PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK MELALUI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA
DOI:
https://doi.org/10.30651/sr.v9i01.25266Kata Kunci:
Child Character; Islamic Education; FamilyAbstrak
Islam memberikan petunjuk kepada manusia terutama orang tua untuk membentuk dan membina karakter beragama anak sejak lahir kedunia. Dalam usaha membentuk karakter Islami tersebut diberikan pada anak dimulai sejak ia dilahirkan sampai dewasa. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan bagaimana pembentukan karakter anak melalui pendidikan Islam dalam keluarga di Desa Simbatan Kecamatan Sarirejo Kabupaten Lamongan serta bagaimana faktor pendukung dan penghambatnya dalam pembentukan karakter anak tersebut. Untuk tercapainya tujuan penelitian tersebut peneliti menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, interview, dan dokumentasi. Setelah itu data yang terkumpul dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pembentukan karakter anak melalui pendidikan Islam dalam keluarga di Desa Simbatan Kecamatan Sarirejo Kabupaten Lamongan bahwa sebagai orang tua keduanya telah bertugas sesuai dengan kewajibannya yaitu membimbing, merawat, memelihara, dan mendidik dengan nilai-nilai agama Islam kepada anak-anaknya. Namun ada beberapa yang kurang baik, dan perlu dibina dan diwasi oleh mereka, dikarenakan factor pengaruh lingkungan seperti teman sebayanya. Adapun faktor pendukung dalam pembentukan karakter anak yaitu faktor dari dalam diri anak yaitu kemauan dalam mendorong dirinya untuk mengamalkan nilai keagamaan itu sendiri. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya kesadaran dari diri anak, masalah waktu, dan rasa malas.
Islam provides guidance to humans, especially parents, to shape and develop their children's religious character from birth into the world. In an effort to form Islamic character, it is given to children starting from the time they are born until they reach adulthood. The aim of this research is to describe how children's character is formed through Islamic education in the family in Simbatan Village, Sarirejo District, Lamongan Regency and the supporting and inhibiting factors in forming the child's character. To achieve the research objectives, researchers used a descriptive qualitative method approach with data collection techniques used, namely observation, interviews and documentation. After that, the collected data is analyzed using the stages of data reduction, data presentation, and verification or drawing conclusions. The results of this research are the formation of children's character through Islamic education in families in Simbatan Village, Sarirejo District, Lamongan Regency, that as parents, both of them have served in accordance with their obligations, namely guiding, caring for, nurturing and educating their children with Islamic religious values. However, there are some who are not good, and need to be coached and supervised by them, due to environmental influence factors such as their peers. The supporting factors in forming a child's character are factors within the child, namely the willingness to encourage himself to practice his own religious values. Meanwhile, the inhibiting factors are the child's lack of self-awareness, time problems, and laziness.
Referensi
Abdullah, Muhammad. “Problematika Dan Krisis Pendidikan Islam Masa Kini Dan Masa Yang Akan Datang.” AL-URWATUL WUTSQA: Kajian Pendidikan Islam 2, no. 1 (2022): 66–75.
Alimni, A., Amin, A., & Faris, M. (2021). Pengaruh Fullday School Terhadap Pembentukan Karakter Toleransi Di MI Plus Nur Rahman Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Edukasi Multikultura, 5.
Al-Jazai’ri, A. B. (2011). Minhajul Muslim. Jakarta: Darul Haq.
Amin, A. (2017). Pemahaman Konsep Abstrak Ajaran Agama Islam Pada Anak Melalui Pendekatan Sinektik Dan Isyarat Analogi Dalam Al-Qur'an. Jurnal Madaniah, 160.
Amirudin, N. (2023). The design of Islamic worldview in preventing radicalism at the University of Muhammadiyah Gresik. AT TARBIYAH: Journal of Islamic Culture and Education, 93-105.
Ayu, R. (2016). Peningkatan Karakter Tanggungjawab Siswa SD Melalui Penilaian Produk Pada Pembelajaran Mind Mapping, Universitas Muria Kudus. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 98.
Baginda, M. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis Karakter Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jurnal Media Neliti, 8.
Creswell, J. W. (2016). Research Design, Pendekatan Metode Kuliatatif Dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fatmah, N. (2018). Pembentukan Karakter Dalam Pendidikan. Jurnal Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri, 369.
Ikhsan, F. (1995). Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Jalaluddin. (2016). Psikologi Agama; Memahami Perilaku Dengan Mengaplikasikan Prinsip-Prinsip Psikologi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Jr, V. D. (2017). A Character Education Program Taught To Parents And Its Effects On Perceived Parent-Child Relationship And Academic Performance A Dissertation Presented In Partial Fulfillment Of The Requirements For The Degree Doctor Of Education. Lynchburg: Liberty University.
Kartikowati, E., & Zubaedi. (2020). Pola Pembelajaran 9 Karakter Pada Anak Usia Dini Dan Dimensi-Dimensinya. Jakarta: Prenamedia Group.
Metcalfe, J., & Stozek, M. D. (2020). Religious Edocation Teacher's Perspective On Character Education. British Journal Of Religious Education, 7.
Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Shafwan, M. H., & Husni, A. W. “Implementasi Kurikulum Kekhasan Dalam Meningkatkan Karakter Kebangsaan.” Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren 1, no. 2 (2022): 60–69.
Sugiyono. METODE PENELITIAN KUALITATIF . Edited by sofia yustiyani suryandari. bandung: ALFABETA, 2018.
Nurfadilah, I. (2018). Hubungan Bimbingan Akhlak Al-Karimah Dengan Pembentukan Karakter Remaja Tehadap Perilaku Narsistik, Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam. Jurnal UIN Sunan Gunung Jati, 206.
Paradipa, A. T. (2018). Karakter Disiplin, Penghargaan, Dan Tanggung Jawab Dalam Kegiatan Ekstrakulikuler. Jurnal Sains Psikologi, Jilid 7, Nomor 1, 93-98.
Putri, W. S., Nurwanti, N., & Budiarti, M. (2016). Pengaruh Medi Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Jurnal UNPAD Prosiding Riset Dan PKM, 49.
Saleh, M. (2021). Membangun Karakter Dengan Hati Nurani. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Santrock, O. W. (2007). Remaja. Texas: Adolescence Eleventh Edition.
Setriadi, D. (2017). Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak, Universitas Islam Nahdatul Jepara. Jurnal Tarbawi, 143.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Trisna, A., & Riyadi, S. (2015). Analisis Penerapan Kebijakan Pendidikan Karakter Di Sekolah Untuk Memenuhi Komunitas Ekonomi Asean (An Expectation And Challenge) Universitas. UNISRI Solo, 77.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Afif Afandi, Noor Amirudin

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License






