PENERAPAN METODE AT-TANZIL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) PONDOK PESANTREN MAMBAUL ULUM BATA-BATA
DOI:
https://doi.org/10.30651/sr.v8i2.24490Kata Kunci:
Penerapan Metode, At-Tanzil, Kemampuan Membaca Al-Qur’anAbstrak
The author formulates three problems as follows. First, how to learn to read the Qur’an using the At-Tanzil method at the Mambaul Ulum Bata-Bata Islamic Boarding School TPA, Second, how to implement At-Tanzil method learning at the Mambaul Ulum Bata-Bata Islamic Boarding School TPA, Third, what is the impact of learning At-Tanzil method at TPA Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata. This research uses descriptive qualitative research. Data collection techniques use interviews, observation and documentation. Data analysis consists of data reduction, data presentation and drawing conclusions. This was carried out from the determination of the research date until May 8 2024. The results of this research concluded that firstly, learning to read the Al-Qur'an using the At-Tanzil method in improving the ability to read the Al-Qur'an at the Mambaul Ulum Bata-Bata Islamic Boarding School TPA was carried out to the maximum, starting from the preparation of the asatidz in preparing teaching materials, materials, methods and media used in delivering the At-Tanzil method. This is done with the aim of making learning effective and efficient. Secondly, the implementation of At-Tanzi method learning at the Mambaul Ulum Bata-Bata Islamic Boarding School TPA takes place from the beginning until the learning ends with existing provisions, starting from opening activities, core activities and closing activities. Thirdly, the impact of learning the At-Tanzil Method at the Mambaul Ulum Bata-Bata Islamic Boarding School TPA was clearly visible after the evaluations were carried out, namely daily evaluations, evaluations at the time of the binding, and year-end evaluations. This is done to see the progress of students and to serve as a reference for asatidz to determine whether or not students will continue on the next page or volume.
Penelitian ini membahas tentang: Pertama, Bagaimana pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode At-Tanzil di TPA Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, Kedua, Bagaimana pelaksanaan pembelajaran metode At-Tanzil di TPA Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, Ketiga, Bagaimana dampak pembelajaran metode At-Tanzil di TPA Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Yang dilakukan dilakukan sejak ditetapkannya tanggal meneliti sampai 8 Mei 2024. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa petama, pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode At-Tanzil dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPA Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata dilaksanakan dengan maksimal, mulai dari persiapan para asatidz dalam menyiapkan bahan ajar, materi, metode, serta media yang digunakan dalam penyampaian metode At-Tanzil. Hal itu dilakukan dengan tujuan agar pembelajaran dengan efektif dan efisien. Kedua, pelaksanaan pembelajaran metode At-Tanzi di TPA Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata berlangsung mulai dari awal sampai pembelajaran berakhir terlaksana dengan ketentuan yang ada, mulai dari kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Ketiga, dampak pembelajaran Metode At-Tanzil di TPA Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata tampak dengan jelas setelah dilaksanaknnya evaluasi, yaitu evaluasi harian, evaluasi ketika hatam perjilid, dan evaluasi akhir tahun. Hal tersebut dilakukan untuk melihat kemajuan peserta didik serta menjadi acuan bagi para asatidz untuk menentukan lanjut atau tidaknya peserta didik pada halam atau jilid selanjutnya.
Referensi
Adhiguna, Baskoro, and Bramastia Bramastia. “Pandangan Al-Qur’an Terhadap Ilmu Pengetahuan Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Sains.” INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA 10, no. 2 (2021): 138.
Amin, Muhammad. “Menyingkap Sisi Kemukjizatan Al-Qur’an.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alquran dan Tafsir 2, no. 2 (2018): 178.
Arini, Junita, and Winda Wahyu Widawarsih. “Strategi Dan Metode Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Tahfidz Darul Itqon Lombok Timur.” Jurnal Penelitian Keislaman 17, no. 2 (2022): 170–190.
Idhar, Idhar. “Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Akhlak Mulia Peserta Didik.” TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan 2, no. 1 (2018): 314–328.
Iwan. “Pendidikan Akhlak Terpuji Mempersiapkan Generasi Muda Berkarakter.” Jurnal At tarbawi Al Haditsah 1, no. 1 (2013): 1–26.
Meirani, Ngadri Yusro, Syaiful Bahri, Agustina. “Strategi Peningkatan Minat Menghafal Al Quran Santri Di Pondok Pesantren Arrahmah Curup B.” Didaktika: JURNAL PENDIDIKAN 14, no. 1 (2020): 1–17.
Moeleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
Nurul Hidayati. “Teori Pembelajaran Al Qur’an.” Al Furqan: Jurnal Ilmu Al Quran dan Tafsir 4 (2021): 24–33. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/Alfurqon/article/view/635%0Ahttps://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/Alfurqon/article/download/635/450.
Prasetiawati, Eka. “Konsep Pendidikan Anak Menurut Al-Qur’an Perspektif Muhammad Quraish Shihab.” TADBIR :Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 1 (2017): 116–131. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/523.
Shafwan, Muhammad Hambal. “IMPLEMENTATION OF HABITUATION PROGRAM OF TADARUS AL-QUR’AN IN LOVE BUILDING OF AL-QURAN AT STUDENTS OF SMP MUHAMMADIYAH 15 SEDAYULAWAS BRONDONG LAMONGAN.” Tadarus 08, no. 02 (2019): 182–192. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Tadarus/article/view/4290.
Sholeha, Amalia, and Muhammad Dahlan Rabbanie. “Hafalan Al-Qurâ€TMan Dan Hubungannya Dengan Nilai Akademis Siswa.” Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam 17, no. 2 (2021): 1–10.
Sutiono, Dr. “Profesionalisme Guru.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 2 (2021): 16–25.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 abd. latif khosni
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License