PENGUATAN KARAKTER SISWA MELALUI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA RAHMATAN LIL’ALAMIN

Penulis

  • hermawan hermawan universitas muhammadiyah purworejo
  • firdaus universitas muhammadiyah purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v8i2.24267

Kata Kunci:

Proyek, Kurikulum Merdeka, P5RA, Ecoprint

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penguatan karakter siswa melalui proyek penguatan profil pelajar pancasila. Pelaksanaan ini dilaksanakan di MAN Purbalingga dengan membuat karya  berupa  ecoprint  sebagai upaya  menguatkan karakter. Penerapan kegiatan  P5RA  ini dilakukan atas dasar kebutuhan masyarakat dan permasalahan di lingkungan pendidikan dengan tujuan agar siswa belajar dari lingkungan sekitarnya. Dengan kegiatan ini siswa terjun langsung dalam pengetahuan tidak hanya teori saja, namun siswa mengalaminya sendiri, sebagaimana yang dikatakan oleh Ki Hajar Dewantoro bahwa, anak-anak mesti didekatkan hidupnya kepada kehidupan rakyat agar mereka tidak hanya memiliki pengetahuan saja, tetapi bisa mengalaminya sendiri. Sehingga metode yang digunakan adalah praktik langsung membuat ecoprint. Dan untuk hasilnya dipamerkan dalam kegiatan gelar karya.

Biografi Penulis

hermawan hermawan, universitas muhammadiyah purworejo

Dosen AIk

Lektor

Referensi

Abdurahman Jemani, and M. Afif Zamroni. “Tantangan Pendiddikan Islam Di Era Revolusi Industri 4.0.” Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 16, no. 2 (2020): 126–40. https://doi.org/10.36835/attaqwa.v16i2.55.

Anshori, Isa. “Penguatan Pendidikan Karakter Di Madrasah.” Halaqa: Islamic Education Journal 1, no. 2 (2017): 63–74. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i2.1243.

Azizah, Nurul, M Daffa Asyhari, Cleodora Beatrice, and Citra Kristin4. “Pemberdayaan Masyarakat Dengan Metode Learning by Doing Dalm Pengolahan Bunga Telang Di Kelurahan Mojo, Kota Surabaya.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 2 (2022): 27–33. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/karya_jpm/index.

Budhiman, Arie. “Penguatan Pendidikan Karakter: Arahan Khusus Presiden Gerakan Nasional Revolusi Mental [Strengthening Character Education: Special Presidential Directive National Mental Revolution Movement],” 2017. cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/content/download/44.

Fadil Azizi, Hilmi. Internalisasi Nilai-Nilai Islam Rahmatan Lil’alamin Melalui Mata Kuliah Islam Nusantara Di Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Jember, 2022.

Farhan, Frisky Aisya, and Firdaus Firdaus. “Dinamika Lingkungan Pesantren Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak Di Pesantren Daarul Falaah Banjarnegara.” At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam 16, no. 1 (2024): 11–19.

Firdaus, Firdaus, and Hermawan Hermawan. “Manajemen Kurikulum Berbasis Pesantren Di SMP Muhammadiyah Jono Bayan Purworejo.” Tamaddun 22, no. 2 (2021): 113. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v22i2.3610.

Firdaus, Firdaus, and Makhful Makhful. “Strengthening Character Education through Al-Islam and Kemuhammadiyahan Based on Merdeka Curriculu.” ATTARBIYAH: Journal of Islamic Culture and Education 8, no. 2 (2023): 189–202.

Firdaus, Hermawan. “Manajemen Kesiswaan Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Karanglewas Purbalingga.” JIESS 2, no. 2 (2023): 8–14.

Firdausyi, Iria Rizqona. “Perkembangan Persyarikatan Dan Amal Usaha Muhammadiyah Cabang Merden Purwanegara Banjarnegara.” Jurnal Ilmiah Kependidikan X, no. 2 (2017).

Habe, Hazairin, and Ahiruddin Ahiruddin. “Sistem Pendidikan Nasional.” Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis 2, no. 1 (2017): 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48.

Hilyatunnisa, Syifa. Relevansi Prinsip-Prinsip Belajar Menurut Syaikh Az-Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Dengan Prinsip-Prinsip Belajar Modern, 2019.

Kemendikbud Ristek. “Bahan Ajar Profil Pelajar Pancasila.” Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2021, 5. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung Rosdakarya. Bandung: Rosdakarya, 2017.

Rohman, A, and A Muhid. “Character Education of Islamic Boarding School Students in the 4.0 Industrial Revolution Era: Literature Review.” Halaqa: Islamic Education Journal 6, no. 1 (2022). https://doi.org/10.21070/halaqa.v6i1.1591.

Sakti, Putra Julian, Lukman Hakim, and Universitas Muhammadiyah Purwokerto. “Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran ISMUBA Di SMK Muhammadiyah Somagede.” Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam 4, no. 2 (2023): 141–48.

sandi kurniawan. “Integrasi....” Frontiers in Neuroscience, 2021.

Suntara, Reza Ardiantika, Dasim Budimansyah, and Kokom Komalasari. “The Application of Boarding School System in Realizing Leadership Character Education in School.” Civicus 19, no. 1 (2019): 9–17.

Supriadi, Supriadi, and Halpiani Halpiani. “Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Huma Betang Dalam Kegiatan Pembelajaran Ismuba Kelas X IPS Di Sma Muhammadiyah Kasongan.” Anterior Jurnal 19, no. 2 (2020): 74–83. https://doi.org/10.33084/anterior.v19i2.1509.

Zayyan, Muntohar. “Implementasi Nilai-Nilai Kemanusiaan Dalam Pendidikan Islam (Kajian Surat Al-Insan).” HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam 4, no. 2 (2024): 131–40. https://doi.org/10.35706/hw.v4i2.10506.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-17