STRATEGI BACA KITAB FATHUL MUIN DENGAN METODE PRAKOM DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SANTRI DI MAJELIS MUSYAWARAH KUTUBUDDINIYAH PONDOK PESANTREN MAMBAUL ULUM BATA-BATA PANAAN PALENGAAN PAMEKASAN

Penulis

  • ach wahedi IAI al-khoirat Pamekasan
  • Ahmad Sofyan STAI YPBWI Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v8i2.24532

Kata Kunci:

Strategi, Fathul Muin, Metode Prakom, Pemahaman Santri

Abstrak

The background to the problem of this research is that the ability to read the Yellow Book among santri has decreased from year to year, many santri who graduate in a relatively short time are required to master various fields of science, interest in learning for today's santri is much different from that of santri in the past, technological developments, and challenges in learning to read the yellow book. This research method is a descriptive qualitative method in the form of field research, research data is collected through observation, interviews and documentation. Analysis using data reduction analysis processes, data presentation and data verification. Based on the research results it was found that: a). The strategies used in reading the book of Fathul Muin using the Prakom method in increasing the understanding of students at the Tikusuddiniyah Deliberative Council at the Mambaul Ulum Bata-Bata Panaan Palengaan Pamekasan Islamic Boarding School are the sorogan, bandongan, lecture, mudzakara, wetonan, question and answer, and rote methods. b). Supporting and inhibiting factors: The Strategy for Reading the Book of Fathul Muin Using the Prakom Method in Improving the Understanding of Santri at the Deliberative Assembly of Politikenuddiniyah at the Mambaul Ulum Islamic Boarding School Bata-Bata Panaan Palengaan Pamekasan is the presence of experienced mentors in the field of scripture, the perseverance and tenacity of the santri in following the teaching and learning activities outside the clock. KBM, several pages containing discussions of Nahwu Sharraf, the existence of a biblical-based environment, learning environment or joint learning facilities. The inhibiting factors are: limited time availability, lack of enthusiasm or motivation, lack of sense of belonging to their students, difficulty in finding tutors, some have difficulty in putting the knowledge of nahwu and sharraf into practice.

Latar belakang masalah penelitian ini yaitu kemampuan membaca kitab kuning dikalangan santri mengalami penurunan dari tahun ke tahun, banyak santri yang lulus dengan waktu relatif singkat yang dituntut harus menguasai berbagai bidang ilmu pengetahuan, minat belajar untuk santri sekarang jauh beda dengan santri dulu, perkembanagn teknologi, dan tantangan dalam belajar baca kitab kuning. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dalam bentuk penelitian lapngan, data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dengan proses analisis reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa : a). Strategi yang digunakan dalam Baca Kitab Fathul Muin Dengan Metode Prakom Dalam Meningkatkan Pemahaman Santri Di Majelis Musyawarah Kutubuddiniyah Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Panaan Palengaan Pamekasan adalah metode sorogan, bandongan, ceramah, mudzakara, wetonan, tanya jawab, dan hafalan. b). faktor pendukung dan penghambat Strategi Baca Kitab Fathul Muin Dengan Metode Prakom Dalam Meningkatkan Pemahaman Santri Di Majelis Musyawarah Kutubuddiniyah Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Panaan Palengaan Pamekasan adalah keberadaan pembimbing yang berpengalaman dalam bidang kitabiyah, ketekunan dan keuletan para santri dalam mengikuti KBM dan diluar jam KBM, beberapa halaman yang memuat pembahasan nahwu sharraf, keberadaan lingkungan yang berbasis kitabiyah, lingkungan belajar atau fasilitas belajar Bersama. Adapun faktor penghambat yaitu: ketersediaan waktu yang terbatas., kurangnya semangat atau termotivasi, kurangnya rasa memiliki kepada anak didiknya, kesulitan dalam mencari pembimbin, sebagian ada yang kesulitan dalam memperaktekkan ilmu nahwu dan sharraf.

Referensi

Bastomi, Hasan. “Pendidikan Pesantren Dalam Pandangan Kh. Maâ€TMShum Ahmad Lasem.” INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 24, no. 2 (2019): 177–200.

Dahlan, Zaini. “KHAZANAH KITAB KUNING: MEMBANGUN SEBUAH APRESIASI KRITIS Zaini” (2018).

Moeleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Mu’izzuddin, Mochammad, Juhji Juhji, and Hasbullah Hasbullah. “Implementasi Metode Sorogan Dan Bandungan Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning.” Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 6, no. 1 (2019): 43.

Mukhlishotin. “PENGARUH METODE SOROGAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING SANTRI DI PONDOK PESANTREN MAMBA’UL ULUM.” Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam 04, no. 02 (2019): 177–189. https://media.neliti.com/media/publications/297047-pengaruh-metode-sorogan-terhadap-kemampu-bbdd944d.pdf.

Muradi, Ahmad. Pembelajaran Menulis Bahasa Arab Dalam Prespektif Komunikatif. Jakarta: Prenada Media Group, 2015.

Rouf, Abdur. “Pengembangan Kreativitas Belajar Guru Akidah Akhlak.” Jurnal Elementary 7, no. 1 (2019): 125–132.

Shafwan, Muhammad Hambal. “IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN ILMU BAHASA ARAB BAGI PEMULA BERBASIS KITAB DL 1 MENGGUNAKAN MODUL BELAJAR BERPOLA DEEP Q&A SEBAGAI UPAYA UPGRADING HASIL BELAJAR SANTRI DI PESANTREN MAHASISWA THAYBAH SURABAYA.” STAIKA 5, no. 2 (2022): 172–282. https://jurnal.staim-paciran.ac.id/index.php/staika/article/view/60.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-17