IMPLEMENTASI METODE AKSELERASI BACA KITAB KUNING DENGAN MENGGUNAKAN KITAB FUTUHU AL-MANNAN DI MAJELIS MUSYAWARAH KUTUBUDDINIYAH (M2KD) PP. MAMBAUL ULUM BATA-BATA PANAAN PALENGAAN PAMEKASAN
DOI:
https://doi.org/10.30651/sr.v8i2.24552Kata Kunci:
Akselerasi, Kitab Kuning, Futuhu Al-MannanAbstrak
Islamic boarding school is an Islamic religious educational institution that continue studying the Salaf books or better known as the yellow book. In an effort to maintain the existence of the role of Islamic boarding schools in contributing to Islamic education, the Mambaul Ulum Bata-Bata Islamic Boarding School organizes a program with an accelerated method of reading the yellow book using the Futuhu Al-Mannan book. The aims of this research are; 1. To understand the planning for the implementation of the accelerated reading method for the yellow book using the Futuhu Al-Mannan Book, 2. To describe the implementation of the accelerated method for reading the yellow book using the Futuhu Al-Mannan book and 3. To analyze the impact of implementing the accelerated method for reading the yellow book using the Futuhu Al-Mannan book.The results of this research conclude that the planning for the yellow book acceleration reading method is divided into four stages: first, learning readiness planning. Second, student recruitment. Third, implementation of methods which include student recruitment, selection tests, class grouping. The fourth is the output of the acceleration method. The impact given is visible when the output from this acceleration program continues the level and becomes a new member of Commission C, they can easily adapt to the activities in M2KD.
Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan agama Islam yang istiqomah mengkaji kitab-kitab salaf atau lebih dikenal dengan sitilah kitab kuning. Dalam upanya menjaga eksistensi peran pesantren dalam memberikan sumbangsing bagi pendidikan Islam, Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata menyelenggarakan program dengan metode akselerasi baca kitab kuning dengan menggunakan kitab Futuhu Al-Mannan. Tujuan dari penelitian ini yaitu; mengetahui perencanaan implementasi metode akselerasi baca kitab kuning dengan menggunakan Kitab Futuhu Al-Mannan, mendeskripsikan pelaksanaan implementasi metode akselerasi baca kitab kuning dengan menggunakan kitab Futuhu Al-Mannan dan menganalisis dampak implementasi metode akselerasi baca kitab kuning dengan menggunakan kitab Futuhu Al-Mannan. Jenis Penelitian yang digunakan dalam tasis ini adalah kualitatif, sedangkan pendekatan yang digunakan dalam Penelitian ini bersifat diskriptif karena peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual atau kelompok. Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa perencanaan metode akselerasi baca kitab kuning ini di bagi dalam empat tahap: pertama, perencanaan kesiapan pembelajaran. Kedua, rekrutmen peserta didik. Ketiga, pelaksanaan metode yang meliputi rekruitmen siswa, tes seleksi, pengelompokan kelas. Yang keempat adalah out put dari metode akselerasi. Dampak yang diberika nampak ketika out put dari program akselerasi ini melanjutkan ke jenjang dan menjadi anggota baru di Komisi C, mereka dapat dengan mudah untuk menyesuaikan diri dengan kegiatan yang ada di M2KD.
Referensi
Dahlan, Zaini. “KHAZANAH KITAB KUNING: MEMBANGUN SEBUAH APRESIASI KRITIS Zaini” (2018).
Dalyono, Bambang, and Dwi Ampuni Agustina. “Guru Profesional Sebagai Faktor Penentu Pendidikan Bermutu.” Bangun Rekaprima 2, no. 2 (2016).
Fitri, Agus Zaenul, Luluk Indarti, and Muhammad Muntahibun Nafis. Model Pendekatan Multi-Inter-Transdisipliner Dalam Pembelajaran Berbasis Kurikulum KKNI. Tulungagung: Akademia Pustaka, 2020.
Khozin, Khozin, Abdul Haris, and Asrori Asrori. “Pengembangan Integrasi Kurikulum.” TADARUS (2021).
Moeleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
Mu’izzuddin, Mochammad, Juhji Juhji, and Hasbullah Hasbullah. “Implementasi Metode Sorogan Dan Bandungan Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning.” Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 6, no. 1 (2019): 43.
Mukhlishotin. “PENGARUH METODE SOROGAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING SANTRI DI PONDOK PESANTREN MAMBA’UL ULUM.” Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam 04, no. 02 (2019): 177–189. https://media.neliti.com/media/publications/297047-pengaruh-metode-sorogan-terhadap-kemampu-bbdd944d.pdf.
Shafwan, Muhammad Hambal. “IBRAH PENDIDIKAN DALAM KITAB SHAHIH BUKHARI.” Studia religia 5, no. 1 (n.d.): 29–42. http://103.114.35.30/index.php/Studia/article/view/8996.
———. “IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN ILMU BAHASA ARAB BAGI PEMULA BERBASIS KITAB DL 1 MENGGUNAKAN MODUL BELAJAR BERPOLA DEEP Q&A SEBAGAI UPAYA UPGRADING HASIL BELAJAR SANTRI DI PESANTREN MAHASISWA THAYBAH SURABAYA.” STAIKA 5, no. 2 (2022): 172–282. https://jurnal.staim-paciran.ac.id/index.php/staika/article/view/60.
Sutiono, Dr. “Profesionalisme Guru.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 2 (2021): 16–25.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Din Muhammad Zakariya, Muhammad Kholilurrahman
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License