PENGUATAN PENDIDIKAN AKHLAK SISWA MELALUI PROGRAM BINA PRIBADI ISLAMI (BPI) DI SMP ISLAM TERPADU AL-USWAH SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.30651/sr.v8i2.24489Kata Kunci:
Pendidikan, Akhlak, Bina Pribadi IslamiAbstrak
This research aims to discuss: (1) How to plan for strengthening student morals through the Islamic Personal Development Program (BPI) at Al-Uswah Integrated Islamic Middle School, Surabaya; (2) How to Strengthen Students' Morals through the Islamic Personal Development Program (BPI) at Al-Uswah Integrated Islamic Middle School, Surabaya; (3) How to evaluate the strengthening of student morals through the Islamic Personal Development Program (BPI) at Al-Uswah Integrated Islamic Middle School, Surabaya. This research is a type of field research using a qualitative approach. Data collection techniques in this research used observation, interview and documentation techniques. Data analysis in the form of data sources, techniques and data analysis. The data analysis technique is descriptive analysis consisting of data reduction, data presentation and drawing conclusions. The result of this research found that strengthening students’ moral education through the Islamic Personal Development program (BPI) at Al-Uswah Integrated Islamic Middle School Surabaya consisted of planning which included determining goals, determining the curriculum, determining competent human resources, grouping and scheduling. Implementation includes moral education related to Allah SWT, morals related to humans and morals related to the environment and evaluation ehich includes evaluation of work program achievements, evaluation of educational resources and evaluation of obstacles
Penelitian ini bertujuan untuk membahas: (1) Bagaimana Perencanaan Penguatan Akhlak Siswa Melalui Program Bina Pribadi Islami (BPI) di SMP Islam Terpadu Al-Uswah Surabaya; (2) Bagaimana Pelaksanaan Penguatan Akhlak Siswa Melalui Program Bina Pribadi Islami (BPI) di SMP Islam Terpadu Al-Uswah Surabaya; (3) Bagaimana Evaluasi Penguatan Akhlak Siswa Melalui Program Bina Pribadi Islami (BPI) di SMP Islam Terpadu Al-Uswah Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Tiangulasi data berupa sumber data, teknik dan analisis data. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa dalam peguatan pendidikan akhlak siswa melalui program Bina Pribadi Islami (BPI) di SMP Islam Terpadu Al Uswah Surabaya terdiri dari, perencanaan yang meliputi penentuan tujuan, penentuan kurikulum, penentuan sumber daya manusia yang kompeten, pengelompokan dan penjadwalan. Pelaksanaan yang meliputi pendidikan akhlak yang berkaitan dengan Allah, akhlak yang berkaitan dengan manusia dan akhlak yang berkaitan dengan lingkungan dan Evaluasi yang meliputi evaluasi capaian program kerja, evaluasi sumber daya pendidikan dan evaluasi hambatan.
Referensi
Agustin Tri Astuti & Budi Leggono. Buku Pembina Bina Pribadi Islami Tingkat Dasar. Jakarta: JSIT Publishing, 2021.
Amin, Zamroni. “Strategi Pendidikan Akhlak Pada Anak.” Sawwa: Jurnal Studi Gender 12, no. 2 (2017): 241.
Aminah. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Sunnah Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Bina Pribadi Islami Pada Peserta Didik Di SD Islam Terpadu Fitrah Insani Langkapura.” Disertasi (2017): 1–119.
Awaliyah, Tuti, and Nurzaman Nurzaman. “Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Sa’id Hawwa.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 6, no. 1 (2018): 23.
Bambang Samsul Arifin dan Rusdiana. Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: CV Pustaka Setia, 2019.
Fadliyani, Fani, Yosep Farhan Dafik Sahal, and Muhamad Aris Munawar. “Implementasi Bina Pribadi Islam (BPI) Dalam Membina Akhlak Peserta Didik Di Sekolah Dasar Inspiratif Al-Ilham Kota Banjar.” Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam 17, no. 2 (2021): 165.
Hamdani Hamid dan Beni Ahmad Saebani. Pendidikan Karakter Prespektif Islam. Bandung: CV Pustaka Setia, 2021.
Moch Tolchah, Muhammad Arfan Mu’ammar. “Islamic-Education-in-the-Globalization-Era-Challenges-Opportunities-and-Contribution-of-Islamic-Education-in-Indonesia.” Journal Humanities & Social Sciences Reviews 7, no. 4 (2019): 1031–1037.
Putra, Ahmad. “Peran Kepala Madrasah Dalam Pencegahan Krisis Akhlak Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Mata Air Kota Padang.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 14, no. 1 (2020): 31.
Rini, Endah Cahyo, Hamengkubuwono Hamengkubuwono, and Abdul Sahib. “Pengorganisasian Program Bina Pribadi Islami (BPI) Dalam Membentuk Sikap Religius Siswa.” Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora 6, no. 2 (2023): 533–548.
Salsabila, Krida, and Anis Husni Firdaus. “Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Kholil Bangkalan.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 6, no. 1 (2018): 39.
Sari, Sephia Febiana, Dini Adelia, Ella Imro’atul Latifah, and Siti Alvira Desma Putri. “Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Al-Qur’an.” Jurnal Multidisiplin Indonesia 2, no. 6 (2023): 1211–1221.
Shafwan, Muhammad Hambal. “PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS TAUHID (ANALISIS TERHADAP AL-QUR’AN SURAT LUQMAN AYAT 12-19 DALAM TAFSIR IBNU KATSIR).” Tadarus 10, no. 01 (2021): 45–56. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Tadarus/article/view/8487.
Sodikin. “Pendidikan Akhlak Siswa Melalui Bina Pribadi Islami (BPI) Di SD IT Alam Bina Insani Randudongkal Pemalang.” tesis (2023): 1.
Sugiyono. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, Dan Disertasi. Bandung: Alfabeta, 2016.
Tim BPI JSIT Indonesia. Petunjuk Pelaksanaan Bina Pribadi Islami JSIT Indonesia. Depok: Koperasi Berkah Usaha Terpadu, 2018.
Tolchah, Moch. Problematika Pendidikan Agama Islam Dan Solusinya. Surabaya: Kanzum Books, 2020.
———. “Studi Perbandingan Pendidikan Akhlak Perspektif Al-Ghazāli Dan Al-Attas.” EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam 9, no. 1 (2019): 79–106.
Warasto, Hestu Nugroho. “Pembentukan Akhlak Siswa.” Jurnal Mandiri 2, no. 1 (2018): 65–86.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 anang hidayanto, vivid rohmaniyah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License