BERPIKIR KREATIF MELALUI MODEL TIME TOKEN PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs MUHAMMADIYAH 13 SOLOKURO LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.30651/sr.v8i2.23115Kata Kunci:
Pembelajaran Akidah Akhlak, Berpikir Kreatif, Model Time TokenAbstrak
This study examines the challenges in fostering students' creative thinking in learning Akidah Akhlak at MTs Muhammadiyah 13 Solokuro Lamongan and highlights the implementation of the Time Token Model as a solution. The formulation of the problem includes learning Akidah Akhlak, creative thinking through the Time Token Model, and its impact. The research method uses a qualitative experimental approach with data collection techniques in the form of interviews, participant observation, and documentation. The results of the study indicate that the learning adapts the 2013 curriculum with a collaborative approach, while the Time Token Model is effective in improving students' creativity through discussion, sharing opinions, and solving ethical problems. The implementation of the model successfully improves students' understanding of the concept of Akidah Akhlak as well as their communication and creative thinking skills
Penelitian ini mengkaji tantangan dalam membangkitkan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Muhammadiyah 13 Solokuro Lamongan dan menyoroti penerapan Model Time Token sebagai solusi. Rumusan masalah meliputi pembelajaran Akidah Akhlak, berpikir kreatif melalui Model Time Token, dan dampaknya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif eksperimen dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi partisipan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tersebut menyesuaikan kurikulum 2013 dengan pendekatan kolaboratif, sementara Model Time Token efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa melalui diskusi, berbagi pendapat, dan pemecahan masalah etika. Penerapan model tersebut berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep Akidah Akhlak serta kemampuan komunikasi dan berpikir kreatif mereka.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. VII. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.
Asnita, Asnita, and Ummul Khair. “Penerapan Model Pembelajaran Time Token Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa.” ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia 3, no. 1 (2020): 53.
Asyari, Asyari, and Ratno Abidin. “Gardening Sebagai Media Edukasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak.” Pedagogia : Jurnal Pendidikan 8, no. 1 (2019): 35–43.
Direktorat Jenderal Pembinaan Lembaga Islam. Garis-Garis Besar Program Pengajaran Mata Pelajaran Aqidah Akhlak. Jakarta, 1998.
Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru: Konsep Kurikulum Dan Strategi. Bandung: Pustaka Martianana, 1981.
Isrofah, Dra. “Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran PAI.” Radar kudus (2023): h. 1.
Latifah, Sri. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN BERBANTU PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK Pendidikan Merupakan Kewajiban Bagi Model Pembelajaran Mempunyai Andil Cukup Besar Dalam Meningkatkan Time Token Berasal Dari Kata Dala” (2015): 13–23.
Lexy J. Moleong. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2022.
Mu’ammar, Muhammad Arfan. Nalar Kritis Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD, 2019.
Rouf, Abdur. “Pengembangan Kreativitas Belajar Guru Akidah Akhlak.” Jurnal Elementary 7, no. 1 (2019): 125–132.
Salehha, Osey Putri, and Nurhayati Nurhayati. “Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa.” Musamus Journal of Mathematics Education 3, no. 2 (2021): 48–56.
Satriani, Satriani. “Inovasi Pendidikan: Metode Pembelajaran Monoton Ke Pembelajaran Variatif (Metode Ceramah Plus).” Jurnal Ilmiah Iqra’ 10, no. 1 (2018).
Shafwan, Muhammad Hambal. “MANAJEMEN STRATEGIS KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN DI SD MUHAMMADIYAH 1 PUCANGANOM SIDOARJO.” STAIKA 6, no. 1 (2023): 81–98. https://jurnal.staim-paciran.ac.id/index.php/staika/article/view/70.
Sugiyono. Metode Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta, 2012.
Usman, Moh. Uzer. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.
Wahyudi, Agung. “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Pada Materi Atmosfer Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMA Negeri 3 Banjar.” Jurnal Samudra Geografi 03, no. 02 (2020): 32.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Fathan Faris Saputro
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License