PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS RUQYAH SYAR'IYYAH UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN SPIRITUAL SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 17 SURABAYA

Penulis

  • Muhammad Hambal Shafwan Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Thoriq Mahmudin Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v8i1.22502

Kata Kunci:

Ruqyah, Syar’iyyah, Spiritual, Metode Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Ruqyah syar’iyyah menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan spiritual siswa.  Tujuan penelitian ini  adalah pertama untuk mengetahui wawasan tentang ruqyah syar'iyyah di SD Muhammadiyah 17 Surabaya, kedua, untuk mengetahui pengembangan metode pembelajaran berbasis ruqyah syar’iyyah di SD Muhammadiyah 17 Surabaya, ketiga, untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat kemampuan spiritual siswa di SD Muhammadiyah 17 Surabaya melalui pengembangan metode pembelajaran berbasis ruqyah syar'iyyah. Peneliti ini merupakan penelitian kualitatif, sumber data yang digunakan adalah sumber data dan sampel yang ada di SD Muhammadiyah 17 Surabaya , tekhnik yang digunakan adalah dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, dan metode yang digunakan dalam analisa data adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian didapatkan bahwa (1) Pemahaman makna ruqyah syar’iyyah di SD Muhammadiyah 17 Surabaya cukup sudah   dikenal untuk peserta didik. (2)  Metode ruqyah yang digunakan adalah metode ceramah, demonstrasi dan diskusi. (3) Faktor pendukung dari terapi ruqyah syar’iyyah yang dilakukan di SD Muhammadiyah 17 Surabaya adalah kemauan yang kuat dari peserta didik dan dukungan dari keluarga, sedangkan faktor penghambat adalah kurang mengingat Allah.

Referensi

Ba’asyien, Moh Arsyad. “SEGI KEMUKJIZATAN ALQURAN.” Hunafa 5, no. 1 (2008): 117–128. https://jurnalhunafa.org/index.php/hunafa/article/view/157.

Dalyono, Bambang, and Dwi Ampuni Agustina. “Guru Profesional Sebagai Faktor Penentu Pendidikan Bermutu.” Bangun Rekaprima 2, no. 2 (2016).

Ginanjar, M. Hidayat. “Urgensi Lingkungan Pendidikan Sebagai Mediasi Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam 02 (2013): 376–396. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/37.

Ichsan, Muhammad. “Psikologi Pendidikan Dan Ilmu Mengajar.” JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 2, no. 1 (2016): 60.

Al Jauzi, Ibnu Qayyim. Rahasia Pengobatan Nabi. Yogyakarta: Hikam Pustaka, 2023.

Moeleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Safliana, Eka. “Al-Qur’an Sebagai Pedoman Hidup Manusia.” Jihafas 3, no. 2 (2020): 71.

Shafwan, Muhammad Hambal. “STRATEGI INTERNALISASI NILAI IMAN KEPADA ALLAH DI KELAS QONUNI 3 DAN 4 DI KUTTAB AL-FATIH SIDOARJO.” STAIKA 5, no. 2 (2022): 183–195. https://jurnal.staim-paciran.ac.id/index.php/staika/article/view/61.

Sugiyono. METODE PENELITIAN KUALITATIF . Edited by sofia yustiyani suryandari. bandung: ALFABETA, 2018.

Supriaji, Ujud. “KONSEP PENDIDIKAN SPIRITUAL.” Cakrawala 03, no. 01 (2019): 16–30. http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/cka/article/view/112.

Ba’asyien, Moh Arsyad. “SEGI KEMUKJIZATAN ALQURAN.” Hunafa 5, no. 1 (2008): 117–128. https://jurnalhunafa.org/index.php/hunafa/article/view/157.

Dalyono, Bambang, and Dwi Ampuni Agustina. “Guru Profesional Sebagai Faktor Penentu Pendidikan Bermutu.” Bangun Rekaprima 2, no. 2 (2016).

Ginanjar, M. Hidayat. “Urgensi Lingkungan Pendidikan Sebagai Mediasi Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam 02 (2013): 376–396. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/37.

Ichsan, Muhammad. “Psikologi Pendidikan Dan Ilmu Mengajar.” JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 2, no. 1 (2016): 60.

Al Jauzi, Ibnu Qayyim. Rahasia Pengobatan Nabi. Yogyakarta: Hikam Pustaka, 2023.

Moeleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Safliana, Eka. “Al-Qur’an Sebagai Pedoman Hidup Manusia.” Jihafas 3, no. 2 (2020): 71.

Shafwan, Muhammad Hambal. “STRATEGI INTERNALISASI NILAI IMAN KEPADA ALLAH DI KELAS QONUNI 3 DAN 4 DI KUTTAB AL-FATIH SIDOARJO.” STAIKA 5, no. 2 (2022): 183–195. https://jurnal.staim-paciran.ac.id/index.php/staika/article/view/61.

Sugiyono. METODE PENELITIAN KUALITATIF . Edited by sofia yustiyani suryandari. bandung: ALFABETA, 2018.

Supriaji, Ujud. “KONSEP PENDIDIKAN SPIRITUAL.” Cakrawala 03, no. 01 (2019): 16–30. http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/cka/article/view/112.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-13

Terbitan

Bagian

Artikel