PERAN AISIYIYAH MUHAMMADIYAH DALAM KEBERHASILAN PEMBINAAN PENDIDIKAN AGAMA DI ERA DIGITAL

Analysis of the contribution of Mrs. Aisiyiyah Muhammadiyah and the challenges of developing digital-based religious education

Penulis

  • wali_atmamil adyani STITM Paciran Lamongan
  • Idzi’ Layyinnati STITM Paciran

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v9i01.25558

Kata Kunci:

Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Penelitian ini berjudul Peran Aisiyiyah Muhammadiyah dalam keberhasilan pembinaan pendidikan agama di era digital. Didasari oleh pentingnya adaptasi organisasi keagamaan terhadap perkembangan teknologi digital untuk meningkatkan efektivitas pendidikan agama. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis progam kerja Aisiyiyah Muhammadiyah dalam pembinaan pendidikan agama, kendala yang dihadapi, serta keberhasilannya di era digital, khususnya di Desa Dadapan, Lamongan. Rumusan masalah ini mencakup. Bagaimana bentuk progam kerja Aisiyiyah Muhammadiyah dalam pembinaan pendidikan agama di era digital. Apa saja kendala yang dihadapi, dan sejauh mana keberhasilannya dalam membangun pemahaman agama berbasis teknologi. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kuantitatif, dengan memanfaatkan pendekatan pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Data dianalisis melalui pendekatan induktif yang tidak sempurna dengan perhitungan persentase untuk menjelaskan masalah yang diteliti.  Hasil penelitian menunjukan bahwa progam kerja seprti literasi digital berbasis agama dan gerakan rumah tahfiz telam memberi kontribusi signifikan dalam meningkatkan pemahaman agama masyarakat. Namun, terdapat kendala seperti rendahnya literasi digital dalam anggota, keterbatasan sumber daya, dan tantangan adaptasi terhadap model dakwah berbasis teknologi. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi tujukan untuk pengembangan strategi pembinaan pendidikan agama berbasis digital yang efektif dan inklusif.

This study is entitled The Role of Aisiyiyah Muhammadiyah in the Progress of Religious Education in the Digital Era. This study emphasizes the need for religious organizations to adapt to technological advances in order to increase the effectiveness of religious education. The primary objective of this research is to analyze Aisiyiyah Muhammadiyah's programs for religious education development, the challenges faced, and its success in the digital era, particularly in Dadapan Village, Lamongan. The research questions include: What are the forms of Aisiyiyah Muhammadiyah’s programs for religious education development in the digital era? What challenges are encountered? And to what extent has it succeeded in fostering technology-based religious understanding?.This study employs a quantitative descriptive method, with data collection techniques including interviews, observations, documentation, and questionnaires. The data is analyzed using an incomplete inductive method with percentage calculations to provide an overview of the phenomena being studied. The results indicate that programs such as religion-based digital literacy and the Rumah Tahfiz movement have significantly contributed to improving the community's religious understanding. However, challenges remain, such as low digital literacy among members, limited resources, and difficulties in adapting to technology-based preaching models. This research is expected to serve as a reference for developing effective and inclusive strategies for digital-based religious education.

Referensi

Aisyatul Munawaroh, Novila Mita Septiani, dan Asriadi Asriadi. “Peran Organisasi Aisyiyah Dalam Meningkatkan Pengamalan Pendidikan Islam Indonesia.” Masterpiece: Journal of Islamic Studies and Social Sciences 2, no. 2 (2024): 78–88. https://doi.org/10.62083/ck2ak663.

Amirudin, Noor. “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digital.” Prosiding Seminar Nasional Prodi PAI UMP, 2019, 181–92.

Anissa, Siti Nur, Lola Amanda, Himarani Hidayatulloh Yudhomiranti, Zahrah Sudirman, Agus Setya Wardhana, Astika Nurul Hidayah, Alamat Jl, Raya Dukuhwaluh, dan Kabupaten Banyumas. “Membangun Generasi Cerdas Dan Berakhlak : Kontribusi Muhammadiyah Dalam Pendidikan Modern” 2 (2024).

Baihaki, Mahfud, dan Arman Paramansyah. “Pengembangan Assesment Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Lembaga Pendidikan Vokasi Islam di Era Digital.” Jurnal Dirosah Islamiyah 6, no. 1 (2024): 5–13. https://doi.org/10.47467/jdi.v6i1.486.

Jannah, Miftahul. “Peran Majelis Taklim Aisyiyah Muhammadiyah dalam Melaksanakan Pendidikan Islam Bagi Perempuan Di Kelurahan Pensiunan Kabupaten Kepahiang,” 2021, 87–88. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7743%0Ahttp://repository.iainbengkulu.ac.id/7743/1/Skripsi Miftah.pdf.

Khairunnisa, N A, M N R Maksum, dan ... “Peran Organisasi ’Aisyiyah Di Era Modern Dan Era Siti Walidah Dalam Meningkatkan Martabat Perempuan Melalui Pendidikan Islam Di ….” Jurnal Pendidikan … 06, no. 3 (2024): 351–64. https://journalpedia.com/1/index.php/jpkp/article/view/2407%0Ahttps://journalpedia.com/1/index.php/jpkp/article/download/2407/2426.

Oktavia, Putri, dan Khusnul Khotimah. “PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITAL Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan moralitas individu Muslim . Di era digital yang semakin berkembang pesat , pengembangan metode pembelajaran P” 02, no. 05 (2023): 1–9.

Pendidikan, Pengertian. “Jurnal Pendidikan dan Konseling” 4 (2022): 7911–15.

Pimpinan, Sekretaris, dan Pusat Aisyiyah. “CORAK PEMIKIRAN DAN GERAKAN AKTIVIS PEREMPUAN ( Melacak Pandangan Keagamaan Aisyiyah,” 1945, 125–38.

Sugiyono. “Identifikasi Perilaku Bidang Pengembangan Moral Anak Kelompok B Di Tk It Al-Dhaifullah Desa Betung Kecamatan Abab Kabupaten ….” Alfabeta,Bandung, 2022, 27–44. https://repository.unsri.ac.id/106058/.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-16

Terbitan

Bagian

Artikel