PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS AL-QUR’AN DAN HADIS (STUDI ANALISIS KONSEPTUAL)
DOI:
https://doi.org/10.30651/sr.v9i02.25682Abstrak
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan model kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur review dengan mengacu pada sumber-sumber rujukan yang relevan dan terbaru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pendidikan karakter dan Al-Qur'an serta Hadis. Definisi operasional variabel meliputi pendidikan karakter, Al-Qur'an, dan Hadis. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan pendidikan karakter yang berbasis pada nilai-nilai Al-Qur'an dan Hadis. Pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an dan Hadis merupakan upaya strategis untuk membangun generasi yang memiliki kepribadian unggul, berakhlak mulia, dan berorientasi pada nilai-nilai spiritual. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis konsep pendidikan karakter dalam perspektif Al-Qur’an dan Hadis serta implikasinya terhadap praktik pendidikan di era modern. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi literatur, penelitian ini mengungkapkan bahwa nilai-nilai utama seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kasih sayang menjadi inti dalam pembentukan karakter sesuai ajaran Islam. Implikasi dari analisis ini menunjukkan pentingnya integrasi nilai-nilai tersebut dalam kurikulum pendidikan untuk menciptakan harmoni antara ilmu pengetahuan dan nilai spiritual.
This research uses a qualitative research method with a library research approach. Data collection techniques were carried out through literature review studies by referring to relevant and recent reference sources. This research aims to analyse the relationship between character education and the Qur'an and Hadist. The operational definition of variables includes character education, the Qur'an, and Hadist. The results of this study are expected to contribute to the development of character education based on the values of the Qur'an and Hadist. Character education based on the Qur'an and Hadist is a strategic effort to build a generation that has a superior personality, noble character, and is oriented towards spiritual values. This article aims to analyse the concept of character education in the perspective of the Qur'an and Hadist and its implications for educational practices in the modern era. Using a qualitative approach through a literature study, this research reveals that core values such as honesty, responsibility, and compassion are at the core of character building according to Islamic teachings. The implications of this analysis show the importance of integrating these values in the education curriculum to create harmony between science and spiritual values.
Referensi
Abidin, Zaenal. “Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an, Al-Hadits Dan Ijtihad.” Gunahumas: Jurnal Kehumasan 4, no. 1 (2021): 35–47.
Agung Santoso, Nurul Iman, dan Ayok Aryanto. “Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Al Qur’an Hadits Di MI Muhamadiyah 12 Ngampel Balong Ponorogo.” TARBAWI:Journal on Islamic Education TARBAWI:Journal on Islamic Education 1, no. 1 (2020): 123–30.
Amira, Efi Nur. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah.” Journal Scientific of Mandalika (JSM) 5, no. 7 (2024): 24–41. http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jomla.
Fadilah. Pendidikan Karakter. Sustainability (Switzerland). Vol. 11. Jawa Timur: CV. Agrapana Media, 2019. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari.
Fahroji, Oji. “Implementasi Pendidikan Karakter (Penelitian Di SMP Islam Al-Azhar 11 Kota Serang Dan SMP Islam Terpadu Raudhatul Jannah Kota Cilegon) Oji.” Jurnal Qatharuna 7, no. 1 (2020): 1–9.
Hadi, Imam Anas. “Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Lembaga Formal.” Inspirasi 3, no. 1 (2019): 1–31.
Keban, Yosep Belen. “Pendidikan Karakter, Teknologi Informasi, Era Society 5.0 56.” Jurnal Reinha 13, no. 1 (2022): 62–63. https://doi.org/10.56358/ejr.v13i1.123.
Megawangi. Pendidikan Karakter Solusi Tepat Untuk Membangun. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation, 2016.
Mujib, Abdul. “Konsep Pendidikan Karakter Dalam Pandangan.” Al-Mumtaz: Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan 1, no. 01 (2022): 1–12. https://eprints.umm.ac.id/23901/%0Ahttps://eprints.umm.ac.id/23901/2/jiptummpp-gdl-sulheranim-41578-1-pendahul-n.pdf.
Tamami, Badrut. “Strategi Guru PAI Mengatasi Kesulitan Siswa Dalam Membaca AlQur’an Melalui Metode Pembiasaan Di SMK Al Kholily Mlokorejo Puger Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.” TARLIM: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 2 (2020): 127–36.
Thohir, Muhammad, Taufik Siraj, and Nur Arfiyah Febriani. “Modul Pendidikan Karakter Dalam Prespektif Al Qur’an Hadis” (2023): 1–70.
Undang-Undang Dan Peraturan Pemerintah RI Tentang Pendidikan, Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Agama RI, 2006.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Miftahul Khairah, Fadliatun Mutmainnah, Muh. Sabir Maidin

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License






