MANAJEMEN PEMBELAJARAN MATAN KITAB SAFINATUN NAJAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA KITAB KUNING DI ASRAMA MINIKOM PONDOK PESANTREN MAMBAUL ULUM BATA-BATA PANAAN PALENGAAN PAMEKASAN
MANAJEMEN PEMBELAJARAN MATAN KITAB SAFINATUN NAJAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA KITAB KUNING DI ASRAMA MINIKOM PONDOK PESANTREN MAMBAUL ULUM BATA-BATA
DOI:
https://doi.org/10.30651/sr.v8i2.24119Abstrak
The focus of the research is: First, how is learning management planned in the MINIKOM Dormitory at the Mambaul Ulum Bata-Bata Islamic Boarding School? Second, how is the learning management of Matan Buku Safinatun Najah in the MINIKOM Dormitory at the Mambaul Ulum Bata-Bata Islamic Boarding School? This research is a qualitative research approach, namely a research approach that produces descriptive data in the form of written/oral data. The methods used to collect data include interview methods, observation methods, and documentation methods. Based on the analysis of the data obtained, it can be concluded that: First, the togetherness of educators with MINIKOM boarding students for 24 hours/continuously plays an important role in the success of students, because of the following things: (a) togetherness of educators replaces the position of parents ( b) educators can help students with their school assignments (c) educators find solutions to students' experiences in the world of education. Second, education is carried out in the MINIKOM Dormitory. Creating fun learning by paying attention to the place of learning. By carrying out indoor and outdoor learning, you can enjoy a quiet atmosphere and breathe fresh air. Third, apply good, fun and sustainable learning motivation. by giving rewards in the form of fun awards such as playing futsal, football, and watching struggle films, and special awards such as being able to take part in the International Koran Week Event which is an event of pride for the students of the Mambaul Ulum Bata-Bata Islamic boarding school because at this event the students can perform ability and creativity in front of tens of thousands of people from various countries.
Penelitian ini membahas tentang: Pertama, Bagaimana Perencanaan manajemen pembelajaran di Asrama MINIKOM Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata? Kedua, Bagaimana manajemen pembelajaran Matan Kitab Safinatun Najah di Asrama MINIKOM Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata?.Ketiga, Bagaimana evaluasi manajemen Pembelajaran Matan Kitab Safinatun Najah di Asrama MINIKOM Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata.? Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kualitatif, yaitu suatu pendekatan penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa data-data tertulis/lisan. Adapun metode yang digunakan untuk mengumpulkan data antara lain metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Berdasarkan pada analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa: Pertama, Kebersamaan pendidik dengan peserta didik asrama MINIKOM selama 24 jam/ terus menerus sangat berperan penting dalam kesuksesan peserta didik, karena beberapa hal berikut : (a) kebersamaan pendidik mengganti posisi orang tua (b) pendidik dapat membantu tugas-tugas sekolah peserta didik (c) pendidik mencarikan solusi yang dialami peserta didik dalam dunia pendidikan. Kedua, Pendidikan yang dilaksanakan di Asrama MINIKOM Menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dengan memperhatikan tempat belajar dengan melaksanakan pembelajaran indoor dan outdoor bisa menikmati suasa yang tidak menoton dan bisa menghirup udara segar. Ketiga, Menerapkan motivasi belajar yang baik, menyenangkan dan berkelanjutan. dengan memberikan reward berupa penghargaan yang menyenangkan seperti bermain futsal, sepak bola, dan nonton film perjuangan, dan penghargaan yang istimewa seperti penghargaan bisa ikut International Event pekan ngaji yang menjadi acara kebanggan santri pondok pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata karena pada acara ini santri bisa menampilkan kemampuan dan kreatifitas dihadapan puluhan ribu manusia dari berbagai negara.
Referensi
Bastomi, Hasan. “Pendidikan Pesantren Dalam Pandangan Kh. Maâ€TMShum Ahmad Lasem.” INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 24, no. 2 (2019): 177–200.
Dahlan, Zaini. “KHAZANAH KITAB KUNING: MEMBANGUN SEBUAH APRESIASI KRITIS Zaini” (2018).
Fauzan, Irfan, and Muslimin. “Efektifitas Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Minat Belajar Santri….” Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman 8, no. 1 (2018): 69–80.
Hamdi, M., M. “Konsep Pengembangan Kurikulum.” INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (2017): 1–13.
Hartono, Yudi. “Model Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter Bangsa Di Indonesia Dari Masa Ke Masa.” Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya 7, no. 01 (2017): 34–48.
Hazyimara, Karunia, Nurasia, and Siti Khairani Itsnainy. “Implementation of Affective Domain Assessment in Islamic Religious Education Learning at SDN Rampal Celaket 2 Malang.” Manazhim: Jurnal Manajemen dan Ilmu Pendidikan 6, no. 1 (2024): 64–77.
Idhar, Idhar. “Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Akhlak Mulia Peserta Didik.” TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan 2, no. 1 (2018): 314–328.
Manora, Hecksa. “Peranan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Edification Journal 1, no. 1 (2019): 119–125.
Moeleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
Nurkholis. “PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto” 1, no. 1 (2013): 24–44.
Shafwan, M. H., & Zakariya, D. M. “Analisis Model Pendidikan Tauhid Di Pesantren Al-Ikhlash Lamongan.” TSAQAFAH 17, no. 1 (2021): 141–162.
Shafwan, Muhammad Hambal. “KONSEP AL-QUR’AN TENTANG KECERDASAN EMOSIONAL DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM.” STAIKA 04, no. 02 (2021): 128–141. http://jurnal.staim-paciran.ac.id/index.php/staika/article/view/45.
———. “PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK MENURUT ABDULLAH NASHIH ULWAN.” Ta’lim unisda 02, no. 02 (2019): 176–186. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/1676.
Sholikhun Muhamad. “Pembentukan Karakter Siswa Dengan Sistem Boarding School.” Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman 4, no. 1 (2018): 48–64. http://wahanaislamika.ac.id/index.php/WahanaIslamika/article/view/20/13.
Sutiono, Dr. “Profesionalisme Guru.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 2 (2021): 16–25.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 - MUHYI
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License