PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN RAHMATAN LIL ALAMIN PADA ELEMEN AKIDAH AKHLAK KELAS 4 DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 27 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.30651/sr.v8i2.24529Abstrak
Strengthening the Pancasila Student Profile and Rahmatan Lil Alamin Student Profile (PPRA) is a government initiative to strengthen understanding of Pancasila values and Islamic teachings among students in order to face various complex challenges in education in Indonesia. The research entitled Strengthening the Pancasila and Rahmatan Lil Alamin Student Project on Elements of Moral Aqidah Class IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 27 Surabaya aims to describe and analyze the Learning of Moral Aqidah, Implementation, and the impact felt in the implementation of the Pancasila and Rahmatan Lil Alamin Student Profile. This research is qualitative research with a case study approach. The subjects of this research were the Head of Madrasah, Aqidah Akhlak Teacher, Curriculum Team, class IV students at MI Muhammadiyah 27 Surabaya. The object of this research is the Strengthening of the Pancasila and Rahmatan Lil Alamin Student Project on the Elements of Moral Creeds for Class IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 27 Surabaya. The methods used in this research are observation, interviews and documentation. Data analysis techniques include data reduction, data presentation, drawing conclusions. The research results show that: 1) Strengthening the Pancasila and Rahmatan Lil Alamin Student Profile on the Aqidah Akhlak elements was designed through careful planning stages, involving a team of facilitators, identifying madrasah readiness. 2) The inhibiting factors are lack of training for teachers and lack of outreach to parents regarding the independent curriculum. 3) Supporting factors, namely the full commitment and support of the madrasa head, teachers and school staff in carrying out the program.
Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (PPRA) merupakan inisiatif pemerintah untuk memperkuat pemahaman nilai-nilai pancasila dan ajaran islam di kalangan pelajar guna menghadapi berbagai tantangan kompleks dalam pendidikan di Indonesia. Penelitian berjudul Penguatan Projek Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin Pada Elemen Akidah Akhlak Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 27 Surabaya ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis Pembelajaran Akidah Akhlak, Pelaksanaan, dan dampak yang dirasakan dalam pelaksanaan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Guru Akidah Akhlak, Tim Kurikulum, siswa kelas IV MI Muhammadiyah 27 Surabaya. Objek penelitian ini adalah Penguatan Projek Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin Pada Elemen Akidah Akhlak Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 27 Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin pada elemen Akidah Akhlak dirancang melalui tahapan perencanaan yang matang, dengan melibatkan tim fasilitator, mengidentifikasi kesiapan madrasah. 2) Faktor penghambat yaitu kurangnya pelatihan untuk guru dan kurangnya sosialisasi kepada wali murid mengenai kurikulum merdeka. 3) Faktor pendukung yaitu adanya komitmen dan dukungan penuh dari kepala madrasah, guru, dan staff sekolah dalam menjalankan program.
Referensi
Almarisi, Ahmad. “Kelebihan Dan Kekurangan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Sejarah Dalam Perspektif Historis.” MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial 7, no. 1 (2023).
Anggarini, Difana Leli, Marsela Yulianti, Siti Nur Faizah, and Anjani Putri Belawati Pandiangan. “Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka.” Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial 1, no. 3 (2022): 290–298.
Khozin, Khozin, Abdul Haris, and Asrori Asrori. “Pengembangan Integrasi Kurikulum.” TADARUS (2021).
Marwanti, Endah. “Membangun Semangat Nasionalisme Di Sekolah Melalui Kearifan Lokal.” Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 3 (2016): 55–63.
Moeleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
Sanusi, Rahmat, Eka Lenggang Dianasari, Karunia Yulinda Khairiyah, and Rudi Chairudin. “Pengembangan Flashcard Berbasis Karakter Hewan Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Tunagrahita Ringan.” Jurnal Pendidikan Edutama 7, no. 2 (2020): 37.
Shafwan, Muhammad Hambal. “KONSEP WASATHIYAH DALAM BERAGAMA PERSPEKTIF HADIS NABAWI.” Studia religia 6, no. 1 (2022): 78–89. https://journal.um-surabaya.ac.id/Studia/article/view/13187.
———. “MANAJEMEN STRATEGIS KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN DI SD MUHAMMADIYAH 1 PUCANGANOM SIDOARJO.” STAIKA 6, no. 1 (2023): 81–98. https://jurnal.staim-paciran.ac.id/index.php/staika/article/view/70.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Hidayatul Hafiyah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License