru PAI Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Di Era Globalisasi.” Accessed February 23, 2025. http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/452/218.
Tinggi Agama Islam Syekh Jangkung, Sekolah, Selamet Awan Setiawan, MPd STAI Syekh Jangkung, Guru Pai, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam, Tantangan Pembelajaran, and Kebebasan Belajar. “JIPMI Jurnal Inovasi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah TANTANGAN GURU PAI MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.” / Jurnal Inovasi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Vol. 3, 2024. http://ejournal.pgmi-syekhjangkung.ac.id/index.php/jurnal-JIPMI.
“UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2005,” n.d. Accessed February 19, 2025.
“UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,” n.d. Accessed February 20, 2025.
Zaini, Nur. “IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS,” 2023. https://doi.org/10.37850/cendekia.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Silvia Rahma, Munawwir, Rabiyatul Adawiyah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License






