PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS RUQYAH SYAR'IYYAH UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN SPIRITUAL SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 17 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.30651/sr.v8i1.22502Kata Kunci:
Ruqyah, Syar’iyyah, Spiritual, Metode PembelajaranAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Ruqyah syar’iyyah menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan spiritual siswa. Tujuan penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui wawasan tentang ruqyah syar'iyyah di SD Muhammadiyah 17 Surabaya, kedua, untuk mengetahui pengembangan metode pembelajaran berbasis ruqyah syar’iyyah di SD Muhammadiyah 17 Surabaya, ketiga, untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat kemampuan spiritual siswa di SD Muhammadiyah 17 Surabaya melalui pengembangan metode pembelajaran berbasis ruqyah syar'iyyah. Peneliti ini merupakan penelitian kualitatif, sumber data yang digunakan adalah sumber data dan sampel yang ada di SD Muhammadiyah 17 Surabaya , tekhnik yang digunakan adalah dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, dan metode yang digunakan dalam analisa data adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian didapatkan bahwa (1) Pemahaman makna ruqyah syar’iyyah di SD Muhammadiyah 17 Surabaya cukup sudah dikenal untuk peserta didik. (2) Metode ruqyah yang digunakan adalah metode ceramah, demonstrasi dan diskusi. (3) Faktor pendukung dari terapi ruqyah syar’iyyah yang dilakukan di SD Muhammadiyah 17 Surabaya adalah kemauan yang kuat dari peserta didik dan dukungan dari keluarga, sedangkan faktor penghambat adalah kurang mengingat Allah.
Referensi
Ba’asyien, Moh Arsyad. “SEGI KEMUKJIZATAN ALQURAN.” Hunafa 5, no. 1 (2008): 117–128. https://jurnalhunafa.org/index.php/hunafa/article/view/157.
Dalyono, Bambang, and Dwi Ampuni Agustina. “Guru Profesional Sebagai Faktor Penentu Pendidikan Bermutu.” Bangun Rekaprima 2, no. 2 (2016).
Ginanjar, M. Hidayat. “Urgensi Lingkungan Pendidikan Sebagai Mediasi Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam 02 (2013): 376–396. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/37.
Ichsan, Muhammad. “Psikologi Pendidikan Dan Ilmu Mengajar.” JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 2, no. 1 (2016): 60.
Al Jauzi, Ibnu Qayyim. Rahasia Pengobatan Nabi. Yogyakarta: Hikam Pustaka, 2023.
Moeleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
Safliana, Eka. “Al-Qur’an Sebagai Pedoman Hidup Manusia.” Jihafas 3, no. 2 (2020): 71.
Shafwan, Muhammad Hambal. “STRATEGI INTERNALISASI NILAI IMAN KEPADA ALLAH DI KELAS QONUNI 3 DAN 4 DI KUTTAB AL-FATIH SIDOARJO.” STAIKA 5, no. 2 (2022): 183–195. https://jurnal.staim-paciran.ac.id/index.php/staika/article/view/61.
Sugiyono. METODE PENELITIAN KUALITATIF . Edited by sofia yustiyani suryandari. bandung: ALFABETA, 2018.
Supriaji, Ujud. “KONSEP PENDIDIKAN SPIRITUAL.” Cakrawala 03, no. 01 (2019): 16–30. http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/cka/article/view/112.
Ba’asyien, Moh Arsyad. “SEGI KEMUKJIZATAN ALQURAN.” Hunafa 5, no. 1 (2008): 117–128. https://jurnalhunafa.org/index.php/hunafa/article/view/157.
Dalyono, Bambang, and Dwi Ampuni Agustina. “Guru Profesional Sebagai Faktor Penentu Pendidikan Bermutu.” Bangun Rekaprima 2, no. 2 (2016).
Ginanjar, M. Hidayat. “Urgensi Lingkungan Pendidikan Sebagai Mediasi Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam 02 (2013): 376–396. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/37.
Ichsan, Muhammad. “Psikologi Pendidikan Dan Ilmu Mengajar.” JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 2, no. 1 (2016): 60.
Al Jauzi, Ibnu Qayyim. Rahasia Pengobatan Nabi. Yogyakarta: Hikam Pustaka, 2023.
Moeleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
Safliana, Eka. “Al-Qur’an Sebagai Pedoman Hidup Manusia.” Jihafas 3, no. 2 (2020): 71.
Shafwan, Muhammad Hambal. “STRATEGI INTERNALISASI NILAI IMAN KEPADA ALLAH DI KELAS QONUNI 3 DAN 4 DI KUTTAB AL-FATIH SIDOARJO.” STAIKA 5, no. 2 (2022): 183–195. https://jurnal.staim-paciran.ac.id/index.php/staika/article/view/61.
Sugiyono. METODE PENELITIAN KUALITATIF . Edited by sofia yustiyani suryandari. bandung: ALFABETA, 2018.
Supriaji, Ujud. “KONSEP PENDIDIKAN SPIRITUAL.” Cakrawala 03, no. 01 (2019): 16–30. http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/cka/article/view/112.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Muhammad Hambal Shafwan, Thoriq Mahmudin
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License