UPAYA PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU UNTUK MEMPERKUAT HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PROGRAM MADRASAH DINIYAH
DOI:
https://doi.org/10.30651/sr.v9i01.24620Abstrak
Kompetensi profesional guru sangat penting untuk dikembangkan karena menentukan kemampuan guru dalam menjalankan proses pembelajaran yang efektif sehingga membantu peserta didik mendapatkan hasil belajar yang baik, terkhusus pada program madrasah diniyah. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumtasi serta reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data adalah teknik analis data yang digunakan. SD Khazanah Ilmu Wage Sidoarjo adalah salah satu sekolah yang menerapkan program madrasah diniyah. Namun di sisi lain, kondisi di lapangan ditemukan beberapa permasalahan yang terjadi pada guru madrasah diniyah terkait kompetensi profesional guru, dikhawatirkan berdampak pada hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik. Terdapat tiga problematika utama profesionalisme yang terjadi pada guru madrasah diniyah, antara lain yaitu rencana pembelajaran yang kurang tersusun baik, metode pembelajaran yang minim kreativitas, dan keterbatasan pemanfaatan teknologi untuk media pembelajaran. Pengembangan kompetensi profesional guru dalam program madrasah diniyah perlu dilakukan untuk menguatkan hasil belajar peserta didik melalui beberapa solusi. Harapannya dapat mengatasi problematika profesionalisme guru madin terjadi. Upaya tersebut antara lain yaitu supervisi akademik oleh kepala sekolah, keikutsertaan dalam KKG (Kelompok Kerja Guru), dan pengadaan kegiatan pelatihan oleh sekolah.
The professional competence of teachers is crucial to develop as it determines their ability to conduct effective learning processes, helping students achieve good learning outcomes, particularly in the madrasah diniyah program. This study falls under field research with a qualitative approach. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation, while data analysis involves data reduction, data presentation, and conclusion drawing. SD Khazanah Ilmu Wage Sidoarjo is one of the schools implementing the madrasah diniyah program. However, on the ground, several issues concerning the professional competence of madrasah diniyah teachers were identified, raising concerns about their potential impact on students' learning outcomes. Three main issues regarding teacher professionalism in madrasah diniyah were identified: poorly structured lesson plans, lack of creativity in teaching methods, and limited use of technology as a teaching medium. Efforts to develop teachers' professional competence in the madrasah diniyah program are necessary to strengthen students' learning outcomes through various solutions. These efforts aim to address the issues of teacher professionalism and include academic supervision by the school principal, participation in teacher working groups (KKG), and the organization of training activities by the school.
Referensi
A. Rusdiana, dan Abdul Kodir. Pengelolaan Madrasah Diniyah Kontemporer. Bandung: Yayasan Darul Hikam, 2022.
Ahmad, Mawardi, Syahraini Tambak, dan Siwal. “Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Fiqh.” Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 15, no. 1 (2018): 64–84.
Arifin, Khoiron. “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Islam Bani Hasan Tonawi Sukadana Selatan Kecamatan Sukadana Lampung Timur.” IAIN Metro Lampung, 2020.
Damayanti, Ayu. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 2 Tulang Bawang Tengah.” SNPE FKIP Universitas Muhammadiyah Metro Vol. 1, no. 1 (2022): 104–105.
Dewi, Suci Zakiah, dan Irfan Hilman. “Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar.” Indonesian Journal of Primary Education 2, no. 2 (2019): 48.
Firdaus, Ferdi, Enung Nugraha, dan Lalu Turjiman Ahmad. “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru PAI Di era Digital dan Penggunaan Sarana Prasarana Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa SMA Negeri 2 Kota Serang.” Innovative: Journal Of Social …, 2023.
Hapsari, Intan Indria, dan Mamah Fatimah. “Inovasi Pembelajaran Sebagai Strategi Peningkatan Kualitas Guru Di SDN 2 Setu Kulon.” In Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Human Society 5.0, 187–194. Cirebon: Universitas Muhammadiyah Cirebon, 2021.
Hasibuan, Abdurrozzaq. Etika Profesi (Profesionalisme Kerja. Medan: UISU Press, 2017.
Henniwati. “Efektifitas Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Determinan dan Invers Matriks Pada Siswa Kelas X MM 1 Smk Negeri 1 Kabanjahe di Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020.” Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 7, no. 1 (2021): 84.
Jalil, Ahmad. “Guru Profesional Perspektif Pendidikan Islam (Telaah Ayat-ayat al-Qur’an dan Hadis Rasulullah saw).” UIN Alauddin Makassar, 2018.
Jaya, Farida. Rencana Pembelajaran. Medan: UIN Sumatera Utara, 2019.
Jufni, Muhammad, Syifa Saputra, dan Azwir. “Kode Etik Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Serambi Akademica Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora 8, no. 4 (2020): 575.
Kesuma, Dewi. “Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa MAN.” Jurnal An-Nizom Vol. 4, no. 2 (2019): 186.
Marwiyah, St. “Kompetensi Profesionalisme guru dan Peranannya dalam Mengimplementasikan Kurikulum.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 8, no. 2 (2019): 51–66.
Putri, Agi Maehesa, dan Uung Runalan Soedarmo. “Peningkatan Mutu Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah.” Indonesian Journal of Education Management & Administration Review 2, no. 2 (2018): 1–6.
Putri, Idra. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IX.8 Semester Juli- Desember 2022 MTSN 1 Kota Padang.” JPM: Jurnal Pengabdian Mandiri 1, no. 12 (2022): 2519–2530.
Rahim, Abdul. “Pengaruh Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Prestasi Belajar Siswa SDN 1 Kamaru.” TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar 2, no. 1 (2022): 9–15.
Rahmadi. Pengantar Metodologi Penelitian. Antasari Press. Banjarmasin: Antasari Press, 2011. https://idr.uin-antasari.ac.id/10670/1/PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN.pdf.
Rojii, Mohamad, Istikomah Istikomah, Choirul Mahfud, Moh. Saifulloh, dan Muhammad Zuhair. “Management of Integrated Madrasah Diniyah Curriculum Development At Sd Khazanah Ilmu Sidoarjo.” Ta dib: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 9, no. 1 (2020): 96–115.
Ruhiyat, Yayat. “Implementasi Kompetensi Profesional Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Guru dalam.” Jurnal Ijemar 3, no. 2 (2019): 214.
Sahir, Syafrida Hafni. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: KBM Indonesia, 2022.
Salsabilla Sulistiyani, Putri, Ina Magdalena, Serly Anggraeni, dan Nurjamilah Selvia. “Impelementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Dalam Sekolah Dasar.” Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia 1, no. 2 (2021): 146–156.
Sennen, Elliterius. “Problematika Kompetensi Dan Profesionalisme Guru.” In HDPGSDI Wilayah IV, 16–21, 2017.
Subakti, Hani dan Eka Silvi Handayani. “Pengaruh Bimbingan Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 1 (2021): 247–255. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5il.648.
Sukirman. “Efektivitas Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Peningkatan Kompetensi Guru.” Indonesian Journal of Education Management & … 4, no. 1 (2020): 1–8.
Susanti, Anis, Ahmad Saeroji, Dian Fithra Permana, dan Nina Oktarina. “Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Melalui Pelatihan Media Pembelajaran Komik Berbasis Aplikasi Canva.” Jurnal Pengabdian Masyarakat (JUDIMAS) 2, no. 1 (2023): 1–9.
Wijaya, Chandra, Suhardi, dan Amiruddin. Manajemen Pengembangan Kompetensi Guru. Medan: UMSU Press, 2023.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nizam Burhanuddin

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License






